Perlukah Monitor Komputer dimatikan? 6 Cara Merawat Monitor agar Tetap Awet
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Perlukah Monitor Komputer Dimatikan? 6 Cara Merawat Monitor agar Tetap Awet

Perlukah Monitor Komputer Dimatikan? 6 Cara Merawat Monitor agar Tetap Awet

DB Klik - Tentu saja, banyak orang yang memilih untuk mematikan monitor ketika komputer dalam keadaan mati. Tapi, bukankah kalau kita mematikan dan menyalakan perangkat apapun secara terus menerus juga berpengaruh pada keawetan barang tersebut? Yuk, kita bahas mengenai perlukah monitor komputer dimatikan


Monitor di komputer merupakan keharusan, karena kemana lagi komputer akan memberikan tampilan jika tidak melalui Monitor? Kecuali, kalian membeli monitor tambahan yang disambungkan pada laptop.


Monitor pada umumnya memiliki spesifikasi dan kegunaan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Tentu saja untuk menjawab, perlukah monitor komputer dimatikan? Kita perlu mengetahui terlebih dahulu penggunaan monitor setiap penggunanya. Apakah sesering itu menyalakan monitor atau tidak? Selain itu, kita juga akan membagikan 6 tips cara merawat monitor agar tetap awet.


Perlukah Monitor Komputer Dimatikan?

Jawabannya, tergantung.

Seberapa sering kamu menggunakan monitor tersebut?

Anggap saja kamu selalu menggunakan monitor setiap jamnya, maka pilihan yang terbaik adalah dengan membiarkan monitor dalam kondisi standby dan tidak perlu mematikannya. Karena ketika monitor dalam posisi mati kemudian kita tekan tombol on, monitor akan mendapatkan gelombang listrik yang cepat untuk menyalakan monitor tersebut. Sehingga, apabila pemakaian monitor kita yang terus menerus, lebih baik membiarkan monitor untuk standby agar monitor tidak mendapatkan aliran listrik yang tiba-tiba secara terus menerus.

Untuk penggunaan monitor yang tidak terlalu sering, anggap saja kamu hanya menggunakan komputer/monitor selama 1 jam 2 jam kemudian tidak lagi digunakan sampai keesokan hari/beberapa hari ke depan. Lebih baik dimatikan saja, karena tidak hanya untuk mengurangi pemborosan biaya listrik kita juga bisa mengurangi polusi yang dikeluarkan dari panas monitor ketika standby.

Dari sini, kita jadi tahu bagaimana menjaga monitor untuk memiliki lifespan yang panjang. Lalu, gimana sih ngerawatnya supaya tidak cepat rusak dan lebih awet? Simak 6 tips cara merawat monitor agar tetap awet berikut ini!

6 Tips Merawat Monitor agar Tetap Awet


  1. Hindari Mati Listrik secara Tiba-tiba

Setiap komponen pada komputer bisa rusak jika terlalu sering mengalami mati listrik secara tiba-tiba. Karena ketika Monitor atau komponen lainnya sering mengalami pemutusan aliran listrik secara tiba-tiba, maka akan membuat Monitor atau komponen tersebut cepat rusak, bahkan bisa jadi konslet maupun hal lainnya yang merusak Monitor atau komponen.

Untuk menghindari hal tersebut kita bisa menggunakan UPS atau baterai tambahan agar monitor atau komputer tidak langsung mati ketika terjadi mati listrik. Sehingga kita punya waktu untuk mematikan komputer secara manual agar tidak merusak Monitor maupun komponen lainnya.


  1. Hindari Menyentuh Layar secara Kasar

LCD Panel merupakan salah satu bagian paling penting dari monitor, karena dari situlah monitor akan mengeluarkan gambarnya. Cara paling baik untuk menjaganya tetap aman adalah dengan tidak membuat layar tersebut stress. Seperti menyentuhnya secara terus menerus, menggunakan benda tajam untuk membersihkan monitor maupun membiarkan kucing kita untuk menyentuh layar kita.

Menyentuh layar pada monitor membutuhkan perlakuan khusus dan lembut, seperti saat memegang bayi. Karena layar tersebut merupakan bagian yang sensitif terhadap sentuhan maupun getaran. Jadi, pastikan kita selalu hati-hati ya!


  1. Bersihkan secara Berkala dengan Hati-hati

Monitor kita perlu dibersihkan setiap beberapa bulan sekali. Selain menjaga monitor dari kotoran yang menempel secara permanen di layar maupun debu2 yang masuk ke monitor, hal ini juga untuk menghindari monitor dari panas karena debu-debu yang bertumpuk. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Layar Monitor Cepat Rusak, Hindari!

Untuk membersihkannya kita harus menggunakan lap atau kain yang super lembut dan hanya menggunakan sedikit air maupun alkohol. Alkohol atau air yang digunakan tidak perlu banyak-banyak, cukup beberapa tetes pada kain yang digunakan lalu usapkan secara perlahan ke permukaan layar. Untuk pembersihan debu-debu di sekitar monitor cukup menggunakan lap saja tidak perlu air maupun alkohol.


  1. Hindari Membiarkan Monitor Menyala Setiap Saat

Monitor ketika menyala, akan mengeluarkan cahaya sehingga jika dibiarkan nyala terus menerus akan mengeluarkan panas yang terus menerus juga. Maka sebaiknya, kita tidak membiarkan monitor untuk terus menerus menyala. Apalagi ketika kita sedang pergi jauh maupun sedang tidur. Kita bisa gunakan fitur sleep maupun standby pada monitor kita, sehingga ketika komputer tidak digunakan selama beberapa menit, maka monitor akan dalam keadaan standby sehingga tidak mengeluarkan panas dari layar secara terus menerus. 


  1. Selalu Pelan-pelan dan Hati-hati ketika Memindahkan Monitor

Monitor memiliki berat yang beragam sesuai dengan spesifikasi dan ukurannya, pastinya barang elektronik satu ini punya berat yang lumayan ketika dipindahkan maupun digerakkan. Jadi, kita harus hati-hati ketika ingin memindahkan monitor maupun menggerakkannya ke arah yang kita mau. Lagi-lagi, ini adalah barang elektronik yang rentan dan ketika rusak pastinya akan mengeluarkan biaya yang cukup menguras kantong. Apalagi kalau tidak bisa diperbaiki dan monitor kalian divonis harganya sama dengan beli baru.


Jadi, pastikan kalian selalu waspada ya akan hal-hal yang bisa merusak monitor kalian, agar monitor kalian bisa tetap awet 5-10 tahun ke depan!Kalau misalnya memang sudah divonis harganya sama dengan beli baru, tenang aja. Kalian bisa dapetin monitor baru di Official Website DB Klik!Caranya gampang, tinggal buka website-nya terus cari monitor yang kalian pingin deh. 


Nah, salah satu rekomendasi monitor yang bisa kamu pertimbangkan adalah Monitor Viewsonic VA220-H yang saat ini tersedia di DB Klik. Monitor ini adalah salah satu yang terbaik untuk di kisaran harga dibawah 1 jutaan. Dengan harga dibawah 1 jutaan, kamu sudah bisa mendapatkan monitor 22 inch dengan refresh rate 100 Hz dengan response time 1 ms yang sudah sangat cukup untuk menjadi partner kamu saat bermain game FPS kompetitif seperti Valorant, Paladins, CS 2, atau Apex Legends. Kamu bisa mendapatkan Monitor Viewsonic VA220-H seharga Rp 960.000,- di DB Klik toko komputer Surabaya melalui tautan ini. Kamu juga bisa kunjungi showroom DB Klik Surabaya di alamat ini.

Baca Juga: Monitor 2 Jutaan Impian para Gamers dari AOC 24G2SPU (dbklik.co.id)

Jadi, jangan lupa follow media sosial kita buat pantengin terus promo-promo maupun rekomendasi monitor lainnya!


Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai perlukah monitor komputer dimatikan serta tips cara merawat monitor agar tetap awet. Secara umum, kamu harus benar-benar perhatian dengan monitor kamu. Ini dikarenakan tanpa monitor, CPU dan kartu grafis mahal kamu tidak akan punya platform untuk menampilkan data grafisnya. Monitor sendiri secara dasarnya adalah barang elektronik yang merupakan barang yang perlu diperhatikan secara khusus untuk membuatnya tetap awet.



DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.


Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti Media Sosial DBklik untuk mendapatkan berita terbaru dari kami. diskon ,promo dan event menarik lainnya.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DBKlik dan dapatkan kemungkinan kupon diskon.