Perakit PC Wajib Tahu Apa Itu Thermal Paste: Lengkap Dengan Cara Mengaplikasikannya ke CPU
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Perakit PC Wajib Tahu Apa Itu Thermal Paste: Lengkap Dengan Cara Mengaplikasikannya ke CPU

Perakit PC Wajib Tahu Apa Itu Thermal Paste: Lengkap Dengan Cara Mengaplikasikannya ke CPU

DB KLIK - Mengetahui apa itu Thermal Paste dan bagaimana cara mengaplikasikan Thermal Paste adalah hal penting untuk diketahui perakit PC gaming handal. Setelah paham pembahasannya di artikel ini, kamu akan menyadari pentingnya thermal paste untuk PC gaming kamu. 

Kebanyakan orang akan mementingkan performa saja saat merakit PC gaming. Padahal, sistem pendinginan pada PC gaming rakitan juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Pasalnya, semakin tinggi performa suatu sistem PC gaming, maka semakin banyak listrik yang dipakai dan semakin mudah panas. Bila pendinginan PC gaming tidak diperhatikan, jangan harap komponen PC (yang tidak murah itu) akan bertahan lama. Nah, salah satu trik untuk mendinginkan CPU dengan efektif adalah dengan menggunakan Thermal Paste. 

Memangnya, apa itu Thermal Paste dan bagaimana cara mengaplikasikan Thermal Paste? Bagi yang ingin CPU PC gaming-nya tetap dingin, maka kamu perlu simak pembahasan mengenai Thermal Paste di artikel ini.

Perakit PC Wajib Tahu Apa Itu Thermal Paste: Lengkap Dengan Cara Mengaplikasikannya ke CPU

  • Apa itu Thermal Paste?

Tidak ada cara yang lebih baik untuk membuka pembahasan ini dengan mulai membahas mengenai apa itu thermal paste. Seperti namanya, Thermal Paste adalah pasta berisi zat atau bahan tertentu yang diaplikasikan pada diantara CPU dan heat sink. Pasta ini berisi zat atau bahan berupa metal cair yang mengefektifkan proses transfer panas (pembuangan panas) dari CPU. 

Bahan-bahan yang digunakan adalah bahan yang efektif menjadi konduktor panas (metal cair) seperti aluminum oxide, boron nitride, zinc oxide, dan aluminum nitride. Pada thermal paste kelas tinggi, pasta ini adalah metal cair yang terdiri dari gallium, indium, dan tin

Kamu bisa membeli thermal paste secara terpisah dalam bentuk tube seperti pasta gigi atau kontainer seperti balsem yang juga disertai aplikator berbentuk seperti sendok. Ada juga thermal paste yang dikemas didalam alat seperti suntikan.  

Ada beberapa heat sink CPU atau AIO Liquid Cooler yang sudah menyertai thermal paste didalam boksnya. Namun, kamu perlu mengaplikasikannya sendiri. Simak terus untuk cara mengaplikasikannya.

  • Bagaimana Cara Kerja Thermal Paste?

Secara esensi, Thermal Paste meminimalisir udara yang bisa terselip diantara heat sink dan CPU yang membuat transfer panas tidak efektif

Bila kamu perhatikan, heat sink atau AIO liquid cooler memiliki kepala yang diletakkan menempel di atas CPU. Secara desain, lempengan pendingin pada heat sink atau AIO liquid cooler yang menempel pada CPU memiliki permukaan beralur kecil-kecil yang masih memungkinkan udara terselip.        

Kamu tentunya tidak ingin aliran panas ini merembet keluar disela-sela antara CPU dan heat sink, membuat transfer panas tidak efektif. Selain itu, kamu juga tidak ingin udara dari luar, yang dimana udara dari dalam casing PC yang “tidak segar”, juga ikut tercampur dan semakin memanaskan CPU. Nah, disinilah Thermal Paste membantu “mengisolasi” jalan transfer panas antara heat sink dan CPU.

Seiring dengan penggunaan, thermal paste menjadi mengering dan kehilangan keefektifan fungsinya. Maka, penting untuk melakukan pengecekan rutin melakukan aplikasi ulang thermal paste bila dirasa perlu.

  • Kenapa Kamu Membutuhkan Thermal Paste?

Kenapa thermal paste penting? Karena ini adalah satu-satunya cara untuk mendinginkan CPU di dalam PC rakit. 

Perlu diperhatikan bahwa komponen dalam PC yang paling sering panas adalah CPU dan GPU. GPU umumnya sudah memiliki heat sink dan kipas pendinginnya sendiri. Sedangkan CPU hanya mengandalkan kipas pendingin yang dipasang di casing, itupun kalau kamu memasangnya secara efektif. Lalu, kipas pendingin hanya menyedot udara panas CPU, bukan mendinginkan “besi” CPU-nya. Disinilah fungsi utama kombinasi thermal paste dan heat sink atau AIO liquid cooler. 

Baca Juga: Arah Kipas PC yang Benar Seperti Apa? Pembahasan Sirkulasi Udara Casing PC Disini!

Mengingat fungsi CPU adalah yang paling utama di PC, pendinginan CPU wajib harus baik dan efektif. CPU yang terlalu panas akan mengakibatkan sistem lag, stutter, atau yang parah adalah tiba-tiba shutdown dan blue screen. 

  • Cara Mengaplikasikan Thermal Paste Dengan Benar

Tenang saja, tim DB Klik sudah menyiapkan cara mengaplikasikan thermal paste yang terbaik untuk kamu. Berikut adalah caranya:


  • Ada baiknya, sebelum kamu mengaplikasikan thermal paste, kamu bisa membersihkan permukaan CPU dulu. Kamu bisa mengoleskan Cotton Bud yang dibaluri Isopropyl Alchohol ke permukaan CPU. Lalu, kamu bisa mengeringkan permukaan CPU memakai tisu kering. 

  • Bila kamu memakai aplikator sendok, ambillah seujung sendokan dan ratakan secara menyeluruh di atas CPU. ratakan dengan benar dan jangan sampai ada gunungan.

  • Bila kamu memakai aplikator berbentuk suntik, suntikkan thermal paste sebesar biji kacang di keempat ujung sudut lempengan CPU dan satu ditengah-tengah CPU.

  • Satu lagi cara dengan memakai aplikator suntik yakni menyuntikkan zat dalam bentuk garis yang sejajar dengan “Core” didalam CPU. Namun, kamu harus mengetahui seperti apa susunan “Core” didalam CPU yang tidak terlihat dari luar. 


Setelah memahami penjelasan mengenai apa itu thermal paste, sekarang saatnya kamu mencoba sendiri untuk mengaplikasikan thermal paste sendiri. Kamu jadi tidak perlu ke tukang service hanya untuk mengaplikasikan thermal paste. Mengingat fungsi CPU krusial untuk sistem PC rakitan, pendinginan CPU haruslah efektif. Bila kamu ingin pendinginan yang lebih efektif untuk CPU PC rakitan, kamu bisa sekalian memakai AIO liquid cooler sekaligus dengan thermal paste. Pastikan untuk menggunakan AIO liquid cooler yang berkualitas yang tersedia di DB Klik

Salah satu rekomendasi AIO liquid cooler yang datang bersama thermal paste adalah Armaggeddon Tesseraxx Deep Freeze Pro 360 yang tersedia di DB Klik toko komputer Surabaya. AIO liquid cooler ini telah memakai kepala pendingin dengan dasar berbahan perunggu yang disertai dengan 3 kipas (3 x 12 cm, 360) pendingin serta radiator aluminium. Kamu bisa langsung menuju ke website resmi DB Klik melalui tautan ini. Kamu juga bisa dapatkan Armaggeddon Tesserraxx Deep Freeze Pro versi dengan dua kipas (240, 240 mm) melalui tautan ini. Kamu juga bisa kunjungi showroom DB Klik Surabaya di alamat ini

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan mengenai apa itu thermal paste dan bagaimana cara mengaplikasikan thermal paste. Thermal paste adalah hal yang penting sebagai satu-satunya cara mendinginkan CPU bersamaan dengan heat sink CPU cooler atau AIO liquid cooler. CPU memiliki fungsi krusial bagi keseluruhan sistem PC gaming dan juga sangat mudah menjadi panas. Maka, kamu wajib menjaganya tetap dingin agar memiliki performa optimal dan berumur panjang. Diperlukan cara mengaplikasikan thermal paste dengan benar dan efektif yang sudah kami bahas di artikel ini.  


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.