Penjelasan Fitur G-Sync Di Monitor Gaming: Ternyata Ada Tingkatannya Loh!
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Penjelasan Fitur G-Sync Di Monitor Gaming: Ternyata Ada Tingkatannya Loh!

Penjelasan Fitur G-Sync Di Monitor Gaming: Ternyata Ada Tingkatannya Loh!

DB KLIK - Memilih periferal gaming bisa menjadi tantangan mengingat ada banyak sebutan fungsi yang asing bagi konsumen awam. Salah satu sebutan fitur ini adalah G-Sync. Memangnya, apa itu G-sync? Berikut adalah penjelasan fitur G-Sync di monitor gaming. 

Tampilan grafis adalah fungsi yang krusial untuk gamer. Pasalnya, bagaimana caranya kamu bermain game tanpa adanya tampilan yang keluar melalui monitor? Pada zaman modern ini, tampilan game sudah memiliki standar tinggi dengan tampilan super tajam dan pergerakan super mulus. Ini mudah diwujudkan melalui gamenya sendiri, kartu grafis yang dipakai, dan monitor gaming dengan fitur G-Sync. 

Sebenarnya, apa itu G-Sync? Kenapa para gamer selalu mencari fitur ini di monitor gaming pilihan mereka? Berikut Tim DB Klik siapkan penjelasan fitur G-Sync di monitor gaming yang mudah dipahami bagi kalian yang ingin upgrade monitor biasa menjadi monitor gaming dengan pilihan yang tepat. 

Penjelasan Fitur G-Sync Di Monitor Gaming: Ternyata Ada Tingkatannya Loh!

Apa Itu G-Sync? Bagaimana Cara Kerja G-Sync?

Kita mulai penjelasan fitur G-Sync di monitor gaming dari apa itu G-Sync. G-Sync adalah sebuah fitur inovasi teknologi tampilan yang fungsi utamanya adalah meminimalisir screen tearing dan stuttering pada tampilan game. Hasilnya adalah tampilan yang lebih mulus secara visual dan respon input. Nvidia pertama kali memperkenalkan teknologi ini pada tahun 2013 lalu. 

Baca Juga: 6 Langkah Mudah Mengubah Refresh Rate Monitor PC di Windows: Optimalkan Layarmu untuk Performa Maksimal

Screen tearing adalah sebutan sebuah distorsi tampilan yang disebabkan oleh refresh rate game yang tidak sesuai dengan refresh rate monitor. Hasilnya adalah distorsi berupa ada garis patah atau “sobek” pada tampilan game. Biasanya, ketidaksesuaian disebabkan oleh refresh rate game lebih tinggi daripada yang dimiliki monitor. Sehingga terjadi “antrian” frame yang menumpuk menunggu untuk ditampilkan. Bersamaan dengan itu, respons input juga ikut terganggu.  

Nah, G-Sync memberikan solusi pada masalah ini dengan mengatur dan mensinkronkan refresh rate minimum dan maksimum dengan dukungan sumber daya dari kartu grafis atau GPU Nvidia yang dipakai. Lebih tepatnya, adalah menggunakan chip variable refresh rate yang ada di GPU Nvidia.  

Benar, fitur G-sync merupakan fungsi yang harus dipakai dengan kartu grafis Nvidia yang dipakai di PC gaming kamu. Bagi pengguna AMD, fitur yang sama adalah Freesync.  

Kelebihan Fitur G-sync

Fitur G-Sync akan memberikan beberapa keuntungan untuk sebuah monitor, terutama monitor gaming yakni: 

  • Meminimalisir input lag

  • Kejelasan pergerakan gambar yang meningkat

  • Produksi warna yang lebih realistis dan kaya dengan gradien yang lebih mulus

  • Pengaturan kecerahan yang lebih baik 

Tingkatan Fitur G-Sync Di Monitor Gaming

Tidak banyak orang tahu, bahkan para gamer sering lupa, bahwa fitur G-Sync ternyata memiliki tingkatan. Tingkatan ini ada 3 yakni:

  • G-Sync Compatible 

  • G-Sync (True G-Sync)

  • G-Sync Ultimate (sebelumnya, G-Sync HDR)

G-Sync Compatible adalah sebutan untuk monitor yang mampu memberikan performa variable refresh rate yang bagus. Namun, bukan dari menggunakan sumber daya chip variable refresh rate yang disediakan GPU Nvidia. Bisa dibilang bahwa G-Sync Compatible adalah jenis terendah yang dimana monitor ini sekedar di validasi oleh Nvidia langsung mengenai performa refresh ratenya. Biasanya, monitor jenis ini juga memiliki harga yang termurah diantara monitor G-Sync lain. 

Baca Juga: Membongkar Rahasia Akurasi Warna: Panduan Lengkap Color Test Monitor

G-Sync atau True G-Sync adalah monitor yang sudah menggunakan teknologi G-Sync dengan sumber daya dari chip GPU Nvidia sebenarnya. Nvidia juga sudah memvalidasi ini dengan melakukan pengetesan sebanyak 300 kali. Monitor dengan G-Sync akan memiliki akses untuk melakukan variable refresh rate dengan menggunakan refresh rate yang disediakan GPU yakni dari jangkauan 1 Hz sampai 360 Hz. Ini akan menghasilkan perpindahan refresh rate yang mulus dan menghasilkan tampilan yang mulus maksimal. Tidak seperti G-Sync Compatible yang akan berpindah refresh rate pada angka yang fixed yakni antara 30, 60, 90, atau 144 Hz yang dimana saat perpindahan mungkin akan “terasa” di tampilannya. 

G-Sync Ultimate adalah sebutan untuk monitor G-Sync yang selain bisa G-Sync sebenarnya, juga ditambah dengan teknologi HDR, kontras, reproduksi warna, dan input latency rendah yang mumpuni. Semua ini diperlukan oleh para gamer atau pekerja seni yang memerlukan reproduksi warna paling jelas dan terbaik dari sebuah monitor. 

Apakah Monitor G-Sync Bisa Dipakai untuk GPU AMD

Jawaban yang mengejutkan adalah iya, bisa. Khusus untuk monitor G-Sync (true) dan G-Sync Ultimate, monitor ini bisa dipakai PC dengan GPU AMD. maka, monitor G-Sync (true) adalah pilihan terbaik untuk gamer fleksibel yang mungkin ingin berpindah ke GPU AMD saat ingin upgrade. Kamu jadi tidak perlu mengganti monitor untuk mendapatkan teknologi yang sama dari GPU AMD. 

Menariknya lagi, kamu juga bisa mengaktifkan Nvidia G-Sync di GPU Nvidia ke monitor dengan AMD Freesync. Bila kamu memang ingin melakukan praktek “bertukar-tukar” ini, kami sarankan untuk tetap membaca buku panduan atau bertanya lebih jelas kepada jasa layanan pelanggan dari produsen monitor itu untuk informasi lebih jelasnya. 

Spesifikasi Fitur G-Sync

Fitur ini tetap memiliki permintaan perangkat keras minimum. Untuk bisa menggunakan fitur G-Sync (true) dengan optimal, kamu membutuhkan GPU Nvidia GTX 650 Ti atau lebih baik dan harus disambungkan ke port Displayport 1.2 atau lebih di monitornya. Ditambah, kamu harus minimal memakai OS Windows 10 dengan driver R340.52. 

Baca Juga: Mengenal HDMI Vs Displayport: Lengkap Kekurangan, Kelebihan untuk Monitor PC Gaming

Untuk fitur G-Sync Ultimate, kamu harus memakai GPU Nvidia GTX 1050 atau lebih baik yang tersambung ke Displayport 1.4 di monitornya. Ditambah, kamu harus minimal memakai OS Windows 10 dengan driver R396 GA2. 

Sekian mengenai penjelasan G-Sync di monitor gaming. Setelah memahami penjelasan di artikel ini, apakah monitor gaming G-Sync pantas didapatkan? Apabila kamu adalah gamer kompetitif yang membutuhkan kecepatan respons dan output tampilan mulus maksimal, terutama genre FPS, kamu jelas sangat membutuhkan monitor gaming G-Sync. Selain itu, apabila kamu adalah pekerja seni video atau animasi, tampilan gambar yang mulus dari monitor G-sync akan kamu apresiasi juga. Kamu bisa mendapatkan monitor gaming dengan G-Sync (true) di DB Klik toko komputer Surabaya.

Rekomendasi monitor gaming G-Sync (True) dari kami adalah dari AOC AGON AG241QG yang sekarang tersedia di DB Klik. Monitor ini menurut daftar G-Sync dari Nvidia sendiri sudah tersertifikasi memiliki G-Sync True. monitor ini hadir dengan panel layar TN 24 inch dengan resolusi 2560 x 1440. Monitor ini sudah memiliki standar gaming dengan refresh rate bawaan 165 Hz dengan G-Sync yang melalui Displayport 1.4 serta response time hanya 1 ms. untuk kenyamanan maksimal, monitor memiliki leher ergonomis bisa tilt, swivel, dan pivot agar kamu bisa menemukan aturan yang sesuai selera kamu. Monitor gaming  AOC AGON AG241QG ini terhitung terjangkau dengan harga Rp 2.215.000,- di DB Klik toko komputer Surabaya melalui tautan ini

Kesimpulan 

Itulah tadi penjelasan fitur G-Sync di monitor gaming dari kami. Kamu jadi memahami mengenai apa itu G-Sync, kelebihan, tingkatan, serta spesifikasi fitur ini di monitor gaming setelah membaca artikel ini. 


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti Media Sosial DBklik untuk mendapatkan berita terbaru dari kami. diskon ,promo dan event menarik lainnya.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DBKlik dan dapatkan kemungkinan kupon diskon.