Waspada Komponen PC Rusak, 6 Tanda-tanda Ini Jangan Disepelekan!
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Waspada Komponen PC Rusak, 6 Tanda-tanda Ini Jangan Disepelekan!

Waspada Komponen PC Rusak, 6 Tanda-tanda Ini Jangan Disepelekan!

DB KLIK - Tanda-tanda komponen PC rusak yang harus kamu ketahui. Hal ini agar kamu dapat segera bertindak jika terjadi kerusakan pada PC atau komputer kamu. Seperti diketahui PC atau komputer kini menjadi perangkat yang tidak bisa absen di kehidupan sehari-hari. Apalagi di era digital saat ini yang semuanya serba tekoneksi dengan internet. 


Namun, pernahkah kamu merasa jika komputer yang kamu miliki itu terasa janggal?  Satu di antaranya seperti komponen yang sudah mendekati masa ajalnya. Contohnya seperti PC kalian lebih lemot, atau bahkan mati-mati sendiri. Itu bisa jadi adalah pertanda kalau PC kamu memberikan kode mau rusak.  Karena banyaknya komponen dalam PC, tentu bingung menentukan bagian mana yang menunjukkan tanda-tanda rusak.


Maka dari itu, perlu kita kenali terlebih dahulu apa gejala PC yang sudah mendekati ajalnya. Berita baiknya, karena PC adalah sistem yang modular, bisa dipastikan yang rusak hanyalah salah satu komponen saja dan tidak perlu mengganti semuanya sekaligus. Lantas apa saja tanda-tanda komponen PC rusak?


Baca juga : Bug dan Error Hanya Bisa Diatasi dengan Restart Perangkat? Cek Fakta Sebenarnya


Berikut ulasan selengkapnya yang dilansir gari Gambrott :


1. Bunyi Ledakan Kecil Ketika Menyalakan PC dan Mengeluarkan Bau Terbakar


Kalau kalian sudah mengalami hal seperti ini, bisa jadi disebabkan oleh PSU terbakar. Apalagi kalau bau terbakarnya datang dari arah PSU, maka sudah bisa dipastikan PSU kalian sudah dijemput malaikat maut.



Jangan mencoba untuk menghidupkan kembali PC dengan kondisi seperti ini dan pastikan untuk bawa ke ruangan terbuka atau langsung saja bawa ke teknisi yang lebih berpengalaman. Kalau dirasa memang sudah ajalnya, pastikan PSU yang kalian beri berikutnya punya kualitas bagus dan masa garansi yang panjang.


2. PC Tidak Mau Booting dan Layar Mati


Sulit untuk menentukan komponen rusak dari diagnosis seperti ini. Namun, pengalaman penulis selama ini, biasanya kondisi tersebut disebabkan oleh RAM yang faulty atau rusak. Kalau kalian menggunakan dua keping RAM, coba kalian lakukan boot hanya dengan satu keping saja.


Bila salah satunya menyebabkan PC mau boot dan nyala, maka sudah saatnya kalian klaim garansi RAM dari tempat kalian membelinya.


3. Layar Berubah Warna Pink


Biasanya ini disebabkan oleh kabel koneksi ke monitor yang alami kerusakan atau bisa saja driver yang rusak. Namun, jika kalian sudah melakukan DDU untuk instal ulang driver dan masih sama saja, besar kemungkinan kabel display yang alami kerusakan.


4. Layar Glitch


Kalau tanda-tanda komponen PC rusak yang satu ini mungkin agak menyeramkan. Pasalnya kalau layar kalian alami glitch ini bisa jadi pertanda kalau GPU kalian sedang alami artifact. Fenomena bernama artifact ini bisa jadi sebagai isyarat kalau VGA kalian tidak lama lagi umurnya.


Biasanya ini terjadi karena keseringan overclock atau kartu grafis kalian sering alami kepanasan dalam jangka waktu lama. Kalau masih dalam masa garansi, sebaiknya dicoba untuk klaim karena sudah bisa dipastikan nyawanya di ujung tanduk.


5. PC Tidak Mau Boot ke Windows


Bila kalian menyalakan PC dan alih-alih masuk ke OS malah pindah ke BIOS, besar kemungkinan boot drive kalian tidak terdeteksi. Penyebabnya ada banyak, mulai dari konektor yang longgar atau bahkan drive tersebut faulty alias rusak.


Baca juga : 3 Cara Mengatasi PC Tidak Bisa Masuk BIOS, Ikuti Langkah-langkah Ini


Coba kalian cabut drive tersebut lalu pasang kembali untuk memastikan bukan karena longgar. Kalau kalian punya enclosure drive ke USB, coba koneksikan drive tersebut ke perangkat PC lain. Jika memang tidak terdeteksi, berarti drive tersebut benar sudah koit.


6. Settingan BIOS Balik ke Pengaturan Awal Setiap Boot



Untuk tanda yang satu ini mungkin tidak semenakutkan sebelumnya. Karena biasanya ini disebabkan oleh baterai CMOS di motherboard PC yang sudah habis daya. Cara mengakalinya pun gampang karena tinggal di ganti ke baterai baru saja seharusnya masalah sudah kelar.


KESIMPULAN


Itulah beberapa pertanda komponen PC rusak yang sering dialami oleh pengguna. Karena banyaknya komponen dalam PC, terkadang membuat pengguna bingung saat menentukan komponen apa yang rusak. Maka dari itu, perlu kita kenali terlebih dahulu apa gejala PC yang sudah mendekati ajalnya. Meski demikian, PC adalah sistem yang modular, bisa dipastikan yang rusak hanyalah salah satu komponen saja dan tidak perlu mengganti semuanya sekaligus.



DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.