Review Razer Kraken: Dolby Surround Gaming Headset bisa Multi Platform
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Review Razer Kraken: Dolby Surround Gaming Headset bisa Multi Platform

Review Razer Kraken: Dolby Surround Gaming Headset bisa Multi Platform

DB Klik - Kamu lagi cari gaming headset dengan fitur Dolby Surround? Headset gaming Razer Kraken bisa jadi pertimbangan kamu. Razer Kraken punya banyak fitur untuk kebutuhan audio gaming kamu. Berikut review Razer Kraken dari kami. 

Banyak game, kompetitif utamanya, juga menggunakan audio sebagai bagian dari permainannya. Misalnya seperti suara langkah kaki di game PUBG. Sekiranya, siapapun yang bisa mendengarkan suara langkah kaki duluan memiliki keuntungan besar, dan ini bisa menentukan antara menang dan kalah. Selain itu, mendengarkan suara efek (ledakan, tembakan, efek jurus, dsb) dengan sinematik di game merupakan kepuasan sendiri bagi gamer. Oleh karena itu pilihan perangkat audio juga sama pentingnya dengan merakit PC yang optimal. Razer Kraken hadir sebagai solusi audio gaming kamu. Headset gaming ini memiliki banyak fitur yang akan diapresiasi oleh gamer. Razer Kraken adalah seri terbaru dari lini Kraken. Anehnya, seri sebelumnya adalah bernama Kraken Pro V2. Razer memutuskan untuk menyingkat nama menjadi Razer Kraken. Berikut kami siapkan review Razer Kraken, Dolby Surround gaming headset bisa Multi Platform. 

Review Razer Kraken: Dolby Surround Gaming Headset bisa Multi Platform

Tampilan Luar yang Low Profile

Mari kita mulai review Razer Kraken dengan memperhatikan tampilan luarnya. Razer Kraken memiliki desain low profile yang simpel, yakni terdiri dari headband dari plastik tersambung ke 2 oval penutup telinga dari plastik juga. Bentuk penutup telinga adalah semi open yang artinya headset ini tidak memiliki isolasi suara yang penuh. Suara dari luar masih terdengar sedikit dan suara dari dalam masih bisa terdengar keluar, dengan asumsi volume penuh. Kualitas bahan Razer Kraken terasa sangat solid, baik dari sambungan headband ke penutup telinga serta pengatur ukuran yang tidak ringkih. Terdapat rangka metal disekitar penutup telinga yang menambah kekuatan rangka. Meskipun begitu, berat total Razer Kraken terhitung ringan yakni hanya sekitar 300 gram. Penutup telinga memiliki ukuran luar 65 mm dan ukuran dalamnya adalah 54 mm. 

Menuju kebagian bawah, terdapat mic Cardioid yang bisa dipanjangkan atau “disembunyikan”. Lalu, pada penutup telinga terpasang bantalan memory foam yang dilapisi leatherette bahan yang menyerap panas, begitu juga bantalan yang ada di headband. Bantalan ini memiliki campuran gel pendingin untuk membuat kamu nyaman memakai Razer Kraken seharian. Di bagian bawah penutup telinga, terdapat control box terintegrasi kecil yang hanya memiliki volume roller keseluruhan dan untuk mic. Juga ada tombol quick mute untuk mic. Selain itu, Tidak ada tambahan settingan lain seperti settingan bass dan audio spatial yang ada di seri Kraken TE terdahulu. Kamu perlu menemukan ukuran volume yang tepat untuk audio yang optimal saat menggunakan headset Razer Kraken. 

Spesifikasi Audio dari Razer Kraken

Berikut Spesifikasi Audio dari Razer Kraken:

  • Frequency Response : 12 Hz - 28000 hz 

  • Impedance : 32 Ohm (saat 1 Khz) 

  • Sensitivity : 109 Db (saat 1 Khz) 

  • Driver Size: 50 Mm 

  • Driver Type : Custom Tuned Earcups 

Sekiranya, angka-angka diatas adalah yang patut diperhatikan. Yang pertama terkait respons frekuensi ada di angka 12 hz - 28000hz. Normalnya, manusia bisa mendengarkan frekuensi suara terendah 20 hz dan terkeras 20000 hz. Artinya, headset Razer Kraken bisa menerima suara lebih rendah dan lebih tinggi dari yang bisa didengar manusia dan ini sangat bagus. Suara yang dihasilkan oleh Razer Kraken akan terdengar “penuh” 

Lalu, terkait impendance adalah 32 Ohm. ini adalah batas tertinggi untuk untuk perangkat audio portabel. Dengan impendance 32 Ohm, headset gaming ini masih bisa ditancapkan pada mayoritas perangkat portabel seperti, smartphone, laptop, komputer, hingga konsol game. Impendance 32 Ohm adalah “sweet spot” yakni kamu tidak perlu menaikkan volume terlalu tinggi untuk mulai mendengar suara karena voltase perangkat portabel sudah cukup memadai. Ini sejalan dengan Razer Kraken yang memang headset gaming multi platform. Pasalnya, impendance tinggi memerlukan dukungan perangkat dengan voltase tinggi seperti menggunakan amplifier.   

Untuk sensitivitas, sensitivitas 109 Db adalah cukup tinggi. Artinya, Headset Razer Kraken akan mengeluarkan suara yang cukup keras. Bila dihubungkan dengan impendance, kamu tidak perlu menaikkan volume hingga full (kira-kira setengah jalan) untuk mendapatkan suara yang cukup keras. Kelebihan yang bisa didapat adalah kamu tidak akan mendapatkan suara yang lirih dari Razer Kraken. Suara bass, mid dan treble akan terdengar jelas dan cukup keras sehingga kamu bisa merasakan dengan penuh. Tetapi, adalah suara-suara statis juga akan mudah tertangkap oleh Razer Kraken

Tes Audio dari Razer Kraken

Sebelum memulai bahasan mengenai tes audio, perlu dipahami bahwa secara umum Razer Kraken adalah headset gaming yang ditune low-end atau berat di bass. Razer Kraken juga dilengkapi dengan fitur Dolby Surround 7.1, suatu fitur yang dicari-cari oleh gamers.

Kami merujuk pada pengetesan Razer Kraken yang dilakukan oleh tomshardware.com pada game Assassin’s Creed Odyssey. Dikatakan bahwa Razer Kraken membawakan dentuman bass audio game rilisan Ubisoft ini dengan sangat baik. Bukan hanya itu, audio lingkungan seperti deburan ombak juga tersampaikan dengan baik. Pada saat segmen pertarungan, setiap pukulan, tendangan, perusakan barang terdengar penuh dan berdentum. Pada saat segmen karakter bercakap pada game ini, percakapan terdengar cukup jelas karena range audio yang rata di Razer Kraken. Untuk audio soundtrack dari game ini, Razer Kraken kurang bisa menampilkan suara gitar dengan pitch tinggi. Ini masuk akal karena settingan Razer Kraken adalah bass yang dalam. Sekiranya, fitur Dolby Surround 7.1 membuat suara lingkungan dalam game Assassin’s Creed Odyssey tersampaikan dengan baik.

Beralih pada game online seperti Apex Legends. Fitur Dolby Surround 7.1 membuat perbedaan ledakan atau tembakan dekat dan yang jauh menjadi jelas. Kamu juga bisa merasakan langkah kaki dari musuh atau kawan disekitar kamu mendekat atau menjauh. Dengan fokus settingan adalah di bass yang dalam, maka tembakan dan ledakan terasa berisi dan berdentum dengan kuat namun tidak mengganggu

Tomshardware.com juga menguji Razer Kraken untuk media lain selain gaming. Secara keseluruhan, Razer Kraken cocok untuk film atau seri action seperti film dari Marvel, DC, seri Fast and Furious dsb. Namun, Razer Kraken kurang bagus untuk film atau seri drama yang banyak berisi percakapan karena tuning bass yang dalam. Begitu juga dengan musik, musik rock, metal, dan hip hop yang memiliki fokus di bass akan bagus dimainkan menggunakan Razer Kraken. Sebaliknya, musik-musik yang slow dan akustik kurang terdengar bagus karena range suara tertutup dengan tuning bass yang dalam. 

Sekian mengenai review Razer Kraken, multi platform Dolby Surround gaming headset yang keren. Kamu bisa mendapatkan headset gaming Razer Kraken di DB Klik toko komputer Surabaya seharga Rp. 785.000,- dengan garansi resmi 1 tahun. Tersedia pilihan Razer Kraken warna hitam dan hijau di DB Klik. 

Kesimpulan 

Kamu lagi cari gaming headset dengan fitur Dolby Surround? Headset gaming Razer Kraken bisa jadi pertimbangan kamu. Razer Kraken punya banyak fitur untuk kebutuhan audio gaming kamu. Berikut review Razer Kraken dari kami. Kami melakukan review terkait tampilan luar, spesifikasi audio, dan tes audio. Tes audio adalah untuk gaming dan non-gaming. Untuk gaming, menggunakan game Assassin’s Creed Odyssey dan Apex Legends dan non-gaming adalah untuk film/seri dan musik. 

DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.