Review MSI Pro H610M-E: Motherboard DDR4 dan LGA 1700 Murah
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Review MSI Pro H610M-E: Motherboard DDR4 dan LGA 1700 Murah

Review MSI Pro H610M-E: Motherboard DDR4 dan LGA 1700 Murah

DB Klik -  Kamu lagi cari motherboard DDR4 murah? Tapi, kamu ingin yang tergolong micro ATX motherboard untuk rakit PC yang kecil? Tenang aja, MSI hadir dengan MSI Pro H610M-E yang bisa jadi pilihan kamu. Berikut review MSI Pro H610M-E dari kami. 

Seperti yang diketahui, memilih ukuran motherboard yang tepat adalah langkah awal dalam merakit PC. sekarang, motherboard tidak hanya terpaku pada ukuran besar (ATX) namun ada ukuran lain yang lebih kecil seperti micro ATX atau mini ATX. hal yang perlu dipahami lagi adalah casing ATX bisa menampung motherboard yang lebih kecil namun tidak berlaku sebaliknya. Bila kamu merasa PC biasa (casing midtower, motherboard ATX) terlalu besar, terlalu tidak praktis dan terlalu banyak makan tempat, maka kamu bisa mencoba rakit PC yang lebih kecil (casing mini tower, motherboard micro ATX). 

Baca Juga: Jenis Casing PC Ada Banyak, Penting Untuk Kenali Saat Merakit PC

Jangan salah, rakit PC kecil bukan berarti performa akan beda jauh dari rakit PC normal. Kenyataanya adalah banyak pengguna PC merasa kelebihan berupa perluasan dan ekstra komponen pada motherboard ATX normal tidak terlalu diperlukan. Terkadang, kita hanya butuh fungsi secukupnya saja. Ditambah, umumnya motherboard micro ATX memiliki harga jual yang murah karena membutuhkan bahan pembuatan lebih sedikit. Meskipun begitu, kamu tetap ingin micro ATX motherboard yang optimal. MSI Pro H610M-E adalah Motherboard DDR4 serta dilengkapi chip LGA 1700. Motherboard micro ATX murah ini bisa jadi pilihanmu. Berikut review MSI Pro H610M-E dari kami. 

Review MSI Pro H610M-E: Motherboard DDR4 dan LGA 1700 Murah

Tampilan dari MSI Pro H610M-E

Mari kira mulai review MSI Pro H610M-E dari tampilan motherboard micro atx ini. Sebenarnya, tampilan dari motherboard ya seperti itu, papan yang diatasnya diisi oleh komponen seperti chip prosesor, slot RAM, antarmuka, serta kelistrikan dari sebuah PC. terlepas dari itu, tampilan dari MSI Pro H610M-E adalah didominasi warna hitam dan perak dari papan dasar serta aksen di komponen. Terdapat desain guratan garis diagonal di papan dasar di antara komponen-komponen. Warna perak utamanya adalah datang dari warna asli metal dari komponen-komponen. 

Spesifikasi Komponen MSI Pro H610M-E yang Sangat Reliabel

Chip dan Socket

Langkah selanjutnya di review MSI Pro H610M-E adalah mengenai spesifikasi komponen. Dimulai dari chip dan socket. Sesuai namanya, MSI Pro H610M-E menggunakan chipset Intel H610. Chipset ini mendukung untuk processor Intel Core generasi 12 dan 13 serta Pentium Gold dan Celeron. Untuk socket processor, motherboard ini menggunakan socket Intel LGA 1700 dengan sistem penguncian 4 tombol. Penggunaan socket ini artinya kamu bisa dengan mudah bongkar pasang processor. 

RAM

Untuk RAM, motherboard ini memiliki 2 slot RAM DDR4 ukuran DIMM dengan kecepatan maksimal 3200 Mhz. RAM DDR4 bila dipasang Dual Channel dengan kecepatan maksimal 3200 Mhz memiliki performa yang sangat kencang. 

Slot Ekspansi

Untuk ekspansi (untuk VGA), tersedia 1 slot PCIe 4.0 x16. Sebagai tambahan ekspansi, tersedia 1 lagi slot PCIe 3.0 x1. Penyimpanan yang disediakan motherboard ini juga melimpah. Tersedia 1 slot untuk SSD M.2 Generasi 3 dan 4 slot SATA 6Gbps. Dengan gabungan penyimpanan SSD, SSD SATA dan HDD, memiliki penyimpanan hingga 10 Tb atau lebih akan mudah dicapai.

Fitur Tambahan MSI Pro H610M-E yang Banyak

Core Boost dan Memory Boost

Sebagai pendukung chip H610 yang dipakai, motherboard ini memiliki tambahan fitur boost yakni Core Boost dan Memory Boost. Core boost akan mengurangi Lag dengan mendukung performa pada processor dengan core banyak. Memory Boost akan memaksimalkan sinyal data sebagai pendukung performa dan stabilitas. 

Fitur Sistem Pendingin Frozr AI Cooling 

Sistem dari motherboard ini bisa mendeteksi suhu komponen CPU dan GPU dan menyesuaikan performa sistem pendingin (fan atau liquid cooler) dengan bantuan MSI AI Engine untuk pendinginan maksimal. Kamu bisa setting efektivitas fitur ini untuk mode performa atau mode senyap. Ditambah dengan fitur Total Fan Control  

LED EZ Debug

Ini adalah fitur yang cukup unik. Saat ada error pada komponen tertentu, akan ada lampu yang menyala untuk menandakan dari luar komponen mana yang ada gangguan. 

Port Konektivitas yang Berlimpah

Bagian terakhir pada review MSI Pro H610M-E adalah terkait port konektivitas. Pada motherboard ini tersedia total 12 slot USB. ini terdiri dari 4 slot USB-A 3.2 gen 1 dan 8 slot USB-A 2.0. Untuk output grafis, ada 1 port HDMI 1.4 yang sudah mendukung tampilan 4K 60Hz. Selain itu, juga ada 1 slot output grafis VGA. pada output audio adalah menggunakan 8 channel (Surround 7.1) HD Audio dengan codec ALC897 dari Realtek yang juga ada fitur Audio Boost. Terakhir, ada satu port LAN Realtek RTL8111H. 

Spesifikasi Lengkap MSI Pro H610M-E

CPU Support: Supports 12th/ 13th Gen Intel Core Processors, Pentium Gold and Celeron Processors

CPU Socket: LGA 1700

Chipset:  Intel H610 Chipset

Graphics Interface: 1x PCIe 4.0 x16 slot

Display Interface: Support 4K@60Hz as specified in HDMI 1.4, and VGA  Requires Processor Graphics

Memory Support: 2 DIMMs, Dual Channel DDR4-3200 MHz (MAX)

Expansion Slots: 1x PCIe 3.0 x1 slot

Storage: 1x M.2 Gen3 x4 32Gbps slot, 4x SATA 6Gbps ports

USB ports: 4x USB 3.2 Gen 1 5Gbps (4 Type-A), 8x USB 2.0

LAN:  Realtek RTL8111H Gigabit LAN

Audio:  8-Channel (7.1) HD Audio with Audio Boost

Sekian mengenai review MSI Pro H610M-E, motherboard DDR4 dan LGA 1700 yang murah. Setidaknya, kamu membutuhkan casing mini ATX untuk menampung motherboard MSI Pro H610M-E yang berukuran micro ATX. kamu bisa mendapatkan MSI Pro H610M-E di DB Klik toko komputer Surabaya seharga Rp 1.150.000 dengan garansi resmi 3 tahun. Kamu juga bisa mendapatkan motherboard ini di cabang-cabang DB Klik di Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Bali, dan Malang. 

Kesimpulan

Kamu lagi cari motherboard DDR4 murah? Tapi, kamu ingin yang tergolong micro ATX motherboard untuk merakit PC yang kecil? Tenang aja, MSI hadir dengan MSI Pro H610M-E yang bisa jadi pilihan kamu. Berikut review MSI Pro H610M-E dari kami. Kami melakukan ulasan terkait tampilan, spesifikasi komponen, dan port konektivitas. 

DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.