Apa Benar Sinar Matahari Bisa Bikin Monitor Cepat Rusak?
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Apa Benar Sinar Matahari Bisa Bikin Monitor Cepat Rusak?

Apa Benar Sinar Matahari Bisa Bikin Monitor Cepat Rusak?

DB Klik - Ketika membahas layar monitor maupun layar laptop, salah satu faktor yang membuat banyak orang khawatirkan adalah sinar matahari. Ada yang berkata bahwa tidak masalah layar kita terpapar matahari dan ada yang bilang jangan terpapar matahari. Jadi, apakah benar monitor kena matahari bisa bikin cepet rusak?


Monitor merupakan perangkat yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang diproses oleh komputer atau laptop kita, sehingga peran monitor sebagai perangkat di komputer sangatlah penting.


Namun kita mungkin beberapa kali terpikir akan bagaimana menjaganya dengan baik? Tentu saja kami sudah membuat beberapa cara bagaimana merawat monitor dengan ikuti link di bawah ini.




Namun yang terlewat dibahas adalah bagaimana jika monitor mendapatkan sinar matahari secara langsung. Berdasarkan The Nature Hero, cahaya matahari secara langsung dapat berpengaruh pada beberapa layar monitor bergantung pada usia monitor tersebut. Sebagai contoh, beberapa monitor dengan layar yang lebih tua/lama akan baik2 saja jika terpapar sinar matahari secara langsung, namun beberapa monitor dengan layar yang lebih modern seperti LCD (Liquid Crystal Display) bisa dengan mudah rusak jika menerima sinar matahari secara langsung. 


Selama ini, perangkat elektronik beroperasi dengan baik ketika di ruangan yang dingin karena pada perangkat elektronik sendiri akan mengeluarkan panas ketika digunakan. Sehingga, penting sekali untuk menjaga suhu ruangan agar tidak membuat perangkat elektronik lainnya seperti komputer dan komponen-komponen sejenis tidak overheat.


Sehingga, cahaya matahari langsung sebenarnya tidak masalah juga selama tidak membuat monitor kalian overheat. Namun, jika monitor kalian LCD maka berhati-hatilah karena sinar matahari langsung secara lama dan terus menerus dapat merusak monitor kalian.


Maka, gunakan tips-tips ini untuk melindungi monitor kalian dari sinar matahari langsung agar monitor kalian bisa hidup lebih panjang.


4 Tips Melindungi Monitor/Layar dari Sinar Matahari Langsung


  1. Jauhkan Monitor dari Cahaya Matahari Langsung


Tips pertama yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan sekedar memindahkan monitor atau layar laptop maupun display lainnya jauh dari sinar matahari langsung.


Ingat ya, sinar matahari langsung, bukan berarti kalian harus menggunakan monitor di basement yang membuat sinar matahari tidak dapat masuk. Kita manusia, memerlukan sinar matahari dalam sehari-hari. Kekurangan sinar matahari dapat mempengaruhi kita secara fisik maupun secara mental, sehingga peran sinar matahari di kehidupan kita sangatlah penting. 


Jadi, jauhkan monitor dari cahaya matahari langsung, namun pastikan ruangan kalian masih mendapatkan paparan sinar matahari, agar kalian masih tetap sehat dan semakin produktif.


  1. Menggunakan Jendela Pelindung Sinar Matahari atau Gorden


Tips berikutnya adalah dengan menggunakan pelindung sinar matahari langsung pada jendela, atau sekedar gunakan saja gorden untuk menutup sinar matahari langsung. 


Kalian juga bisa menggunakan gorden untuk memindahkan sinar matahari langsung untuk mengarah pada ruangan daripada mengarah langsung ke monitor atau layar lainnya.


  1. Menggunakan Monitor yang memiliki anti-glare


Beberapa monitor pada tahun 2023 ini sudah memiliki fitur anti-glare yang berfungsi untuk melindungi layar dengan tambahan pelindung layar ekstra yang diberikan oleh brand monitor tersebut. Nama pelindung layar tersebut adalah optical bonding. Optical Bonding berupa seperti kaca yang melindungi layar agar tidak menerima kontak secara langsung ke layar tersebut.


  1. Menggunakan Monitor Hood atau Laptop Hood


Monitor Hood biasanya digunakan untuk professional player agar pandangan mereka lebih fokus lagi ke monitor. Namun, kalian bisa menggunakannya juga untuk melindungi dari sinar matahari langsung yang dapat merusak layar pada monitor kalian. Laptop Hood juga berfungsi kurang lebih sama dengan Monitor Hood. Namun, secara ukuran tentu saja berbeda.


Gunakan alat-alat ini sesuai dengan kebutuhan kalian, jika memang tidak ada budget untuk membelinya, cukup gunakan tips lain yang tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk melindungi monitor kalian dari paparan sinar matahari langsung.



Setelah membaca semua ini, kalian semua pasti akan lebih waspada akan pentingnya menjaga layar kalian dari paparan sinar matahari secara langsung. Tidak hanya itu, kalian juga lebih paham akan bagaimana cara menjaga monitor atau layar lainnya.


Tips ini juga berguna untuk menjaga perangkat elektronik lainnya agar tidak terpapar sinar matahari dengan waktu yang lama.


Jadi, jaga selalu barang kesayangan kalian agar tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk biaya perbaikan. Ingat apa kata pepatah, mencegah lebih baik daripada memperbaiki.



Sumber:


Is Direct Sunlight Damaging To Monitors? - The Nature Hero


Is Direct Sunlight Bad For Monitors? - Home Office 4US


Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.