Wifi di Rumah Sering Lemot? Ini 5 Benda yang Bisa Jadi Penyebabnya
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Wifi di Rumah Sering Lemot? Ini 5 Benda yang Bisa Jadi Penyebabnya

Wifi di Rumah Sering Lemot? Ini 5 Benda yang Bisa Jadi Penyebabnya

DB KLIK - Wireless Fidelity atau WiFi di rumah sering lemot memang menyebalkan, hal itu bahkan menjadi masalah yang sangat mengganggu. Kamu tidak dapat memiliki kebebasan untuk mengakses internet tersebut untuk bermain game atau menyelesaikan tugas lainnya. 

Ada beberapa penyebab mengapa WiFi di rumah sering lemot, satu di antaranya gangguan ini disebabkan oleh pengaturan router atau layanan buruk yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia layanan. Akan tetapi, sering kali masalah koneksi WiFi disebabkan karena item tertentu yang ada di dalam rumah.

Oleh karena itu artikel ini akan mengulas 5 benda penyebab WiFi lemot dirangkum dari laman Bright Side dan MakeUseOf.

1. Kulkas dan mesin cuci

Secara umum, peralatan listrik yang di sana terdapat pipa yang mengalirkan air, seperti kulkas dan mesin cuci, bisa berdampak negatif pada sinyal WiFi. Air bisa menyerap sebagian energi dari gelombang nirkabel yang berimbas pada terganggunya koneksi internet.

Baca Juga : Mengenal DuckDuckGo, Search Engine yang Paling Aman Tanpa Dilacak

Partikel di dalam air juga dapat menjadi penghantar listrik, yang artinya bisa menyerap sinyal WiFi. Selain itu, air memantulkan dan membiaskan gelombang suara, sehingga butuh waktu lebih lama untuk perangkat dan router nirkabel agar terhubung.

2. Microwave

Microwave dapat memicu gangguan pada jaringan WiFi, masalah yang lebih umum terjadi pada router lama. Ini lantaran microwave beroperasi pada frekuensi 2,45GHz, sangat dekat dengan pita Wi-Fi 2,4GHz.

Pita Wi-Fi 2,4GHz sebenarnya mengudara antara 2.412GHz dan 2.472GHz, jadi ada kalanya frekuensi microwave dapat tumpang tindih dengan frekuensi Wi-Fi. Saat hal tersebut terjadi, data yang ditransfer akan terganggu.

3. Cermin

Cermin yang memungkinkan kita melihat pantulan diri kita ternyata juga memantulkan sinyal yang dikeluarkan oleh router. Sebagai akibatnya, adanya cermin di sekitar router WiFi membuat koneksi internet terpental.

Ketika router dan cermin berada dalam jarak yang dekat, itu bisa membuat kekuatan sinyal WiFi terasa lebih lambat dan tidak stabil. Karena alasan ini, pastikan kamu tidak meletakkan router WiFi di dekat cermin.

4. Dinding

Dinding dari bahan tertentu dapat mengganggu sinyal WiFi. Beberapa bahan dinding yang paling mengganggu jaringan WiFi adalah beton, plester, bata, marmer, dan semen.

Karena alasan ini, koneksi internet di rumah dua lantai biasanya sangat lemah di salah satu lantai. Untuk mengatasi masalah ini, taruh router di tempat yang luas dan terbuka serta jauh dari dinding.

5. Logam

Logam merupakan konduktor, yang artinya logam bersifat menyerap listrik. WiFi memancarkan gelombang elektromagnetik, sehingga adanya permukaan atau benda apa pun yang terbuat dari logam di sekitar router akan menghalangi gelombang menyebar.

Agar koneksi internet di rumah bekerja dengan baik tanpa masalah, kamu perlu menempatkan router jauh dari logam. Pastikan juga tidak ada objek logam berukuran besar yang menghalangi router.

Baca Juga : Kenali Tanda-tanda SSD Akan Rusak, Segera Lakukan ini Agar Datamu Aman

Itulah tadi 5 benda yang bisa menjadi penyebab koneksi WiFi lemot. Selain itu, pastikan kamu menggunakan router dengan kualitas terbaik agar internet yang kamu gunakan tidak lemot Salah satunya adalah router dari DB Klik. Dengan menggunakan bahan berkualitas terbaik dan fitur unggulan, membuat pemakaian lebih nyaman. Kalian dapat membeli router ini langsung melalui website DB Klik atau kalian bisa langsung membelinya melalui tautan ini.

Rekomendasi router yang bisa menjadi referensi kamu adalah TP-LINK ARCHER AX23 AX1800 saat ini router tersebut juga tersedia di DB Klik. Kehadiran routert TP-LINK  ARCHER AX23 AX1800 ini tentu menjadi pilihan menarik buat kamu yang punya kebutuhan internet. Paslanya router TP-LINK ARCHER AX23 AX1800 ini mempunyai kecepatan maksimum (teoretis) hingga 574Mbps pada pita 2,4GHz dan hingga 1201Mbps pada pita 5GHz. Ini didukung oleh CPU dual-core dan menggunakan teknologi Wi-Fi 6 (802.11ax).

KESIMPULAN

Itulah tadi 5 benda yang menjadi penyebab koneksi WiFi di dalam rumah menjadi lemot lengkap dengan penjelasannya. Seperti diketahui  WiFi memang menjadi pilihan utama saat kita membutuhkan koneksi internet cepat dan stabil. Namun saat koneksinya mulai melemah hal itu menjadi masalah, pasalnya hal itu dapat mengambat kita saat bermain game atau bekerja. Kamu juga dapat membeli router sesuai rekomendasi router terbaik di DB KLIK.


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.