Tips Cerdas dan Bijak Berinternet: Pertimbangan Memberi Izin Lokasi Pada Website atau Aplikasi
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Tips Cerdas dan Bijak Berinternet: Pertimbangan Memberi Izin Lokasi Pada Website atau Aplikasi

Tips Cerdas dan Bijak Berinternet: Pertimbangan Memberi Izin Lokasi Pada Website atau Aplikasi

DB KLIK - Seringkali, saat kita sedang berselancar di Internet, kita menemui pop-up di website atau aplikasi yang meminta izin lokasi. Sebenarnya, apakah benar-benar tidak masalah kalau kita mengizinkan? Daripada bingung, simak pertimbangan memberi izin lokasi di artikel ini.

Perkembangan teknologi internet dan data sudah sangat berkembang pesat. Bisa dibilang, informasi pribadi kita sudah tidak “pribadi” lagi. Segala perangkat yang terhubung dengan internet bisa menyimpan dan mentransmisikan informasi umum secara lokal. Alamat IP perangkat mu bisa jadi tergolong sebuah informasi “umum”. Namun, pelacakan ini sebenarnya adalah usaha perangkat internet untuk memberikan berbagai macam kemudahan, misalkan untuk memberi tahu arah di maps. 

Lalu, kamu mendapati bahwa sebuah website atau aplikasi terkadang juga meminta izin lokasi pada kamu melalui pop-up dan memberimu 2 pilihan, “izinkan” dan “tolak”. Sebenarnya, apakah memberikan izin selalu berbahaya? Lalu, apakah selalu menolak artinya aman? Mari kita kupas pertimbangan memberi izin lokasi pada website atau aplikasi di sini.

Tips Cerdas dan Bijak Berinternet: Pertimbangan Memberi Izin Lokasi Pada Website atau Aplikasi

Apakah Memberi Izin Lokasi pada Website atau Aplikasi itu Aman?

Sebenarnya, kami tidak bisa menjawab secara tegas mengenai aman atau tidaknya, ini dikarenakan hal seperti ini tidak bisa sesederhana bilang iya atau tidak. 

Analoginya adalah seperti ini, bila ada orang yang tak dikenal meminta alamat rumahmu, apakah akan kamu beri? Namun, bila yang meminta adalah teman kamu yang ingin berkunjung, apakah akan kamu beri? 

Jadi, iya atau tidaknya ada tergantung pada siapa yang memintanya dan untuk apa dia meminta. Mari kita misalkan dalam beberapa situasi dan kondisi seperti berikut:

  • Kamu sedang mencari rumah teman kamu yang sakit untuk dikunjungi. Kamu kesusahan mencari jalan maka kamu pasti membuka aplikasi Maps. dalam situasi ini, aplikasi Maps memang butuh lokasi kamu untuk bisa membantumu menemukan jalan yang benar. Bila kamu tolak izinnya, jelas saja Google Maps tidak bisa membantumu. 

  • Kamu sedang ingin pergi dari rumah, tapi tiba-tiba kendaraan kamu bannya bocor. Karena tidak ada waktu lagi, kamu pasti membuka aplikasi kendaraan online (Gojek, Uber, dsb). Aplikasi kendaraan online butuh lokasi tepat kamu untuk menemukan armada terdekat di lokasi kamu. 

  • Aplikasi cuaca bisa memberikan informasi dan prediksi lebih akurat untuk daerah sekitarmu saat aplikasi cuaca mengetahui lokasi tepat kamu. Ini berguna saat kamu berpergian jauh dan ingin mendapatkan update cuaca untuk daerah yang akan kamu lewati

Baca juga: Tips Ampuh Atasi WiFi Lemot di Laptop, Internetan Lancar Tanpa Gangguan

Masih ada banyak situasi yang memungkinkan kondisi dimana memberikan izin lokasi pada sebuah website atau aplikasi akan lebih menguntungkan daripada tidak. Intinya adalah bila website atau aplikasi ini memang memiliki fungsi yang bisa membantumu secara real-time dan membutuhkan akses “penglihatan” posisi lokasi kamu, akan dipastikan aman untuk memberi izin lokasi. Dengan asumsi aplikasi yang meminta ini adalah yang resmi dan yang up to date versi terbaru.

Kapankah Waktu Memberi Izin Lokasi Menjadi Tidak Aman?

Masih berjalan dengan pemahaman “tergantung dengan siapa yang meminta dan untuk apa dia meminta”, mengizinkan lokasi menjadi ntidak aman bila kamu tidak yakin siapa yang meminta atau untuk apa dia meminta. 

Pada kasus saat kamu berselancar di Internet. Pahami bahwa perusahaan-perusahaan “selalu” ingin mendapatkan lokasi calon konsumen atau konsumen setianya. Bila dilihat dari sisi yang baik, ini adalah sebuah Customer Relation Management (CRM) yang memanfaatkan teknologi lokasi. Perusahaan ini bisa saja merekomendasikan sesuatu yang sesuai dengan lokasi kamu. Namun, bila dilihat dari sisi yang jelek, bila perusahaan itu membombardir kamu dengan tawaran, atau Spamming, maka kamu bisa tolak izin lokasinya. Biasanya, perusahaan yang seperti ini adalah yang kecil dan tidak terpercaya. 

Untuk kasus aplikasi pada perangkat mobile, terdapat ancaman yang berupa malware yang menyamar menjadi aplikasi normal. Nah, ancaman seperti ini adalah yang perlu kamu waspadai. Bila kamu mendapati sebuah aplikasi yang seharusnya tidak memiliki fungsi yang memerlukan lokasi, tapi malah meminta izin lokasi, kami sarankan untuk tolak izinnya. Misalkan aplikasi seperti kalkulator, pembaca dokumen, atau media player yang baru saja kamu install tiba-tiba meminta izin lokasi. Ini adalah sebuah tanda bahaya karena aplikasi seperti ini tidak memerlukan lokasi untuk berfungsi. Bisa jadi, itu adalah malware yang menyamar atau aplikasi yang memiliki niat buruk.

Baca Juga: Hapus Bosan saat Tidak Ada Internet! Ini Cara Nonton Video TikTok Secara Offline

Bagaimana Cara Penyelesaian Yang Baik

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam situasi yang membingungkan apakah sebuah website atau aplikasi layak mendapatkan izin lokasi kamu. Beberapa hal ini adalah:

  • Tolak izin lokasi dengan tegas apabila kamu memang mencurigai sesuatu

  • Biasanya, pada perangkat mobile modern akan memiliki pop up yang menanyakan izin kamu. Biasanya akan tersedia 4 pilihan yakni izinkan selalu (Allow all the time), Izinkan hanya saat memakai aplikasi (allow only while using the app), selalu tanyakan (ask every time), jangan izinkan (don’t allow). Pilihan ke 2 dan ke 4 adalah jalan tengah yang bagus. Jadi, kamu membiarkan izin lokasi hanya saat memakai aplikasinya. Setelah itu keluar dari aplikasi, izin lokasi akan berhenti. Atau, selalu tanyakan agar kamu bisa putuskan lebih setiap membuka aplikasi itu. 

  • Di Perangkat Smartphone, kamu bisa mengatur secara manual mengenai aplikasi-aplikasi apa saja yang boleh dan tidak boleh mendapatkan data lokasi kamu. Kamu bisa menuju Settings > Location > App Permissions. Akan tersedia semua aplikasi yang kamu izinkan atau yang tidak dan kamu bisa dengan mudah mengubah izinnya untuk masing-masing. 

  • Membaca Terms and Condition dan Privacy Policies dari aplikasi atau layanan. Biasanya informasi lengkap mengenai apa yang dilakukan pada data lokasi kamu akan tertera. Kamu bisa nilai sendiri apakah ini aman atau tidak.

Baca Juga: Review TP-Link Archer AX73, Router WiFi Anti Lag yang Cocok untuk Internet Rumah dan Kantor

Nah, setelah memahami mengenai pertimbangan memberi izin lokasi pada website atau aplikasi, pahami bahwa ini adalah sebuah tindakan untuk cerdas dan bijak dalam berinternet yang bisa kamu lakukan sebagai pengguna. Namun, OS Windows modern (Windows 10 dan 11) telah memberikan perlindungan ekstra terkait hal ini. Tentu saja kamu memerlukan perangkat komputer berkualitas, misalnya laptop, dengan OS Windows yang original seperti yang tersedia di DB Klik agar bisa mendapatkan fitur perlindungan ini.

Rekomendasi laptop dengan OS Windows 11 Home original yang bisa jadi pertimbangan adalah laptop HP 14 S yang saat ini sudah tersedia di DB Klik toko komputer Surabaya. Laptop ini memakai prosesor AMD Ryzen 5 - 5625U dan RAM DDR4-3200 ukuran 8GB untuk memastikan multitasking pekerjaan super lancar. Selain itu, penggunaan SSD 512 GB memastikan boot up, akses dan pemrosesan data, serta shut down secepat kilat. Kamu isa mendapatkan laptop HP 14 S seharga Rp 8.475.000,- di DB Klik toko komputer Surabaya melalui tautan ini. Kamu juga bisa kunjungi showroom DB Klik Surabaya di alamat ini

KESIMPULAN 

Sekian mengenai pembahasan pertimbangan memberi izin lokasi pada website atau aplikasi. Inti dari pertimbangannya adalah bergantung pada siapa yang meminta. Apabila itu adalah aplikasi yang membutuhkan izin lokasi untuk membantumu seperti aplikasi maps atau kendaraan online, kamu jelas perlu memberikan izin lokasi. Bila itu adalah aplikasi atau website yang sekiranya tidak perlu informasi berupa lokasi, maka kamu bisa memasang sikap curiga. Terlepas dari itu, kamu bisa melakukan penolakan tegas bila mencurigai sesuatu, mengambil jalan tengah yang disediakan oleh smartphone modern, dan membaca Terms and Condition untuk mengetahui apa yang dilakukan pada data kamu. Semua itu sudah dibahas di artikel ini.



DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti Media Sosial DBklik untuk mendapatkan berita terbaru dari kami. diskon ,promo dan event menarik lainnya.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DBKlik dan dapatkan kemungkinan kupon diskon.