7 Tips Memperluas Jangkauan Wifi di Rumah, Dijamin Gak Bakal Lemot
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

7 Tips Memperluas Jangkauan Wifi di Rumah, Dijamin Gak Bakal Lemot

7 Tips Memperluas Jangkauan Wifi di Rumah, Dijamin Gak Bakal Lemot

DB KLIK - Jangkauan Wifi yang tidak bisa dijangkau hingga sudut rumah memang menyebalkan. Pasalnya kamu tidak bisa dengan leluasa menggunakan WiFi tersebut saat di rumah. 

Ada beberapa penyebab mengapa jangkauan WiFi itu tidak bisa menjangkau tiap sudut rumah, di antaranya adalah letak perangkat keras atau router-nya. Apalagi jika bangunan rumah terbilang luas, sinyal  WiFi kemungkinan tidak dapat menjangkau seluruh area.

Selain itu, faktor lain yang bisa membuat sinyal WiFi lemah adalah adanya perangkat elektronik atau obyek lain yang menghalangi penyaluran jaringan dan padatnya frekuensi bandwidth wifi.

Oleh karena itu artikel ini akan mengulas 7 tips memperluas jangkauan WiFi di rumah yang dirangkum dari laman Bright Side :

1. Ubah penempatan router WiFi


Penempatan router broadband WiFi (atau perangkat gateway jaringan lainnya) secara langsung mempengaruhi jangkauan sinyal. Jika tidak percaya, kamu bisa mencoba mengubah posisi router ke lokasi yang berbeda untuk menghindari objek penghalang ataupun gangguan interferensi pada perangkat WiFi . 

Biasanya, sinyal WiFi bisa terhambat karena adanya dinding bata atau lapisan plester, penggunaan oven microwave atau telepon nirkabel. Interferensi dari perangkat elektronik biasanya menghasilkan gelombang yang bisa mengganggu frekuensi gelombang antar perangkat.


Baca juga : Cara Mencegah Penghapusan Akun Gmail hingga YouTube oleh Google, Cukup Lakukan Ini


2. Ganti antena router


Apa bedanya dengan antena router yang sudah ada? Banyak perangkat router modern menggunakan antena yang dapat dilepas karena fungsi antenanya tidak mampu mengakomodasi sinyal jaringan secara optimal. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan fungsi antenna untuk router (gateway) dengan antena yang lebih kuat. Beberapa router modern sudah menawarkan fungsi antena yang andal, sayangnya router tersebut dibanderol dengan harga yang lebih mahal.


3. Mengganti channel wifi 


Gelombang elektromagnetik dari perangkat elektronik, seperti microwave dan telepon nirkabel, bisa mengganggu kestabilan sinyal  wifi. Untuk mencegah interferensi ini, kamu dapat mengganti channel  wifi. Internet service provider (ISP) biasanya menyediakan layanan dengan frekuensi 2.4 GHz dengan channel berjumlah 14. 


Semakin ramai channel yang kamu gunakan, semakin lambat jaringan  wifi. Untuk mengetahui channel  wifi yang sedang “sepi”, kamu bisa menggunakan aplikasi wifi Analyzer. Lalu, gunakan aplikasi atau website administrator  wifi modem yang Anda gunakan untuk mengubah channel-nya.



4. Tambahkan amplifier sinyal


Penguat sinyal WiFi yang dikenal juga sebagai signal booster pada umumnya menempel pada router, access point atau WiFi client yang terhubung melalui antena. 


Penggunaan bi-directional amplifier bisa memperkuat sinyal nirkabel baik untuk mengirimkan ataupun menerima data. WiFi menggunakan transmisi sinyal dua arah (bi-directional) sehingga penggunaan amplifier bisa meningkatkan fungsi sinyal yang lebih optimal.


5. Gunakan Wireless Access Point (AP) tambahan


Penggunaan AP yang lebih banyak memungkinkan jangkauan jaringan WiFi menjangkau setiap sudut ruangan yang sulit dijangkau atau bahkan juga meraih bagian teras luar rumah. Jika kamu menggunakan penambahan AP, kamu bisa menghubungkannya ke router utama. 


Dengan begini, kamu bisa memanfaatkan fungsi AP tambahan sebagai pengganti router utama dengan jaringan yang lebih stabil. Berkat fitur ini, sekarang banyak router yang menawarkan “access point mode” untuk memberikan kemudahan dari fitur access point ini.


6. Menambahkan WiFi Extender 


Alat ini merupakan unit yang berdiri sendiri di dalam jangkauan area router nirkabel atau access point WiFi. Kamu bisa memanfaatkan funsi alat ini sebagai relay dua arah untuk menyalurkan sinyal. Meski posisi client terlalu jauh dari router atau AP, kamu masih bisa mengakses jaringan nirkabel lokal yang sama berkat fungsi WiFi extender


7. Mengatur ulang wireless local area network (WLAN) 


Kamu juga bisa mengatur ulang jaringan WLAN untuk memperluas jangkauan sinyal  wifi. Caranya, buka pengaturan WLAN di laptop atau komputer, lalu ubah TX Power menjadi 100 persen.


Baca juga : Wifi di Rumah Sering Lemot? Ini 5 Benda yang Bisa Jadi Penyebabnya


tulah tadi 7 tips memperluas jaringan WiFi di rumah agar bagian sudut rumah kamu bisa dijangkau WiFi. Selain itu, pastikan kamu menggunakan router dengan kualitas terbaik agar internet yang kamu gunakan tidak lemot Salah satunya adalah router dari DB Klik. Dengan menggunakan bahan berkualitas terbaik dan fitur unggulan, membuat pemakaian lebih nyaman. Kalian dapat membeli router ini langsung melalui website DB Klik atau kalian bisa langsung membelinya melalui tautan ini.



Rekomendasi router yang bisa menjadi referensi kamu adalah D-Link DWR-M920 N300 saat ini router tersebut juga tersedia di DB Klik. Kehadiran routert D-Link DWR-M920 N300 ini tentu menjadi pilihan menarik buat kamu, karena perangkat router ini mendukung jaringan 4G LTE dari operator internet di Indonesia. Jadi, wireless router ini . Tidak hanya dapat mendukung jaringan internet berlangganan yang terpasang di rumah, tetapi juga bersifat mobile. Karena dukungan 4G LTE, router ini bisa dibawa-bawa kemanapun untuk mengoptimalkan jaringan seluler, terutama untuk mendukung pekerjaan kamu.


KESIMPULAN


Perangkat WiFi memang saat ini sudah tidak asing lagi. Bahnkan hampir setiap rumah, terutama di kota-kota besar, sudah dilengkapi dengan perangkat  WiFi. Namun, tak sedikit pengguna mengeluhkan hal yang sama, yaitu sinyal wifi lemah atau tak dapat menjangkau beberapa ruangan di rumah. Oleh karena itu artikel diatas mengulas tentang cara memperluas jangkauan WiFi agar dapat menjangkau bagian sudut rumah yang bisa kamu coba sendiri di rumah.. Kamu juga dapat membeli router sesuai rekomendasi router terbaik di DB KLIK.


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.