Mengenal Apa Itu CrowdStrike, Jadi Biang Kerok di Balik Sistem Microsoft Down
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Mengenal Apa Itu CrowdStrike, Jadi Biang Kerok di Balik Sistem Microsoft Down

Mengenal Apa Itu CrowdStrike, Jadi Biang Kerok di Balik Sistem Microsoft Down

DB KLIK - Dunia kini sedang dihebohkan dengan gangguan Microsoft Down yang membuat penerbangan, saluran televisi, hingga bank di berbagai negara menjadi lumpuh pada Jumat (19/7/24).

Di tengah kekacauan global yang diakibatkan Microsoft Down kemarin, nama CrowdStrike menjadi sorotan. Pasalnya CrowdStrike disebut-sebut menjadi biang kerok di balik insiden tersebut.

Diduga gangguan yang terjadi pada kemarin karena proses pembaruan perangkat lunak atau update software yang dilakukan oleh CrowdStrike.

Menanggapi hal ini CEO CrowdStrike George Kurtz memastikan gangguan (down) pada perangkat dengan sistem operasi Microsoft secara global tidak disebabkan oleh serangan siber.

Ia juga mengatakan saat ini perusahaan secara aktif menangani pelanggan yang terdampak oleh kesalahan yang ditemukan pada pembaruan konten tunggal untuk host Windows.

Baca juga : Mengenal Apa Itu Bediding? Penyebab Musim Kemarau Terasa Lebih Dingin, Ini Tips Menghadapinya

"Ini bukan insiden keamanan atau serangan siber. Masalah ini telah diidentifikasi, diisolasi dan diperbaiki," kata Kurtz, mengutip CNN, Sabtu (20/7/24).

Ribuan perangkat Windows di seluruh dunia mengalami blue screen of death (BSOD) massal yang berdampak pada sejumlah layanan, mulai dari penerbangan, penyiaran, hingga perbankan di berbagai negara.

Lantas apa itu CrowdStrike sebenarnya?

CrowdStrike adalah sebuah perusahaan teknologi yang fokus pada keamanan siber asal Amerika Serikat.

CrowdStrike menyediakan solusi perlindungan endpoint berbasis cloud yang membantu perusahaan-perusahaan di seluruh dunia untuk melindungi diri dari ancaman siber seperti malware, ransomware, dan serangan lainnya.

Didirikan oleh eks karyawan McAfee, George Kurtz, pada 2012. Crowdstrike membuat pelanggan mendapatkan keuntungan dari perlindungan yang unggul, kinerja yang lebih baik, pengurangan kompleksitas, dan ketepatan waktu terhadap nilai.

Mengutip CNN, Crowdstrike telah digunakan oleh banyak perusahaan Fortune 500, termasuk bank besar global, perusahaan layanan kesehatan, dan energi. Crowdstrike mendeteksi dan memblokir ancaman peretasan.

Seperti produk keamanan siber lainnya, perangkat lunak ini memerlukan akses tingkat mendalam ke sistem operasi komputer untuk memindai ancaman tersebut.

Perusahaan keamanan siber raksasa ini melakukan bisnis di seluruh dunia melalui penjualan perangkat lunak dan investigasi peretasan besar.

Perusahaan ini juga membantu menjalankan investigasi keamanan siber untuk pemerintah AS. Misalnya, Crowdstrike telah melacak peretas Korea Utara selama lebih dari satu dekade.

Baca juga : Mengintip 5 Rahasia di Balik Prestasi Xaviera, Shakira, dan Sandy di Clash of Champions

Meskipun dikenal sebagai perusahaan keamanan siber, sebuah insiden pada Juli 2024 menyebabkan gangguan besar pada sistem Microsoft.

Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana sebuah perusahaan keamanan siber bisa menjadi penyebab masalah keamanan.

KESIMPULAN

CrowdStrike adalah perusahaan keamanan siber yang menawarkan solusi perlindungan endpoint berbasis cloud. Perangkat lunak CrowdStrike juga membantu mendeteksi dan memblokir ancaman peretasan. Namun, pembaruan perangkat lunak CrowdStrike terbaru menyebabkan gangguan besar pada sistem Microsoft, menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana perusahaan keamanan siber bisa menjadi penyebab masalah keamanan.


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti Media Sosial DBklik untuk mendapatkan berita terbaru dari kami. diskon ,promo dan event menarik lainnya.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DBKlik dan dapatkan kemungkinan kupon diskon.