Review WD Blue SN580 1 TB: Budget SSD 1 TB dengan Performa Optimal
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Review WD Blue SN580 1 TB: Budget SSD 1 TB dengan Performa Optimal

Review WD Blue SN580 1 TB: Budget SSD 1 TB dengan Performa Optimal

DB Klik - Siapa bilang SSD 1 TB yang performanya bagus harus mahal? WD hadir dengan menawarkan SSD Budget yakni SSD WD Blue SN580 1 TB. penasaran sama fiturnya? Mari simak Review WD Blue SN580 1 TB dari kami.

Di era digital ini, performa komputer menjadi semakin penting. Hal ini dikarenakan banyaknya aktivitas yang dilakukan di komputer yang mulai menuntut performa perangkat seperti gaming, editing video, dan lain sebagainya. Salah satu komponen yang dapat meningkatkan performa komputer secara signifikan adalah SSD (Solid State Drive) yang memiliki performa berkali-kali lipat lebih baik daripada hardisk HDD.

Salah satu SSD ini adalah WD Blue SN580 NVMe M.2. SSD ini merupakan perkembangan SSD WD Blue SN570 dalam segala aspek sebagai SSD kelas menengah andalan dari WD. SSD ini menawarkan performa yang cukup kencang untuk penggunaan sehari-hari serta untuk gaming atau pembuatan konten intensitas ringan-menengah. Berikut Review WD Blue SN580 1 TB dari kami. 

Kelebihan-Kelebihan dalam Review WD Blue SN580 1 TB

  • Performa yang Kencang untuk kelas Budget SSD 1 TB 

Mari kita mulai Review WD Blue 1TB SN580 dengan membahas poin utama, yakni performa. SSD ini telah memiliki antarmuka PCIe 4.0, antarmuka generasi baru yang mutakhir. Penggunaan antarmuka ini menghasilkan bandwidth yang lebih besar daripada PCIe 3.0, yang artinya memiliki performa yang lebih baik. SSD ini juga meminjam caching scheme nCache 4.0 dari SSD WD Black SN850, SSD kelas atas dari WD, untuk menghasilkan performa yang optimal. Secara keseluruhan, SSD 1 TB ini memiliki kecepatan baca dan tulis mencapai 4150 MB/s. lalu, kecepatan random read SSD ini mencapai 600,000 4KB IOPS serta kecepatan random write pencapai 750,000 4KB IOPS. 

  • Desain Ramping, Cocok untuk Laptop atau PC Modern

WD Blue SN580 memiliki desain M.2 2280 single sided atau satu sisi saja. Ini membuat SSD ini menjadi ramping dan cocok untuk laptop atau PC kecil (mini atau micro ATX) yang memiliki ruang yang terbatas. Tentu saja dengan asumsi laptop atau PC kecil kamu memiliki slot SSD PCIe 4.0. SSD ini juga beroperasi dengan tenang dan tidak menghasilkan panas berlebih, sehingga Anda dapat menikmati performa yang optimal tanpa gangguan.

Baca Juga: Cepat dan Mudah! Ini Cara Upgrade SSD ke Laptop Sendiri!

  • Kapasitas yang Cukup Besar

SSD ini menyediakan pilihan penyimpanan sampai 2 TB, namun kami memilih varian 1 TB untuk direview. Kapasitas 1 TB sudah terhitung lebih dari cukup untuk penggunaan gaming dan pembuatan konten ringan-menengah. Utamanya untuk pembuatan konten, kamu mungkin ingin memakai hardisk eksternal (SSD/HDD) untuk penyimpanan lebih dan portabilitas.  

  • Keawetan dan Keamanan SSD Bisa Terpantau Melalui Fitur Tambahan

WD juga memberikan SSD WD Blue SN 580 dengan beberapa fitur tambahan pada aspek kesehatan komponen dan keamanan data. Secara komponen, keamanan SSD ini terjamin dengan penggunaan Pyrite 2.01. Untuk menjamin keamanan data lebih jauh, SSD ini juga menyediakan fitur software Acronis True Image untuk backup data.SSD ini juga dilengkapi dengan software WD Dashboard untuk monitoring kesehatan SSD. SSD 1 TB ini juga terhitung awet dengan TBW 600 TB yang sudah bagus mengingat ini budget SSD. Namun, perlu dicatat bahwa TBW adalah estimasi rata-rata umur dari produsen. Kenyataanya, umur SSD ini bisa lebih lama bila digunakan dengan hati-hati. 

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda SSD Akan Rusak, Segera Lakukan ini Agar Datamu Aman

  • Harga yang terjangkau

Sesuai maksud WD mengembangkan WD Blue SN 580 adalah untuk menjadi Budget SSD andalan, SSD ini memiliki harga yang terjangkau untuk kapasitas dan performa yang ditawarkan. SSD ini terpatok di harga Rp 1.395.000 di retail resmi seperti DB Klik toko komputer Surabaya. 

Spesifikasi Lengkap SSD WD Blue SN580 1 TB

  • Kapasitas: 1TB

  • Antarmuka: PCIe 4.0 x4

  • Form Factor: M.2 2280

  • Sequential Read: Up to 4150 MB/s

  • Sequential Write: Up to 4150 MB/s

  • Random Read: Up to 600,000 IOPS

  • Random Write: Up to 750,000 IOPS

  • TBW (Total Bytes Written): 600 TBW

  • Dimensi dalam satuan Inch (L x W x H) : 3.15" x 0.87" x 0.09"

  • Operating Temperature : 0°C to 85°C

Kekurangan:

  • Kecepatan Optimal namun, setara dengan SSD NVMe PCIe 4.0 lainnya

  • Performa menurun saat cache penuh

  • Memakai controller yang sama dengan seri WD Blue sebelumnya

  • Tidak support enkripsi hardware

  • Tidak ada heatsink bawaan

Sekian mengenai Review WD Blue SN580 1 TB, Budget SSD 1 TB dengan Performa Optimal dari kami. Kamu bisa mendapatkan SSD WD Blue SN580 1 TB seharga Rp 1.395.000,- dengan garansi resmi selama 5 tahun di website DB Klik toko komputer Surabaya. Atau, kamu bisa datangi showroom DB Klik di Jl. Tenggilis Mejoyo No. AA-3, Surabaya. DB Klik juga memiliki cabang di beberapa kota-kota besar Indonesia yakni Jakarta, Yogyakarta, Malang, Semarang, dan Bali.

Kesimpulan

Siapa bilang SSD 1 TB yang performanya bagus harus mahal? WD Blue SN580 NVMe M.2 adalah pilihan yang tepat bagi pengguna yang mencari SSD dengan performa kencang dan harga terjangkau. SSD ini cocok untuk penggunaan sehari-hari seperti browsing serta  gaming dan pembuatan konten intensitas ringan-menengah. Artikel ini akan membahas Review WD Blue SN580 1 TB. SSD ini unggul di performa, fitur tambahan, harga, dan desain yang ramping. Kami juga sertakan spesifikasi lengkap SSD WD Blue 1TB SN580. 




DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti Media Sosial DBklik untuk mendapatkan berita terbaru dari kami. diskon ,promo dan event menarik lainnya.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DBKlik dan dapatkan kemungkinan kupon diskon.