Membongkar Mitos dan Fakta Tentang Mouse Gaming: Nggak Asal DPI Tinggi Aja!
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Membongkar Mitos dan Fakta Tentang Mouse Gaming: Nggak Asal DPI Tinggi Aja!

Membongkar Mitos dan Fakta Tentang Mouse Gaming: Nggak Asal DPI Tinggi Aja!

DB KLIK - Mouse menjadi sebuah periferal super penting bagi gamers. Dalam perjalanan mencari mouse gaming terbaik, perlu pemahaman yang benar terkait mouse gaming. Berikut Tim DB Klik akan membantumu membongkar mitos dan fakta tentang mouse gaming. 

Mouse gaming dengan performa tinggi dan fitur terkini sudah menjadi kebutuhan utama gamer sejati. Pasalnya, semua game kompetitif modern (terutama FPS) mengandalkan input mouse akurat dan responsif. Untuk menjadi seorang gamer terbaik, Kamu perlu memiliki keunggulan teknis mutlak di antara pemain online lain. Mouse gaming berkualitas tinggi bisa membantumu dalam hal ini.

Namun, gamer banyak dibingungkan dengan sebutan istilah komponen yang dipakai di sebuah mouse gaming. Untuk mencegah kamu memakai mouse gaming yang salah untuk sesi online ranked kamu, berikut Tim DB Klik akan mencoba membongkar mitos dan fakta tentang mouse gaming. So, let’s check it out

Membongkar Mitos dan Fakta Tentang Mouse Gaming: Nggak Asal DPI Tinggi Aja!

  1. Optical Mouse Memiliki Performa Yang Lebih Rendah Daripada Mouse Laser

Mitos dan fakta tentang mouse gaming yang pertama adalah ini. Jawabannya adalah iya namun, bukan dalam segi performa “mentah”. Untuk menjelaskannya, kita perlu memahami tentang teknologi sensor mouse secara singkat.

Pemahaman “mouse optik” sebenarnya sedikit rancu. Semua mouse adalah menggunakan sensor optik atau menggunakan sistem berdasarkan cahaya. Mouse bisa dibilang adalah peripheral optik, Baik mouse zaman dahulu yang menggunakan bola roller (mouse mekanial), hingga sekarang yang telah memakai lampu. Namun, perbedaannya adalah cara mereka memakai cahayanya.

 

Mouse yang umum sekarang yakni menggunakan lampu (umumnya berwarna merah). Mouse akan memancarkan lampu ke permukaan mouse bekerja, dan akan membuat input arah berdasarkan pemetaan tangkapan pantulan cahaya dari permukaan dalam bentuk titik-titik. Pemetaan tangkapan titik-titik ini adalah alasan adanya penyebutan DPI atau Dots per Inch. secara simpel, sebenarnya mouse optik adalah sebuah kamera cahaya kecil.  

Nah, mouse laser dan mouse optik semuanya memakai sistem pemetaan tangkapan cahaya menjadi titik yang sama. Keduanya memakai CMOS sensor yang juga teknologi yang dipakai di kamera digital. Hanya saja, mouse laser menggunakan lampu LED yang lebih bagus. Ini menyebabkan: 

  • Mouse laser bisa dipakai dengan baik di permukaan kaca. Permukaan kaca adalah musuh dari sensor optik karena akan memantulkan input titik yang terlalu terang sehingga tidak bisa terbaca dengan baik. Masalah ini tidak ada di mouse laser karena hasil pantulan dari lampu LED yang lebih bagus bisa diterima lebih baik oleh sensor CMOS.  

  • Hasil pemetaan pantulan cahaya-titik mouse laser lebih detail. Ini menghasilkan pergerakan kursor yang lebih konsisten dan responsif. 

  1. Sensor Mouse Bisa Mendeteksi Permukaan

Jawabannya adalah bukan seperti itu. Mitos dan fakta tentang mouse gaming ini masih berhubungan dengan penjelasan sebelumnya. Sensor mouse bukan mendeteksi atau men-scan permukaan. Melainkan sensor mouse hanya mendeteksi titik yang dihasilkan dari pantulan cahaya pada permukaan. 

Nah, setiap permukaan memiliki bentuk pantulan cahayanya masing-masing, ada yang jelas atau tidak jelas. Jadi, sensor mouse hanya mengandalkan “kejelasan” titik hasil pantulan cahaya dari permukaan, bukan mendeteksi permukaannya. 

Bila kamu berada di permukaan yang menghasilkan titik yang tidak jelas, kamu akan mendapati bahwa kursor mouse akan putus-putus karena input yang tidak jelas. 

  1. DPI Tinggi Lebih Baik Untuk Bermain Game

Jawabannya adalah ya dan tidak. Seperti yang sudah disebutkan bahwa DPI berhubungan dengan seberapa banyak titik yang diterima sensor CMOS dalam ukuran bidang per inci. Semakin tinggi DPI maka akan berpengaruh pada seberapa sensitif mouse saat digerakkan. Hasilnya, kursor bergerak lebih banyak dengan pergerakan yang lebih sedikit yang memiliki kesan kursor bergerak dengan cepat sehingga lebih “sensitif”

Apakah pergerakan super sensitif ini selalu baik? Jawabannya adalah tergantung si pengguna. Untuk bermain game FPS, mouse DPI tinggi kurang cocok karena kamu akan kesusahan membidik karena gerakan kecil saja sudah bisa membuat kursor terlempar. Hasilnya, bidikan kamu akan terlalu susah dikontrol. Gamer juga menggunakan muscle memory untuk mengotomasi pergerakan dan mouse sensitif akan memiliki adaptasi muscle memory yang lebih susah. 

Mouse DPI tinggi akan bagus bila dipasangkan dengan monitor gaming dengan resolusi tampilan tinggi dan ukuran layar yang sebesar 32 Inch seperti Lenovo G32qc-30. Ini karena kursor mouse akan bergerak lebih mulus dan lebih cepat di “bidang” yang lebih besar, yakni pada monitor resolusi tinggi dengan ukuran layar yang besar. 

Banyak produsen seperti Razer mouse telahn membuat mouse gaming memiliki tombol tersendiri untuk mengubah DPI secara langsung. Tombol DPI biasanya dibuat bertingkat dan pengguna tinggal memencet ulang untuk berpindah dan akan memutar kembali ke DPI rendah.  

  1. DPI dan Polling Rate Tinggi Adalah Kombinasi Terbaik Untuk Main Game

Jawabannya adalah salah. Yang benar adalah kombinasi DPI rendah dan polling rate tinggi. Berikut penjelasan mitos dan fakta tentang mouse gaming yang ini. 

Untuk bermain game kamu ingin DPI rendah di kisaran angka 800-2000 DPI. Ini bertujuan untuk membuat sensor mouse menerima sinyal yang lebih sedikit atau ringkas. Sensor mouse akan lebih efektif kerjanya dengan hanya akan mengambil sinyal spike dimana sensor mouse akan menerima input. Kesan yang akan kamu dapatkan adalah kursor mouse bergerak lebih lambat namun lebih konsisten. Kamu bisa mengatasi ini dengan meningkatkan settingan sensitivitas mouse pada game. Kamu perlu mencoba-coba pengaturan untuk menemukan angka yang cocok untuk kam. Lalu, kombinasikan DPI rendah ini dengan polling rate 500-1000Hz atau lebih agar mouse melakukan pelaporan posisi mouse terkini dengan lebih rapat

Terakhir, gunakan permukaan yang cocok untuk bermain game. Kami sangat menyarankan menggunakan mousepad atau deskmat seperti Mouse Pad Gaming Altec Lansing ALMP-7204. Bila kamu memakai mouse optik, gunakan mousepad dengan permukaan kain khusus yang menghasilkan permukaan yang datar mulus. Kalau kamu menggunakan mouse laser, kamu bisa memakai mousepad permukaan kain yang sangat tipis dengan ketebalan 1,5 mm ke bawah.     

  1. Polling Rate Hingga 8000 Hz Adalah Yang Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi mouse gaming, telah muncul beberapa mouse dengan polling rate super tinggi yakni 4000 Hz hingga 8000 Hz. apakah ini lebih baik? Jawabannya adalah iya namun dengan beberapa pertimbangan. 

Polling rate 8000 Hz akan menghasilkan latensi laporan posisi sebesar 0.125 ms. diatas kertas, ini adalah angka latensi yang sangat singkat dan ini memang benar. Namun, bila dipakai saat bermain, sebagian besar orang tidak akan bisa merasakan perbedaan input dalam milidetik atau bahkan dibawah 1 milidetik. Sebenarnya, mouse dengan polling rate 1000 Hz (Latensi 1 ms) sudah sangat cukup.  

Selain itu, semakin tinggi polling rate membutuhkan daya yang lebih banyak untuk mengakomodasi tingkat pelaporan yang lebih sering. Ini bisa dari baterai mouse gaming wireless dengan polling rate tinggi yang cepat habis atau baterai laptop kamu juga lebih cepat habis. Ditambah lagi, penggunaan polling rate tinggi hanya dipakai untuk situasi atau teknik tertentu saat bermain game.

Dan yang terakhir, hingga 2024, mouse dengan polling rate super tinggi diatas 1000 Hz masih memiliki harga yang cukup mahal. Ditambah lagi dengan perlunya dongle tambahan untuk bisa memberikan polling rate setinggi itu. 

  1. Mouse Gaming Dengan Sensor Pixart Selalu Berperforma Tinggi

Jawabannya adalah tidak benar. Pixart memang adalah produsen sensor mouse yang berkualitas tinggi dan banyak dipakai produsen mouse gaming. Namun, sensor Pixart memiliki tingkatan

Sebagai gambaran, Pixart 3325 adalah sensor entry level gaming, Pixart 3327 adalah sensor middle level, sedangkan Pixart 3395 adalah yang terbaik. Kode sensor Pixart juga bukan berurutan, maksudnya kode terkecil artinya yang terendah. Kamu bisa cek tingkatannya disini. Perhatikan kolom speed dan acceleration dengan angka yang semakin besar artinya semakin tinggi performanya. 

  1. Mouse Feet PTFE Adalah Yang Terbaik

Jawabannya adalah tidak benar. Mouse feet PTFE adalah yang terbaik dari bawaan pabrik. Ada mouse feet aftermarket yang berbahan dasar kaca yang memiliki performa lebih baik daripada mouse feet PTFE. Mouse feet kaca ini secara prinsip bisa bertahan selamanya, tidak seperti PTFE atau bahkan UPE yang memiliki umur. Mouse feet berbahan kaca akan memberikan gesekan terendah dan bila dipasangkan dengan mousepad berkualitas tinggi akan memberi kesan mouse kamu “berselancar” di mouse pad.

  1. Semakin Ringan Bobot Mouse Semakin Baik

Jawabannya adalah iya benar. Teknologi pembuatan mouse sudah sampai di tahap dimana mouse bisa berbobot hingga 60 gram saja, bahkan ada hingga 40 gram saja. Semakin ringan mouse gaming memiliki beberapa keunggulan diantaranya:

  • Tidak membuat tangan cepat letih saat dipakai bermain game lama

  • Kami sarankan kombinasikan dengan mouse feet kaca dan mouse pad berkualitas tinggi. Kamu akan rasakan mouse akan berselancar dengan sangat mudah.     

Sekian pembahasan membongkar mitos dan fakta tentang mouse gaming dari kami. Setelah tercerahkan terkait mitos dan fakta tentang mouse gaming, kini saatnya kamu bisa memilih mouse gaming di DB Klik yang tepat untuk kamu. 

Rekomendasi kami adalah mouse gaming dengan kabel dari kami adalah MSI Clutch GM31. mouse ini sudah memakai Pixart 3360 dengan kecepatan 250 IPS dan akselerasi 50 G. Selain itu, bobot mouse ini hanya 59 gram saja. Kamu bisa mendapatkan MSI Clutch GM31 seharga Rp 505.000,- di DB Klik toko komputer Surabaya melalui tautan ini

Bila kamu ingin mencoba mouse gaming wireless berperforma tinggi, kami merekomendasikan Logitech G304 dengan sambungan Lightspeed wireless dongle kembangan Logitech sendiri. Mouse ini memakai sensor HERO Logitech yang setara dengan Pixart 3335. Kamu bisa mendapatkan Logitech G304 seharga Rp 465.000,- di DB Klik toko komputer Surabaya melalui tautan ini

Kamu juga bisa mendapatkan mouse MSI Clutch GM31 dan Logitech G304 diatas dengan mengunjungi Showroom DB Klik Surabaya di alamat ini

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan membongkar mitos dan fakta tentang mouse gaming dari kami. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah tentang DPI, DPI dan Polling Rate, kinerja sensor, dan performa sensor yang sudah dijabarkan di artikel ini. Jangan lupa untuk memperhatikan bobot mouse dan mouse feet yang dipakai juga.   


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti Media Sosial DBklik untuk mendapatkan berita terbaru dari kami. diskon ,promo dan event menarik lainnya.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DBKlik dan dapatkan kemungkinan kupon diskon.