Seberapa Anti Air-nya TWS Kamu? Simak Penjelasan Apa Itu IPX pada TWS di Artikel Ini
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Seberapa Anti Air-nya TWS Kamu? Simak Penjelasan Apa Itu IPX pada TWS di Artikel Ini

Seberapa Anti Air-nya TWS Kamu? Simak Penjelasan Apa Itu IPX pada TWS di Artikel Ini

DB Klik - Pernahkah kamu melihat label IPX pada perangkat elektronik audio seperti pada TWS? Pernahkah kamu bertanya-tanya kode apa itu IPX?

Di era serba digital ini, perangkat elektronik telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita, salah satunya adalah perangkat audio berupa TWS.  Pasalnya, di  kehidupan sehari-hari ada hal yang tidak bisa kita atur, seperti cuaca dan kapan turun hujan. Solusi dari situasi yang tidak menentu ini adalah dengan menggunakan perangkat yang bisa tahan saat hujan. Tapi, bagaimana cara kita tahu TWS mana yang tahan air? Tentu saja dengan memperhatikan rating IP atau IPX di spesifikasi TWS.

Ketimbang kamu semakin penasaran tentang apa itu IPX, kamu bisa simak lengkap penjelasan mengenai apa itu IPX di TWS dan bagaimana cara membacanya. So, let’s check it out!

Seberapa Anti Air-nya TWS Kamu? Simak Penjelasan Apa Itu IPX pada TWS di Artikel Ini

  • Mengenai Rating IP

Sebelum menuju pembahasan mengenai apa itu IPX, kamu harus memahami IP dulu. IP adalah singkatan dari Ingress Protection yang artinya perlindungan perangkat dari kemasukkan sesuatu. IP merupakan rating internasional yang dibuat oleh International Electrotechnical Commision (IEC) untuk menakar “kerapatan” konstruksi suatu alat atau perangkat untuk melindungi komponen internalnya.

Penulisan rating ini adalah seperti kode yakni diikuti oleh dua angka dibelakang IP. dua angka ini menandakan tingkat ketahanannya. Angka pertama adalah menandakan ketahanan terhadap zat padat sedangkan nomor kedua adalah ketahanan terhadap zat cair

Angka pertama dibelakang IP memiliki tingkatan dari 0 sampai 6 sedangkan angka ke dua adalah dari 0 sampai 9. Dimana semakin besar angkanya maka semakin tahan kemasukan benda dengan ukuran tertentu lantas semakin “rapat” isolasi komponen internal dari zat padat atau zat cair dari luar.

Berikut adalah daftar lengkap rating IP: (semakin besar maka semakin tahan kemasukkan barang yang sangat kecil

  • IP0: tidak memiliki perlindungan apapun atau tidak/belum diuji dengan apapun

  • IP1: memiliki perlindungan dari benda yang lebih besar dari 50 mm (sebesar telapak tangan manusia dewasa)

  • IP2: memiliki perlindungan terhadap benda lebih besar dari 12 mm (sebesar ujung jari)

  • IP3: perlindungan terhadap benda yang lebih besar dari 2,5 mm (kabel, mur, baut, dll)

  • IP4: perlindungan terhadap benda yang lebih besar dari 1 mm (misal potongan kuku, serangga kecil. dll)

  • IP5: perlindungan sebagian dari barang sebesar partikel debu

  • IP6: perlindungan penuh dari barang sebesar partikel debu

Jadi, bisa dilihat bahwa rating IP6 adalah yang terbaik karena benda sebesar partikel debu bahkan tidak bisa masuk ke sebuah alat atau perangkat. Hal ini menandakan bahwa komponen internal perangkat itu terisolasi dengan sempurna dari objek dari luar. 

  • Mengenal Rating IPX

Setelah memahami rating IP, lantas apa itu IPX? Rating IPX adalah kode yang sebenarnya sama dengan IP dengan fokus lebih ke ketahanan zat cair.  Penambahan X untuk menggantikan kode ketahanan dari zat padat dan langsung menuju ketahanan dari zat cair. Ini biasanya dikarenakan perangkat yang dimaksud sudah terlalu kecil untuk kemasukkan sesuatu benda yang ada di tingkatan zat padat (kode angka pertama) sehingga rating untuk zat padat ditiadakan atau di beri X. Perangkat yang memakai rating IPX salah satunya adalah TWS. Banyak earbud TWS berkualitas tinggi sudah memiliki rating IPX.

. Penulisan kode rating IPX juga mengikuti angka seperti berikut:

  • IPX0: tidak terrating atau belum teruji

  • IPX1: terlindungi dari tetesan air dari atas (vertikal). 

  • IPX2: terlindungi dari cipratan air dari atas bahkan dengan penutup miring 15 derajat

  • IPX3: terlindungi dari cipratan air dari atas bahkan dengan penutup miring 60 derajat

  • IPX4: perlindungan dari cipratan air dari segala arah selama 10 menit

  • IPX5: perlindungan dari semprotan air bertekanan rendah

  • IPX6: perlindungan dari semprotan jet air 100 liter per menit dari jarak 3 meter selama 15 menit

  • IPX7: tahan direndam dalam air sedalam 1 meter selama 30 menit

  • IPX8: tahan direndam dalam air sedalam lebih dari 1 meter selama 30 menit

  • IPX9K: sama dengan IPX8 ditambah dengan ketahanan terhadap sempotan jet air panas.

Baca Juga: 5 Tips Pakai TWS saat Travelling, Perjalanan Jadi Santai, Nyaman dan Penuh Gaya

  • Cara Membaca Rating IP dan IPX

Untuk cara pembacaan rating IP dan IPX adalah untuk mencocokkan kode angka rating dengan daftar yang kami berikan. Berikut cara pembacaannya:

IP5: Ketahanan sesuai rating IP5 yang artinya termasuk ketahanan IP1 sampai IP4. Jangan coba-coba diuji ketahan setingkat IP6 keatas.

IPX6: Sama dengan di atas, yakni sesuai rating IPX6 dan termasuk ketahanan IPX1 sampai IPX5. Ketahanan untuk zat padat diberi tanda “X” karena barang yang dimaksud sudah sangat kecil. Jangan coba-coba duji ketahan setingkat IPX7 keatas.

IP34: Artinya perangkat itu memiliki ketahanan zat padat di IP3 dan memiliki ketahanan zat cair di IPX4. 

IP68: Perangkat ini memiliki rating IP dan IPX terbaik yakni termasuk perlindungan IP6 yang tertinggi dan IPX8 yang tertinggi sebelum IPX9K. Perangkat ini tahan debu dan tahan air secara penuh. 

  • Pentingnya Rating IPX Untuk TWS

Pertahanan terhadap zat cair adalah fitur yang penting untuk perangkat elektronik seperti TWS. Ini dikarenakan komponen listrik jenis audio sangat sensitif dengan zat cair apapun. Produk elektronik audio harus memiliki pengisolasian komponen elektronik internal yang sudah teruji rating IP atau IPX ini agar bisa berfungsi secara optimal.

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan TWS dengan Mudah dan Efektif, Jangan Salah Langkah!

ini lebih penting kepada TWS yang didesain untuk mendukung kegiatan sehari-hari pengguna, baik untuk mobilitas ataupun olahraga. Kita tidak tahu kapan akan datang hujan dan dengan TWS yang memiliki rating IPX5 misalnya, kamu tidak akan panik saat hujan turun. 

Perihal dipakai olahraga, mendengarkan musik saat berolahraga banyak dilakukan orang-orang. pasalnya, keringat dari tubuh pengguna menjadi ancaman bagi TWS. Jadi, dengan memakai TWS dengan rating IPX (minimal IPX5), kamu tidak perlu khawatir TWS rusak karena kena keringat kamu sendiri.  

Kamu juga tidak perlu panik terhadap tumpahan air, genangan kecil di meja, dan terciprat air saat cuci tangan saat menggunakan TWS dengan rating IPX tertentu. Mengingat bentuk TWS yang sangat kecil, kemungkinan terjadinya hal-hal ini cukup tinggi sehingga ketahanan TWS dari zat cair adalah penting untuk kenyamanan pengguna. 

Sekian mengenai penjelasan mengenai apa itu IPX. Rating IPX dipakai untuk menunjukkan tingkat ketahanan dari TWS dari zat cair. Utamanya adalah tahan hujan ringan saat dipakai mobilitas dan tahan keringat saat diajak berolahraga. Untuk merasakan TWS dengan rating IPX berkualitas tinggi, kamu bisa memakai TWS Jabra Elite 5. TWS ini sudah dilengkapi dengan rating IPX5 (water resistant, bukan waterproof) dan ANC jenis Hybrid. Kamu bisa memakai TWS ini untuk berolahraga (kena keringat) atau mobilitas saat gerimis ataupun hujan sedang dengan tenang. Kamu bisa mendapatkan TWS Jabra Elite 5 di website resmi DB Klik toko komputer Surabaya seharga Rp 1.670.000,- melalui tautan ini. Kamu juga bisa kunjungi showroom DB Klik toko komputer Surabaya di alamat ini.  

    

Kesimpulan

Itulah tadi mengenai penjelasan apa itu IPX. rating ini adalah untuk menandakan ketahanan konstruksi perangkat untuk ketahanan isolasi komponen internal dari zat padat dan zat cair dari luar. Rating IP dan IPX dibaca seperti kode dengan angka tertulis adalah menandakan tingkat ketahanan. Untuk mengetahui daftar tingkatan rating IP dan IPX selengkapnya bisa kamu temui di artikel ini. 



DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.