Rekomendasi Game Steam Ringan 2024: Bosan Kandas Tanpa Bikin PC Panas
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Rekomendasi Game Steam Ringan 2024: Bosan Kandas Tanpa Bikin PC Panas

Rekomendasi Game Steam Ringan 2024: Bosan Kandas Tanpa Bikin PC Panas

DB KLIK - Bingung ingin mengisi waktu dengan main game? Tenang saja, berikut adalah rekomendasi game Steam ringan 2024 ini. Jadi, meskipun spek laptop atau PC kamu nggak seberapa kuat, kamu masih bisa main game-game ini. Let’s check it out!

Bayangkan, kamu ada waktu luang cukup lama. Keadaan sekitar sangat tenang dan tentram. Waktu seperti ini adalah yang tepat untuk dibuat main game. Namun, kamu hanya punya laptop atau PC dengan spek yang tidak terlalu kuat. 

Tahukah kamu, kalau tidak semua game modern itu butuh spek tinggi dan penyimpanan besar? Oleh karena itu, Tim DB Klik bisa membantumu dengan memberikan rekomendasi game Steam ringan 2024 ini yang patut kamu coba. Bagi yang penasaran, simak langsung artikel kami di sini.

Rekomendasi Game Steam Ringan 2024: Bosan Kandas Tanpa Bikin PC Panas

  1. VVVVVV

Rekoemendasi game Steam ringan 2024 yang pertama adalah game berjudul VVVVVV (V enam kali). Game dengan judul unik ini sudah rilis cukup lama yakni tahun 2010 lalu. Namun, game ini memiliki rating review Very Positive - Overwhelmingly Positive di Steam dan masih ada yang bermain game ini hingga Agustus 2024. 


Game buatan Terry Cavanagh ini memiliki genre Puzzle Platformer yang sangat unik. Kamu akan disuguhkan level penuh puzzle yang dimana kamu menjalankan karakter yang memiliki kemampuan untuk membalikkan gravitasi. Puzzle di game ini akan berpusat pada membolak-balikkan gravitasi tersebut. 

Game ini memiliki tampilan yang seperti game zaman GameBoy seperti Pac-Man atau Mario. Selain itu, game ini tidak memiliki “pembatas” antar level. Kamu bisa dengan bebas progres di game ini selama kamu bisa melewati tantangan puzzle-nya. Game ini hanya meminta RAM 256MB dan penyimpanan hanya 42 MB. 

Spesifikasi VVVVVV: 

OS : Windows XP  (Steam hanya support untuk windows 10 keatas mulai Januari 2024)

Processor: 2 GHz

Memory: 256MB

Graphics: Direct X9.0c Compatible Card

DirectX®: DirectX® 9.0c

Penyimpanan: 42MB

  1. AdVenture Capitalis

Ingin nostalgia dengan grafis game jadul buatan studio seperti GameHouse atau Pop Cap? Kamu harus coba game AdVenture Capitalist yang sudah rilis tahun 2015 lalu. 

Sesuai namanya, game buatan Hyper Hippo Games ini adalah simulator kapitalis yang artinya game ini memiliki genre simulator, management, dan economics. Kamu akan menjalankan sebuah wirausaha yang dimulai dari jualan minuman lemon hingga memiliki hotel atau tambang minyak. Selayaknya sistem kapitalis, kamu perlu untuk mengembangkan bisnismu hingga bercabang untuk mengumpulkan modal yang lebih banyak.

Kamu juga akan dimanjakan dengan desain grafis game yang nostalgia dan musik saloon atau jazz tahun 50-an yang akan membuat kamu betah. 

Hebatnya lagi, game ini gratis untuk dimainkan dan memiliki review rating Very Positive di Steam. 

Spesifikasi AdVenture Capitalist:

OS *: Windows XP (Steam hanya support untuk windows 10 keatas mulai Januari 2024)

Memory: 512 MB RAM

DirectX: Version 9.0

Storage: 60 MB available space

  1. Cry of Fear

Kalau kamu suka dengan game horror FPS, maka Cry of Fear adalah jawabannya. Game buatan Team Psykskallar ini memiliki desain grafis yang sangat mengingatkan pada game seri Half Life atau CS 1.6 atau CS:CZ. 

Baca Juga: Begini Cara Counter Hero OP Mobile Legend 2024, Dijamin Pasti Winstreak!

Game yang dirilis tahun 2013 lalu ini menjanjikan cerita single player yang panjang dan selama 8 jam. Ceritanya pun dibuat multiple ending dengan banyak unlockables untuk membuat kamu semakin masuk ke dalam ceritanya. Game ini menceritakan protagonis yang terjebak di kota terbengkalai di setting Scandinavia. Protagonis berusaha mencari jawabannya dengan harus mengeksplor kota ini yang dipenuhi makhluk menakutkan. Dapatkan protagonis (kamu) mendapatkan jawabannya? Atau malah jadi gila?

Atmosfer yang menegangkan sudah pasti ada di game ini dengan soundtrack original yang semakin membuat atmosfer menakutkan. Musuh yang ada pun juga akan muncul dalam bentuk jumpscare. Hal yang menarik adalah ada banyak fitur pemain yang sangat realistis seperti bisa kehabisan stamina saat berlari dan bisa tersandung saat lari saat naik tangga. 

Menariknya, game ini Sepenuhnya gratis dengan rating review Very Positive di Steam. 

Spesifikasi Cry of Fear:

Minimum

OS *:Windows® 7 (32/64-bit)/Vista/XP) (Steam hanya support untuk windows 10 keatas mulai Januari 2024)

Processor:1 ghz

RAM:1024 MB 

GPU:128MB Video Card with OpenGL support

Penyimpanan:5 GB HD space

Recommended:

OS *:Windows® 7 (32/64-bit)/Vista/XP) (Steam hanya support untuk windows 10 keatas mulai Januari 2024)

Processor: 2 ghz

RAM:2048 MB RAM

GPU:512MB Video Card with OpenGL support

Penyimpanan: 7 GB HD space

Additional:Microsoft .NET Framework 4 Required

  1. Emerland Solitaire: Endless Journey

Rekomendasi game Steam ringan 2024 berikutnya adalah Emerland Solitaire: Endless Journey. Kamu jago main Solitaire? Emerland Solitaire: Endless Journey menawarkan pengalaman bermain Solitaire dengan grafis modern.

Selain itu, game buatan Rainbow Games juga lebih dari sekedar Solitaire. Kamu akan dimanjakan dengan level yang banyak dengan banyak tantangan untuk membuktikan keahlian bermain solitaire. Game ini juga memiliki sistem Companion untuk membantumu saat bermain.

Game ini bisa kamu dapatkan dengan gratis di Steam dengan review rating Mostly Positive

Spesifikasi Emerland Solitaire: Endless Journey:

OS : Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10. (Steam hanya support untuk windows 10 keatas mulai Januari 2024)

Processor: 1000 Mhz

RAM: 1024 MB

DirectX: Version 9.0c

Storage: 200 MB available space

  1. The Game Of Life 2 

Permainan tabletop yang cukup legendaris ini hadir kembali dengan tampilan yang fresh. Kali ini, dibuat Marmalade Game Studio Ltd menghadirkan Game Of Life ke dunia game modern di Steam. 

Selayaknya permainan tabletop-nya, game ini merupakan gabungan antara simulator kehidupan dan permainan ular tangga atau monopoli. Dengan kejadian dalam kehidupan ditentukan dari nasib dan keberuntungan dari jumlah langkah yang kamu dapatkan. 

Review rating The Game Of Life 2 di Steam adalah Very Postive yang menandakan bahwa game ini diterima dengan baik dengan pengguna Steam. 

Spesifikasi The Game Of Life 2:

OS *: Windows 7 (Steam hanya support untuk windows 10 keatas mulai Januari 2024)

Processor: 2 GHz single core processor. 64-bit processor dan operating system

GPU: DirectX 10 class GPU [1280 x 720]

Penyimpanan: 600 MB available space

  1. Fallout Shelter

Salah satu dari game dari seri legendaris dari Bethesda yakni adalah Fallout Shelter. Game ini memiliki rating review Very Positive yang artinya game ini sangat diterima pengguna Steam. 

Berbeda dari game Fallout yang berupa FPS, Fallout Shelter berfokus pada manajemen bunker untuk membuat para Dwellers bahagia dan aman dibawah kendali kamu. Di waktu yang bersamaan, kamu harus menjaga sistem bunker tetap berjalan dan menguntungkan bagi semua pihak. Fallout Shelter memiliki elemen RPG yang dipadupadankan dengan simulasi  

Temukan barang rongsokan dan ubah itu jadi sesuatu yang berguna melalui sistem Crafting. Kamu juga perlu melindungi para Dwellers dari ancaman kehidupan setelah perang nuklir dengan membentuk tim petarung yang optimal.

Secara desain, Fallout Shelter memiliki tampilan kartun yang mengingatkan kita pada game Flash zaman dahulu

Fallout Shelter bisa kamu dapatkan di Steam dengan gratis. Namun, kamu perlu perhatikan spesifikasinya berikut ini: (tenang saja, tidak berat kok)

OS *: Windows 7 64 bit (Steam hanya support untuk windows 10 keatas mulai Januari 2024)

Processor: Intel Core 2 Quad CPU Q9550 @2.83GHZ 64-bit processor dan operating system

RAM: 2 GB

Graphics: NVIDIA GeForce GTS 250 1Ghz, Radeon HD 6970 1GHz

Penyimpanan: 2 GB available space

  1. Papers, Please

Rekomendasi game Steam ringan 2024 berikutnya adalah Papers, Please. Game ini memiliki rating review Overwhelmingly Positive dengan banyak pengakuan dari nilai sangat bagus dari IGN dan Eurogamer.  

Game buatan Lucas Pope yang di publish oleh 3909 memiliki gameplay yang unik. Kamu adalah seorang petugas inspektur imigrasi negara komunis Arstotzka. Negara ini baru saja menyelesaikan konflik perang selama 6 tahun dengan negara tetangga Kolechia dan berhasil mendapatkan kota perbatasan Grestin. 

Nah, disinilah kamu harus menjadi petugas imigrasi perbatasan yang bisa menyortir dengan benar orang-orang mencurigakan yang akan masuk ke negara Arstotzka. Kamu harus bisa membaca dokumen dan peraturan yang telah ditetapkan dengan jeli untuk mengetahui mana imigran yang berbahaya (mata-mata, teroris, dan penyelundup) dan mana yang tidak.

Berikut spesifikasi Papers, Please: 

OS *: Windows XP or later (Steam hanya support untuk windows 10 keatas mulai Januari 2024)

Processor: 1.5 GHz Core2Duo. 64-bit processor and operating system

RAM: 2 GB 

GPU: OpenGL 1.4 or better

Storage: 100 MB available space

Resolusi: Minimum 1280x720 

  1. King Of Crabs

Rekomendasi game Steam ringan 2024 berikutnya adalah King of Crabs. Pernahkah kamu membayangkan ada game Battle Royale kepiting? Benar sekali, game ini adalah seperti itu. Game ini adalah buatan dari Robot Squid dan Spilt Milk Studios Ltd dan dirilis cukup September 2023 lalu. Game ini dinilai oleh pengguna Steam dengan rating Mostly Positive. 

Baca Juga: Build dan Emblem Edith ML Season 33: Jadi Super Sakit! Dijamin Musuh Kewalahan

Selayaknya game Battle Royale, kamu akan dipertarungkan dengan 100 kepiting lain dan berusaha menjadi yang terakhir selamat. 

Uniknya, kamu bermain sebagai kepiting melawan kepiting lain menggunakan senjata seperti pedang, tingkat pemukul, hingga senjata. Setiap kepiting pun juga memiliki keahliannya sendiri-sendiri. Dijamin deh, dengan ide unik dan kocak ini, kamu akan merasakan keseruan yang tiada tara saat bermain King of Crabs secara gratis. 

Berikut Spesifikasi King of Crabs: 

OS *: Windows Vista / 7 / 8 / 10 (Steam hanya support untuk windows 10 keatas mulai Januari 2024)

Processor: 2.0 GHz Dual Core Processor 64-bit dan operating system

RAM: 512 MB 

GPU: GeForce 8800 or equivalent

DirectX: Version 9.0c

Storage: 120 MB available space

  1. Eternium

Bagi kalian yang suka bermain game RPG dengan desain yang terinspirasi dengan game Diablo, Eternium cocok untuk kamu mainkan. Game ini sebenarnya telah rilis duluan di Android. Namun, Dream Primer memutuskan untuk merilis game ini secara gratis di Steam pada 2023 lalu. Game ini telah mendapatkan review rating Very Positive dari pengguna Steam. 

Kamu bisa membuat karakter mu sendiri dan memilih pilihan kelas seperti Mage, Warrior, atau Bounty Hunter. Kamu juga bisa memilih banyak jenis senjata yakni pedang, kapak, tongkat sihir. Setiap kelas karakter nantinya akan memiliki banyak cabangan skill yang banyak sehingga kamu bisa membuat karakter yang unik. Eternium juga menyediakan beragam atmosfer tempat (Dungeon) yang akan kamu eksplor. 

Berikut spesifikasi Eternium: 

OS *: Windows 7 (Steam hanya support untuk windows 10 keatas mulai Januari 2024)

Processor: Intel® Pentium® D or AMD® Athlon™ 64 X2

RAM: 4 GB 

GPU: NVIDIA® GeForce® 8 Series, ATI™ Radeon™ HD 2000 Series, Intel® HD Graphics 2000

DirectX: Version 10

Penyimpanan: 1024 MB available space

  1. Brawlhalla

Rekomendasi game Steam ringan 2024 berikutnya adalah Brawlhalla. Game ini jelas terinspirasi dari seri terkenal milik Nintendo yakni Smash Bros. Kamu akan bermain secara online dengan 3 pemain lain untuk berusaha membuat damage ke pemain lain dan menjatuhkan pemain itu keluar lapangan atau keluar frame. Kamu bisa memilih banyak karakter yang memiliki kemampuannya masing-masing. Game ini memiliki rating review Very Positive yang membuat game ini banyak diterima oleh pengguna Steam. 

Spesifikasi Brawlhalla:

Minimum

RAM: 2 GB 

Penyimpanan: 800 MB available space

Recommended:

RAM: 4 GB RAM

Network: Broadband Internet connection

Penyimpanan: 2 GB available space

  1. Stumble Guys

Rekomendasi game Steam ringan 2024 yang terakhir adalah Stumble Guys. game ini sempat viral karena terinspirasi dari Fall Guys. sama seperti Eternium, Stumble Guys awalnya rilis di Android dulu, Setelah itu Scopely memutuskan untuk merilisnya di Steam juga. 

Seperti Fall Guys, kamu akan bermain online dengan pemain banyak dan berusaha untuk mencapai finis pada sebuah level dengan selamat tanpa jatuh. Ada banyak rintangan di sebuah level dan juga pergerakan karakter kamu terbatas. Ditambah lagi, kamu juga harus “bertarung” dan senggol-senggolan dengan pemain lain sebagai bagian dari rintangan dan keseruan game ini. Kamu bisa mendapatkan game Stumble Guys secara gratis di Steam

Spesifikasi Stumble Guys:  

OS: Windows 10

Processor: Intel Core 2 Duo E8400 | AMD Phenom II X4 965 64-bit processor dan operating system

RAM: 4 GB 

GPU: AMD Radeon HD 7750 | NVIDIA Geforce GTX 260

Penyimpanan: 512 MB available space

Sekian mengenai rekomendasi game Steam ringan 2024 yang bisa kamu langsung coba. Game-game ini dijamin masih bisa dimainkan bila kamu memiliki laptop atau PC dengan spek yang rendah. Bisa dilihat bahwa setidaknya kamu membutuhkan laptop atau PC dengan RAM 4 GB untuk memainkan semua game rekomendasi kami. Kamu bisa mendapatkan Laptop atau PC dengan RAM lebih dari itu di DB Klik toko komputer Surabaya

Rekomendasi kami untuk laptop dengan RAM setidaknya 4 GB adalah Lenovo IdeaPad 1 14IGL7-8BID. Laptop ini memiliki RAM 8 GB DDR4-2400 dengan penyimpanan 512 GB SSD NVMe PCIe Gen 4. Dengan prosesor Intel Celeron N4020, kamu pasti sudah mampu memainkan beberapa game dari rekomendasi kami. Kamu bisa mendapatkan Lenovo IdeaPad 1 14IGL7-8BID seharga Rp 4.875.000,- di DB Klik toko komputer Surabaya melalui tautan ini

Apabila kamu memiliki PC kamu bisa menambah RAM kamu dengan menggunakan RAM Corsair Vengeance LPX varian RAM DDR4-3200 dengan kapasitas 8 GB. Kamu bisa mendapatkan RAM tersebut dengan harga Rp 445.000,- di DB Klik toko komputer Surabaya melalui tautan ini

Kesimpulan

Untuk mengusir rasa bosan saat waktu luang kamu, kamu bisa simak rekomendasi game Steam ringan 2024 dari kami. Game rekomendasi kami ini ada yang bisa kamu dapatkan dengan gratis sekarang. Selain itu, beberapa game memiliki ide yang unik dan pasti akan menyenangkan untuk dicoba. Kami sarankan untuk perhatikan lagi mengenai spesifikasi minimum atau recommended yang sudah dijabarkan di artikel ini. (IN)



DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.   

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti Media Sosial DBklik untuk mendapatkan berita terbaru dari kami. diskon ,promo dan event menarik lainnya.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DBKlik dan dapatkan kemungkinan kupon diskon.