Tips Cara Membersihkan Headphone agar Awet, Catat Peralatan dan Langkahnya
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Tips Cara Membersihkan Headphone agar Awet, Catat Peralatan dan Langkahnya

Tips Cara Membersihkan Headphone agar Awet, Catat Peralatan dan Langkahnya

DB Klik - Kamu nggak bisa dengarkan musik favoritmu  karena headphone kamu kotor? kamu bingung cara bersihkannya? Tenang, berikut tips cara membersihkan headphone agar awet. 

Headphone merupakan salah satu aksesoris penting bagi pecinta musik, gamer, dan para konten kreator untuk mengedit audio. Pasalnya, pengalaman mendengarkan musik yang ditawarkan headphone berbeda dengan perangkat audio yang lain. Headphone membuat telinga pendengar ditutup secara keseluruhan, menangkal suara dari luar. ini membuat musik terdengar lebih jelas, penuh, dan “eksklusif” untuk telinga kamu saja.  

Keunggulan lainnya adalah headphone cukup portabel untuk dibawa-bawa. Apalagi bila headphone kamu bisa dilipat dan dimasukkan pouch khusus headphone yang ringkas.  Namun, seiring waktu, headphone bisa menjadi kotor dan kusam akibat debu, keringat, dan minyak yang menempel. Headphone yang kotor menjadi tidak nyaman digunakan hingga rusak komponen internalnya.

Oleh karena itu, penting untuk membersihkan headphone secara rutin. berikut tips cara membersihkan headphone agar awet

Tips Cara Membersihkan Headphone: Catat Langkah dan Peralatan yang Dibutuhkan

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan:

  • Kain mikrofiber

  • Cotton bud

  • Air sabun

  • Alkohol Isopropil (opsional)

  • Sikat gigi bekas (opsional)

Langkah-langkah:

  1. Cabut headphone dari perangkat. Tips cara membersihkan headphone dimulai dari sini. Pastikan kalau headphone dalam keadaan tidak tertancap (headphone kabel) dan dalam keadaan mati (headphone wireless/bluetooth) Hal ini untuk menghindari kerusakan akibat korsleting.

  2. Lepaskan earpad (jika memungkinkan). Earpad biasanya terbuat dari bahan busa atau silikon yang dibungkus dengan bahan anti-air seperti kulit imitasi. Kebanyakan headphone memiliki Earpad bisa dilepas dan dapat dibersihkan secara terpisah. Kalau tidak, maka jangan dilepas paksa dan lanjut membersihkan dengan earpad tetap ditempat. 

  1. Bersihkan earpad. Gunakan kain mikrofiber yang sedikit dibasahi dengan air sabun untuk membersihkan earpad. Usap secara perlahan agar tidak merusak bahan pelapis earpad. Hindari merendam earpad dalam air karena dapat merusak bahannya. Apabila ada noda yang membandel, basahi sedikit kain mikrofiber dengan alkohol isopropil dan ulangi langkah ini. Tetap usap secara perlahan.

  2. Bersihkan bagian luar headphone. Gunakan kain mikrofiber yang kering untuk membersihkan bagian luar headphone, termasuk driver, kabel, dan headband. Untuk headband, kamu bisa menggunakan alkohol isopropil apabila ada noda yang membandel. 

  1. Bersihkan lubang suara. Gunakan cotton bud yang sedikit dibasahi dengan air sabun atau hand sanitizer untuk membersihkan lubang suara. Hindari memasukkan cotton bud terlalu dalam ke dalam lubang suara karena dapat merusak komponen internalnya misalnya speaker atau driver. Apabila kamu memang perlu membersihkan lebih intens, gunakan sikat gigi bekas atau sikat lembut seperti sikat botol/tumbler. Apabila belum cukup, kamu bisa mencoba untuk membuka cup speaker. Namun, kami sarankan untuk membuka cup speaker di jasa service audio.

  1. Bersihkan kabel. Gunakan kain mikrofiber yang kering untuk membersihkan kabel headphone. Jika kabel berminyak atau lengket, Anda bisa menggunakan hand sanitizer.

  2. Keringkan headphone. Biarkan headphone mengering di udara selama beberapa saat sebelum digunakan kembali.

Sebagai tindakan preventif lebih lanjut, beberapa tips lain adalah Bersihkan headphone secara rutin. Sebaiknya bersihkan headphone minimal seminggu sekali, atau lebih sering jika Anda sesuai intensitas penggunaan. Gunakan produk pembersih yang aman. Hindari menggunakan bahan kimia keras lain selain yang kami sarankan atau pembersih abrasif seperti sikat sepatu yang lebih kasar untuk membersihkan headphone. Simpan headphone dengan benar. Saat tidak digunakan, simpan headphone di tempat yang kering dan bersih misal di dalam lemari tertutup. Hindari menyimpan headphone di tempat yang panas atau lembab. Atau, bila headphone datang dengan pouch atau tas bawaan, simpan di dalam situ. Dengan mengikuti tips dan trik di atas, Anda dapat menjaga headphone Anda tetap bersih, awet, dan tahan lama.

Tips Cara Membersihkan Headphone: Manfaat Membersihkan Headphone

  • Meningkatkan kualitas suara. Kotoran yang menempel pada headphone dapat meredam suara dan membuat kualitas suara menjadi tidak jernih. 

  • Menjaga kesehatan telinga. Kotoran dan bakteri yang menempel pada earpad dapat menyebabkan infeksi telinga. Ditambah lagi bila tercampur keringat, mengingat Indonesia adalah beriklim tropis. Artinya, selain kamu membersihkan headphone kamu, kulit kamu juga perlu dibersihkan dengan benar. 

  • Memperpanjang usia headphone. Membersihkan headphone secara rutin dapat membantu mencegah kerusakan komponen internalnya. Komponen yang terkena kotoran dalam juga akan lebih cepat rusak atau kehilangan fungsinya.

Membersihkan headphone akan menjadi lebih sering apabila kamu memiliki headphone berwarna terang. Misalnya seperti Headphone SONY WH-CH520 Bluetooth yang berwarna putih atau biru muda. Warna terang di headphone, terutama putih, membuat headphone menjadi aksesoris yang fashionable. Kamu masih bisa mendengarkan musik favorit sambil bergaya. Namun, selayaknya semua barang yang berwarna terang, barang itu akan mudah kotor. Kamu tinggal ikuti saja tips cara membersihkan headphone dari kami ini. Kamu bisa mendapatkan Headphone SONY WH-CH520 Bluetooth yang berwarna putih atau biru muda seharga Rp 799.000,- di DB Klik toko komputer Surabaya.   

Baca Juga: 3 Rekomendasi Headphone Bluetooth Wireless Mulai Ratusan Ribu: Ngebas dan Ngebul!

Kesimpulan

Kamu nggak bisa dengarkan musik favoritmu  karena headphone kamu kotor? kamu bingung cara bersihkannya? Tenang, artikel ini akan bahas tips cara membersihkan headphone agar awet. Kamu perlu menyiapkan beberapa perlengkapan seperti alkohol isopropil, dll.  Membersihkan headphone secara rutin adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan telinga, meningkatkan kualitas suara, dan memperpanjang usia headphone. Apalagi bila headphone kamu berwarna terang seperti Headphone SONY WH-CH520 Bluetooth warna putih. Kamu bisa mendapatkan Headphone SONY WH-CH520 Bluetooth di DB Klik toko komputer Surabaya. 




DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.