RAM Kecepatan Tinggi Latency Rendah Gak Sampai 500 Ribu! Berikut Review Corsair Vengeance LPX DDR4-3200 8 GB
RAM Kecepatan Tinggi Latency Rendah Gak Sampai 500 Ribu! Berikut Review Corsair Vengeance LPX DDR4-3200 8 GB

RAM Kecepatan Tinggi Latency Rendah Gak Sampai 500 Ribu! Berikut Review Corsair Vengeance LPX DDR4-3200 8 GB

Created by Digital Marketing Review

DB KLIK - Review Corsair Vengeance LPX DDR4-3200 8GB bisa menjadi pilihan RAM terbaik bagi yang ingin upgrade PC dengan harga dibawah 500 ribu. RAM ini memiliki kecepatan tinggi dan latency rendah untuk menunjang produktivitas kerjamu atau untuk bermain game.

RAM adalah komponen yang bekerja sama dengan prosesor untuk menjalankan operasi dasar PC. Orang akan mencari RAM dengan performa tinggi dan berkapasitas besar agar bisa efisien dalam memproses data operasi yang banyak dengan cepat. Namun, letak keunggulan RAM terbaik sebenarnya adalah melalui perhitungan latency (dalam nanosecond) yang rendah. Corsair menjawab kebutuhan RAM dengan latency rendah dengan harga terjangkau melalui seri Vengeance LPX DDR4-3200 8GB. 

Corsair memberikan kode C16 di RAM ini yang artinya memiliki CAS Latency sebesar 16 clock cycle. Nah, kita akan coba hitung bersama latency sebenarnya RAM ini di pembahasan review Corsair Vengeance LPX DDR4-3200 8GB di sini. Jadi, simak terus ya!

RAM Kecepatan Tinggi Latency Rendah Gak Sampai 500 Ribu! Berikut Review Corsair Vengeance LPX DDR4-3200 8 GB

Pada review Corsair Vengeance LPX DDR4-3200 8GB kali ini, kami akan membahas mengenai kelebihan yang disertai penjelasan pada RAM ini. Tanpa basa-basi lagi mari kita bahas RAM ini.

Penampakan Fisik Low Profile Tanpa RGB yang Elegan

Kita mulai review Corsair Vengeance LPX DDR4-3200 8GB dengan membicarakan penampakan packaging dan tampilan luarnya. RAM ini datang dengan boks dengan desain khusus Corsair dengan aksen warna putih, hitam dan kuning. Di dalam boks, kamu akan mendapat kepingan RAM-nya dan buku manual yang memiliki beberapa bahasa. Kepingan RAM diletakkan pada tatakan plastik yang di molding mengikuti bentuk RAM Vengeance LPX ini. 

Beralih ke penampakan fisik kepingan RAM-nya, kamu akan mendapatkan RAM dengan form factor DIMM yang berwarna dominan hitam. Tulisan “Vengeance” berwarna kuning terang hadir di panel depan bagian atas diikuti oleh tulisan “LPX” berwarna putih. Lalu, dibawahnya lagi, terdapat tulisan “DDR4” berwarna putih juga.

Kamu akan memahami bahwa bodi kepingan RAM ditutup oleh semacam “pagar” berbahan metal. Itu adalah heat spreader berbahan dasar anodized aluminum. Heat spreader ini didesain untuk menyalurkan panas dari setiap modul yang ada di RAM ini. Heat spreader ini juga memberikan kesan garang dan “industrial” pada RAM ini.

Lalu, kamu mungkin juga sadar bahwa tidak ada lampu RGB gaming di RAM ini. RAM ini cocok untuk kamu yang kurang suka dengan “wah”-nya lampu RGB gaming. Ini membuat RAM ini memiliki kesan minimalis low profile yang mungkin disukai oleh beberapa kalangan tertentu. 

Performa Optimal Dengan Kecepatan Tinggi, Kapasitas Besar, dan Latency Rendah

Satu keunggulan seri Vengeance LPX DDR4 dari Corsair ini adalah performa tinggi yang optimal. Ini dikarenakan oleh rating kecepatan maksimal dari RAM ini adalah di angka 3200 MT/s setelah di overclock XMP 2.0 dengan voltase listrik 1.35V. Bila kecepatan tanpa XMP, akan ada di angka 2133 MT/s dengan voltase 1.2V. Sebagai catatan, kecepatan 3200 MT/s sudah terhitung salah satu yang tercepat pada generasi modul DDR4. 

Baca Juga: 4 Langkah Mudah Overclock RAM PC Pakai XMP, Main Game Berat Lebih Lancar!

Perlu digaris bawahi bahwa overclock menggunakan XMP bukan hal yang berbahaya. XMP adalah profil overclock perkembangan dari Intel yang aman. Tentu saja, motherboard kamu juga harus mendukung XMP melalui BIOS-nya. 

Dalam, keadaan memakai XMP, angka deret latency yang telah di tes di RAM ini adalah 16-20-20-38, sedangkan dalam keadaan tanpa XMP adalah 15-15-15-36. Setelah kami hitung, latency sebenarnya dari Vengeance LPX DDR4 setelah XMP adalah hanya 10 Nanosecond. Artinya, RAM ini hanya memiliki delay selama 10 nanosecond untuk memproses dan menyajikan data. Bahkan, dalam keadaan tanpa XMP, RAM ini masih memiliki latency sebenarnya di angka 14 nanosecond. Tanpa XMP pun RAM ini masih memiliki performa yang tidak memalukan namun, kamu jelas ingin selalu menyalakan XMP untuk mendapatkan performa latency yang lebih rendah lagi. Bagi yang penasaran dengan cara menghitung latency sebenarnya dari RAM, kamu bisa cek disini

Kapasitas yang kami review adalah RAM 8GB. Kapasitas ini adalah sudah lebih dari cukup untuk dipakai pada perangkat untuk kerja seperti di kantor atau kerja dari rumah. Lebih dari itu, kamu masih bisa memilih opsi untuk konfigurasi RAM dual channel bila motherboard kamu mendukung ini.

Baca Juga: 3 Cara Memasang RAM PC 4 Slot Dengan Mudah, Jangan Sampai Salah Langkah!

Harga yang Terjangkau

Dengan performa dan kualitas yang akan kamu dapat, Corsair tidak mematok harga tinggi untuk RAM ini. RAM Corsair Vengeance LPX DDR4-3200 8GB dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau yakni Rp 445.000,-. Harga ini juga sesuai dengan harga yang ditawarkan oleh DB Klik toko komputer Surabaya. Kamu bisa cek harga RAM Corsair Vengeance LPX DDR4-3200 8GB ini di website resmi DB Klik melalui tautan ini.

Spesifikasi Lengkap

Untuk semakin memperjelas mengenai spesifikasi lengkap dari RAM Corsair Vengeance LPX DDR4-3200 8GB, berikut adalah rincian lengkap spesifikasi dari RAM ini:

Nama Produk : Memory Series VENGEANCE LPX

  • Memory Size : 8GB (1 x 8GB

  • Memory Type : DDR4

  • Memory Format : DIMM

  • Memory Pin : 288

  • Performance Profile : XMP 2.0

  • Heat Spreader : Anodized Aluminum 

  • Latency (XMP) : 15-15-15-36

  • Latency (non-XMP) : 16-20-20-38  

  • Speed (XMP) :  3200 MT/s @1.35V

  • Speed (non-XMP) : 2133 MT/s @1.2V 

Seperti  yang telah disampaikan diatas, kamu bisa mendapatkan RAM Corsair Vengeance LPX DDR4-3200 8 GB di website resmi DB Klik toko komputer Surabaya melalui tautan ini. Bila kamu tertarik untuk memiliki versi RAM Kit 16 GB (2 x 8GB) dari RAM ini kamu bisa menuju ke tautan ini.


Kesimpulan

Itulah tadi review Corsair Vengeance LPX DDR4-3200 8GB. RAM ini adalah pilihan tepat untuk yang ingin upgrade PC dengan harga yang terjangkau yakni dibawah 500 ribu. Dengan harga segitu, kamu sudah mendapatkan RAM DDR4-3200 kapasitas 8 GB dengan latency yang sangat rendah saat memakai XMP 2.0. Untuk perhitungannya lengkapnya, kamu bisa simak di artikel ini. Lalu, RAM ini juga sudah memiliki heat spreader berbahan metal untuk pendinginan optimal. 



DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.