Tips Memilih RAM Terbaik untuk PC Desktop, Jangan Salah Pilih!
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Tips Memilih RAM Terbaik untuk PC Desktop, Jangan Salah Pilih!

Tips Memilih RAM Terbaik untuk PC Desktop, Jangan Salah Pilih!

DB KLIK - Tips memilih RAM terbaik bisa menjadi solusi kamu yang saat ini sedang mencari RAM untuk kebutuhan PC Desktop. Demi mendapatkan performa PC Desktop sesuai yang diinginkan kamu pasti membutuhkan komponen terbaik agar dapat menjalankan bermacam aktivitas yang nyaman.


Satu di antaranya dengan memilih RAM terbaik, meski sebenarnya memilih RAM itu tidak susah, bahkan cenderung sederhana. Namun bagi beberapa orang yang belum terbiasa, memilih RAM saat hendak membeli laptop atau PC dapat menjadi hal yang membingungkan.


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat memilih RAM, mulai dari tipe RAM, frekuensi RAM, kemudian apakah didukung dengan motherboard, besaran RAM yang cocok, dan beberapa hal lainnya.


Oleh karena itu, agar kamu tidak salah pilih, artikel ini akan membahas tentang tips memilih RAM terbaik. Selengkapnya simak ulasan berikut ini :


  1. Memahami Tipe RAM dan Motherboard


Pertama kamu perlu mengetahui jenis motherboard yang digunakan. Apabila Motherboard tersebut mendukung dual channel, maka kamu dapat membeli RAM dalam jumlah dua keping dibandingkan hanya 1 keping, misalnya 2×8 GB dibandingkan dengan 1×16 GB.


Pastikan juga motherboard yang kamu beli atau gunakan mendukung spesifikasi dari RAM yang hendak dibeli, terutama besaran maksimal dari RAM dan juga clock speed dari RAM.


  1. Mengetahui Jumlah Slot RAM di Motherboard


Motherboard biasanya menyediakan beberapa slot untuk dipasang dengan RAM. Pada motherboard dengan 4 slot, kamu dapat memasang hingga 4 keping RAM dengan total RAM disesuaikan dengan kemampuan motherboard.


Baca juga : Review Intel NUC 10I3FNHN: Solusi PC Desktop yang Ringkas dan Hemat Listrik


Misalnya RAM awal hanya 8GB yang terdiri atas 2x4GB, maka kamu dapat menambahkan hingga 2 keping RAM lagi pada motherboard tersebut, sehingga total menjadi 4x4GB RAM misalnya.


  1. Ketahui Kebutuhan Operasional PC


Bagi kamu yang hendak melakukan upgrade RAM atau membeli RAM baru, pastikan besaran RAM setelah dipasang dapat menopang kebutuhan komputasi agar komputer atau laptop tidak terasa lemot. Misalnya saja untuk pekerjaan sehari – hari dan mengolah data, biasanya membutuhkan RAM antara 8 – 16GB agar tidak lemot.



Sebaliknya jika digunakan untuk keperluan gaming, tentu total RAM yang dibutuhkan akan lebih besar, tergantung jenis game yang dimainkan. Beberapa jenis game menyarankan kebutuhan minimal RAM setidaknya 16GB.


  1. Ketahui Socket yang Digunakan


Sebelum membeli RAM, pastikan bahwa jenis tersebut mendukung slot pada motherboard PC atau komputer. 


Jika Kamu memiliki PC atau laptop dengan slot DDR3, maka Kamu harus mencari RAM yang menggunakan slot DDR23 agar bisa dipasang. Jika membeli RAM jenis lainnya misalnya DDR4, maka RAM tidak akan dapat digunakan.



Baca juga : Waspada Komponen PC Rusak, 6 Tanda-tanda Ini Jangan Disepelekan!


Itulah tadi tips memilih RAM terbaik untuk PC Desktop kamu yang bisa dicoba sendiri di rumah. Selain dengan cara di atas, pastikan kamu menggunakan perangkat RAM dengan kualitas terbaik. Salah satunya adalah RAM dari DB KLIK. Dengan menggunakan bahan berkualitas terbaik dan fitur unggulan, membuat pemakaian lebih nyaman. Kalian dapat membeli RAM ini melalui website DB KLIK atau kalian bisa langsung  membelinya melalui tautan ini.



Rekomendasi RAM yang bisa menjadi referensi kamu adalah RAM LEXAR DDR4 8GB yang saat ini juga tersedia di DB Klik. RAM LEXAR DDR4 8GB bisa menjadi pilihan kamu yang sedang mencari RAM terbaik untuk PC Desktop, pasalnya RAM Lexar ini memiliki spesifikasi DDR4 yang mendukung kemampuan overclocking terutama dari fitur bawaan Intel XMP 2.0 maupun AMD Ryzen. 


KESIMPULAN


Tips memilih RAM terbaik untuk PC Desktop sudah diulas di atas. Memilih RAM itu sebenarnya tidak susah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat memilih RAM, mulai dari tipe RAM, frekuensi RAM, kemudian apakah didukung dengan motherboard, besaran RAM yang cocok, dan beberapa hal lainnya. Oleh karena itu, pastikan kamu membeli RAM terbaik untuk memastikan RAM tersebut berfungsi dengan baik di Toko Rakitan DB Klik.


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.