Upgrade yang Mana Dulu? SSD atau RAM? Ini Fakta Menariknya!
Upgrade yang Mana Dulu? SSD atau RAM? Ini Fakta Menariknya!

Upgrade yang Mana Dulu? SSD atau RAM? Ini Fakta Menariknya!

Created by DB Klik Tips dan Trik


DB Klik - SSD atau RAM adalah dua komponen yang paling mudah untuk di-upgrade pada Laptop. Kita pasti sering merasa Laptop tiba-tiba lemot dan rasanya butuh untuk ganti Laptop tetapi tidak uang, maka upgrade SSD atau RAM adalah solusinya. Simak artikel berikut!


Upgrade SSD atau RAM dulu?

Ketika kita ingin upgrade Laptop, pasti yang terbesit di pikiran kita adalah pertanyaan di atas. Hal ini cukup membingungkan terutama ke orang yang memiliki dana yang terbatas tapi ingin menghilangkan kata lemot dari Laptop mereka. Lalu bagaimana cara menentukannya?


Tapi sebelum itu, ada beberapa hal yang harus kalian pahami dahulu sebelum upgrade SSD maupun membongkar Laptop. Biasanya, perusahaan dari Laptop kalian akan menempelkan Stiker Garansi pada bagian Sekrup Laptop. Kenapa? Karena jika kalian merusak stiker (berusaha untuk membuka Laptop) maka garansi laptop kalian akan hangus. Ya karena perusahaan tidak mau mengganti rugi atas kesalahan kalian sendiri jika terjadi apa-apa. Nah, daripada kalian kehilangan garansi, sebaiknya jika upgrade SSD atau RAM maupun membongkar Laptop adalah ketika garansi sudah habis. Sehingga kalian bisa memaksimalkan penggunaan garansi pada Laptop kalian.


Kemudian, alangkah baiknya sebelum menentukan kita harus tahu pertimbangan apa saja yang dapat membantu kita untuk mengambil keputusan dari upgrade kedua komponen tersebut. Mari kita bahas!


Upgrade SSD

SSD merupakan komponen penyimpanan yang lebih baik dari HDD, sudah tidak dapat dipungkiri bahwa dalam memproses aplikasi maupun data, SSD sudah jauh lebih cepat daripada HDD. Sehingga, jika kalian ingin memiliki penyimpanan tambahan dan lebih cepat dalam memproses aplikasi maupun data, maka SSD adalah jawabannya. 


Baca Juga: SSD NVMe vs SSD SATA: Apa Perbedaan Dua Jenis SSD Ini?


Lalu, apa aja sih keuntungan dari upgrade SSD? Berikut ini merupakan benefit dari upgrade SSD:

  1. Dilansir dari Kingston, Upgrade ke SSD dapat memberikan daya tahan baterai yang lebih panjang. Karena SSD tidak menggunakan piringan seperti HDD ketika digunakan, sehingga penggunaan SSD dapat membuat konsumsi daya lebih efisien. 

  2. SSD sampai saat ini sudah terbukti jika memiliki kinerja yang lebih cepat dari HDD. Sehingga hal ini dapat membuat Laptop kalian jauh lebih cepat dari memproses OS hingga membuka aplikasi.

  3. Penyimpanan tambahan SSD dapat membuat penyimpanan kita sebelumnya lebih lega sehingga dalam memproses sebuah aplikasi maupun file, laptop kita tidak akan kesulitan hingga lemot.


Upgrade RAM

RAM merupakan sebuah tempat atau memori dimana data akan sering berputar (dimanipulasi dan diproses). Laptop yang biasanya kita gunakan, menggunakan RAM sebagai proses penyimpanan informasi sementara yang digunakan untuk kegiatan yang membutuhkan penggunaan langsung dan cepat (segera).


Baca Juga: Upgrade RAM PC? Pahami Dulu MT/s dan Mhz agar Tak Salah Pilih!


Sebagai contoh, ketika kita membuka aplikasi Ms Word maka disanalah RAM akan bekerja sebagai komponen yang memproses untuk membuka Ms Word, dan jika ketika kita mengerjakan di Ms Word dan kebetulan Laptop tiba-tiba mati maka pekerjaan kita tidak akan tersimpan ke storage (penyimpanan) karena selama ini masih diproses di RAM. 


Biasanya tanda-tanda kita butuh untuk upgrade RAM adalah ketika:

  1. Laptop suka crash atau hang saat membuka aplikasi atau file yang banyak secara sekaligus (hal ini termasuk membuka tab browser yang banyak). Tentu saja sebagai pengguna Laptop kita membutuhkan multi-task yang banyak yang membuat kita membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, dan ketika Laptop kita kesulitan untuk membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, maka disitulah lebih baiknya kita upgrade RAM.

  2. Membuka aplikasi yang kompleks (memiliki beban kerja yang berat). Sebagai contoh, ketika kita butuh untuk membuka Adobe Photoshop 2022 tetapi ternyata aplikasi tersebut gagal dibuka atau bahkan sampai crash, berarti itu tandanya kita harus membaca spesifikasi Photoshop 2022 terlebih dahulu! Setiap aplikasi pastinya memiliki batas minimum spesifikasi (termasuk RAM) untuk bisa digunakan. Ya kalau RAM kalian 4GB dan aplikasi yang ingin dibuka butuh 8GB minimum, pastinya Laptop kalian bakal meleduk dong. Jadi, untuk meningkatkan membuka aplikasi yang kalian inginkan, alangkah baiknya kalau upgrade RAM agar kalian bisa membuka aplikasi tersebut.


Baca Juga: Apa Itu Latency RAM? Penting Banget, Biar Tahu Dampaknya pada Performa PC


Dari pertimbangan di atas, tentunya akan membantu kalian untuk membuat keputusan mau upgrade mana dulu. Masih bingung? Oke, akan aku berikan pendapatku upgrade mana dulu. Menurutku, upgrade SSD adalah upgrade yang kelihatan sangat besar perbedaannya daripada hanya menggunakan HDD. Karena dengan SSD semua pekerjaan akan menjadi lebih cepat untuk dibuka maupun untuk sekedar load aplikasi. Tetapi, bila kalian sudah menggunakan SSD, maka sebaiknya upgrade RAM saja agar memudahkan kalian agar Laptop makin ngebut!


Yahhh, pada akhirnya keputusan ada di tangan kalian mau upgrade yang mana dulu. Tidak usah terburu-buru, dipikir-pikir lagi saja dulu dan riset lebih dalam lagi untuk upgrade apa. Dan ingat! Untuk mengambil keputusan, kita harus mengutamakan logika daripada perasaan, apalagi terkait barang yang lumayan ngeluarin uang. Tetapi tenang, di website DB Klik masih banyak pilihan SSD maupun RAM yang murah-murah kok. Misalkan RAM Corsair Vengeance DDR4-3200 16 GB Sodimm ini atau SSD Internal WD Blue SN580 500 GB NVMe Gen 4 ini  Jadi langsung cek aja website kita melalui tautan ini


Baca Juga: Mudah dan Praktis: Panduan Lengkap Rakit PC untuk Pemula! (dbklik.co.id)


Kalau masih bingung kalian bisa tanya-tanya langsung kok lewat media sosial kita. Jadi, jangan lupa follow media sosial kita ya untuk informasi, tips dan trik maupun promo-promo menarik dari DB Klik lainnya! 





DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.