Mengenal HDMI Vs Displayport: Lengkap Kekurangan, Kelebihan untuk Monitor PC Gaming
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Mengenal HDMI Vs Displayport: Lengkap Kekurangan, Kelebihan untuk Monitor PC Gaming

Mengenal HDMI Vs Displayport: Lengkap Kekurangan, Kelebihan untuk Monitor PC Gaming

DB Klik - High Defintion Multimedia Interface (HDMI) dan Displayport (DP) sering ada secara berdampingan di monitor dan kartu grafis modern. Nggak yakin mau pakai yang mana? Berikut pembahasan HDMI vs Displayport, lengkap dengan kekurangan dan kelebihannya untuk monitor PC gaming.

Teknologi antarmuka display terus berkembang pesat, selaras dengan kemajuan komponen komputer lainnya. Saat ini, HDMI dan DP menjadi standar populer karena kemampuannya menghadirkan sinyal video dan audio berkualitas tinggi secara bersamaan. Hal ini terlihat jelas pada monitor modern yang umumnya dilengkapi dengan port HDMI dan DP berdampingan. Selain itu, HDMI dan DP juga sudah menjadi pilihan utama output pada kartu grafis terbaru.

Lantas, mana yang lebih baik untuk monitor PC gaming? Bila kamu penasaran tentang mana yang lebih baik, mari simak pembahasan HDMI vs Displayport di artikel ini untuk mengetahui jawabannya

Mengenal HDMI vs Displayport: Lengkap Kekurangan, Kelebihan untuk Monitor PC Gaming

Sejarah Konektivitas Display

Tak kenal maka tak sayang, kita harus berkenalan dengan HDMI dan DP terlebih dulu, dan sambungan display berkaitan lainnya. 

Bisa dikatakan bahwa DP dan HDMI adalah menjadi standard sambungan display saat ini, dan sudah seperti itu sejak dua dekade lalu. Benar, HDMI pertama kali rilis pada tahun 2002 dan DP rilis pertama kali pada tahun 2006. Keduanya sama-sama memakai standard sinyal digital atau sinyal angka biner (0 dan 1). Tentu saja perangkat pemrosesan grafis-lah yang akan mengolah data biner ini. 

Beberapa konektivitas display generasi sebelumnya yang mungkin kamu pernah dengar adalah VGA, DVI, composite video, EGA, dan CGA. generasi sebelumnya masih menggunakan sinyal analog yang memiliki transmisi data yang tidak stabil yang mudah terkena gangguan. Bisa dibilang generasi sebelumnya sudah secara alami tergantikan dengan sinyal digital yang lebih optimal, para produsen pun juga memahami hal ini. 

HDMI vs Displayport: Perbandingan Fisik

Bagi yang awam, penampakan fisik kepala HDMI dan DP yang cukup mirip mungkin menipu. Perbedaan paling jelas dari sambungan adalah dilihat dari ujung seperti ini

Terlihat bahwa HDMI berbentuk seperti trapesium sedangkan DP seperti memiliki sisi yang sama dengan HDMI dengan tambahan perpanjangan di sisi satunya. 

Dibandingkan HDMI yang menggunakan 19 pin, DisplayPort (DP) unggul dengan 20 pin. Keunggulan utama DP terletak pada desainnya yang dilengkapi pengait. Pengait ini berfungsi untuk mencegah kabel terlepas secara tidak sengaja dan memperkuat koneksi saat terpasang. Fitur ini tidak umum ditemukan pada HDMI, dan hanya beberapa model saja yang memilikinya.

Lalu, HDMI tidak memiliki panjang kabel secara resmi. Meskipun begitu, disarankan untuk memiliki panjang kabel maksimum 2 meter untuk performa HDMI paling optimal. Tetapi HDMI tetap bisa menjalankan fungsinya pada kabel hingga sepanjang 13-15 meter. DP memiliki panjang maksimal resmi sepanjang 3 meter. Alhasil, kabel DP umumnya memiliki panjang sedikit lebih pendek daripada HDMI.    

Baca Juga: Ternyata Ini Cara Set Up Dual Monitor! Gampang Banget!

HDMI vs Displayport: Perbandingan Performa Output Display

Performa Output Display HDMI

HDMI mengirimkan sinyal tampilan digital dan sinyal audio berkualitas tinggi. Umumnya, pada konfigurasi PC, sinyal ini dikirim dari kartu grafis (melalui I/O kartu grafis) atau kartu grafis terintegrasi (melalui I/O motherboard) menuju ke HDMI yang ada di badan monitor. Versi HDMI yang akan sering kamu temui di perangkat elektronik komersial adalah HDMI 1.4, HDMI 2.0, HDMI 2.1, dan HDMI 2.1. Berikut perincian output resolusi dan refresh rate yang didukung HDMI pada ukuran layar monitor secara umum (FHD sampai 4K):

HDMI sudah mendukung HDR pada versi HDMI 2.0 keatas saja. Lalu fitur EARC yang memungkinkan kamu memproses sinyal audio Dolby:Atmos atau DTS:X baru hadir pada HDMI versi 2.1. Lalu, untuk bandwidth-nya adalah:

  • HDMI 1.4: 10,2 Gbps

  • HDMI 2.0: 18 Gbps

  • HDMI 2.1: 48 Gbps

Performa Output Display DP

DP sebenarnya juga sama dengan HDMI yakni mengirimkan sinyal tampilan dan audio berkualitas tinggi. Kartu grafis modern juga sudah ada port DP-nya, begitu juga dengan monitor modern. Pada umumnya, kamu akan sering menemui DP versi 1.2, 1.3, 1.4, dan 2.0. Berikut perincian output resolusi dan refresh rate yang didukung DP pada ukuran layar monitor secara umum (FHD sampai 4K):

DP sudah mendukung HDR pada versi DP 1.4 keatas. Lalu, untuk bandwidth-nya adalah:

  • DP 1.2: 21.6 Gbps

  • DP 1.3: 32.4 Gbps

  • DP 2.0 - 2.1: 80 Gbps   

Dari penjabaran ini, terlihat bahwa secara bandwidth dan dukungan refresh rate pada resolusi yang sama, DP menang jauh dari HDMI. 

Terkait refresh rate, perlu dipahami bahwa untuk setiap konfigurasi resolusi, refresh rate yang ditampilkan adalah tidak sesuai dengan dukungan maksimal antarmuka, melainkan mengikuti monitor. Misalkan, pada resolusi 1920 x 1080 (FHD) 10 bit, HDMI 2.0 mampu memberikan 202 Hz. Bila monitor gaming kamu terhitung bisa menampilan 144 Hz, maka tampilan sebenarnya adalah mengikuti refresh rate maksimal dari monitor yakni 1920 x 1080 @144Hz.

Baca Juga: 6 Langkah Mudah Mengubah Refresh Rate Monitor PC di Windows: Optimalkan Layarmu untuk Performa Maksimal

Besaran bandwidth ini sangat penting karena mengindikasikan kemampuan untuk mengirim sinyal grafis yang lebih besar dalam satu waktu.  

Perbandingan Fitur HDMI dan DP

HDMI dan DP memiliki fiturnya masing-masing dalam beberapa aspek. Ini adalah sesuai dengan perkembangan masing-masing produsen kabel ini. 

Fitur HDMI

  • Mendukung Variable Refresh Rate (VRR) Nvidia G Sync hanya pada versi HDMI 2.1

  • Mendukung EARC. apabila kamu memiliki soundbar yang mendukung EARC, kamu bisa memakai HDMI untuk mengirimkan sinyal audio Dolby Atmos atau DTS:X.

  • Lebih ramah dengan banyak kartu grafis. Banyak kartu grafis sudah menyediakan port HDMI dari yang kelas bawah hingga kelas atas. Ini dikarenakan HDMI memang ada terlebih dahulu. Kartu grafis kelas tinggi seperti seri  RTX 30 dan AMD RX 6000 sudah pasti menerima bandwidth hingga HDMI 2.1. 

  • Lebih kompatibel ke banyak perangkat. HDMI lebih sering tersedia di banyak komponen seperti player Blu-Ray, projector, TV/Smart TV, perangkat streaming, soundbar, PS4, PS5, hingga Xbox

Fitur DP

  • Multi Stream Transport (MST). Diperkenalkan pertama kali pada DP 1.2, DP bisa menampilkan beberapa tampilan berantai pada satu koneksi DP. meskipun begitu, bandwidth adalah harus mengikuti yang disediakan. Secara teori, kamu bisa menampilkan hingga 63 tampilan berbeda secara bersamaan menggunakan DP. 

  • DP dan Nvidia adalah pasangan serasi. Nvidia melalui fitur G Sync di monitor lebih condong ke DP sebagai sambungan pilihannya. Bila kamu memakai kartu grafis Nvidia dan memakai monitor dengan G Sync, kamu harus memakai DP untuk kompatibilitas maksimal

  • Bentuk Alternatif Type-C. USB Type-C Thunderbolt 2, 3, dan 4 semuanya merangkap sebagai DP. tapi, kamu mungkin perlu melakukan cek ulang untuk perangkat yang ada USB Type-C Thunderbolt apakah mereka benar-benar mendukung DP. namun, secara umum, Thunderbolt 2 mendukung DP 1.2, Thunderbolt 3 mendukung DP 1.4, Thunderbolt 4 mendukung DP 1.4 juga.  

HDMI vs Displayport: Mana yang Lebih Baik

Jadi secara garis besar, untuk mendapatkan output tampilan grafis visual terbaik untuk monitor gaming atau multimedia, antarmuka DP adalah yang terbaik dengan asumsi di monitor yang tepat. Ini dikarenakan dengan bandwidth yang lebih besar, dukungan refresh rate yang lebih tinggi untuk setiap konfigurasi resolusinya, serta “ramah” dengan kartu grafis Nvidia untuk fitur G Sync. 

Namun, bila kamu ingin kualitas audio yang imersif saat gaming atau multimedia, HDMI adalah yang paling tepat dengan asumsi perangkat dan media yang tepat. Ini dikarenakan fitur EARC yang ada di HDMI dan tidak ada di DP. fitur ini memungkinkan kamu mengirimkan sinyal audio dari teknologi Dolby:Atmos atau DTS:X. 

Namun, Bila kamu berada di situasi dimana monitor kamu hanya menyediakan port HDMI 2.0 dan DP 1.2. Maka, kamu lebih baik memilih memakai HDMI 2.0 untuk mendapatkan fitur HDR yang lebih baik daripada yang standar dari DP 1.2. Selalu pilih versi HDMI atau DP yang lebih baru dari satu sama lainnya

Secara pengalaman penggunaan, kedua antarmuka ini kami nilai setara. HDMI unggul dengan kompatibilitas universal di banyak perangkat seperti smart TV, PS5/XBOX, dan projector. namun , DP juga unggul dengan antarmuka rangkap dengan USB Type-C Thunderbolt yang mulai banyak ada di perangkat mobile modern. Secara panjang kabel optimal pun HDMI dan DP sebelas duabelas perbandingannya (HDMI 2 meter, DP 3 meter). Kamu tetap kurang bisa untuk memasang layar tampilan yang jauh sekali dari CPU nya. Namun, untuk keamanan antarmuka, DP unggul dengan pengait yang memastikan DP tidak mudah lepas dan kokoh saat ditancapkan.

Setelah memahami mengenai pembahasan HDMI vs Displayport yang telah kami jabarkan, sekarang kamu jelas membutuhkan monitor yang memang mendukung HDMI dan DP bersamaan. Dengan adanya dua antarmuka ini di sebuah monitor, kamu juga bisa berganti-ganti untuk antarmuka yang dipakai. Apabila kamu ingin bermain game kompetitif yang membutuhkan refresh rate tinggi, maka kamu bisa pakai DP. lalu, bila kamu ingin melihat film atau multimedia lain dengan audio menggelegar berkualitas tinggi, kamu bisa menukar menggunakan HDMI. 

Rekomendasi monitor seperti ini yang tepat adalah Monitor Gaming Aiwa MD3203-V yang saat ini tersedia di DB Klik toko komputer Surabaya. Monitor ini memiliki resolusi FHD (1920 x 1080) 8 bit dengan refresh rate 240 Hz yang juga disertai dengan dukungan G Sync Nvidia. Maka, antarmuka DP 1.2 atau 1.4 sudah sangat cukup untuk monitor ini. Dan ini sesuai dengan port DP 1.4 yang ada di monitor ini. Port HDMI yang tersedia adalah versi HDMI 2.0. Kamu bisa mendapatkan monitor ini seharga Rp 2.475.000,- di website resmi DB Klik toko komputer Surabaya melalui tautan ini. Kamu juga bisa kunjungi showroom DB Klik di alamat ini.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan HDMI vs Displayport untuk mengetahui mana yang lebih baik untuk monitor. Akhirnya, hasil sebenarnya adalah tergantung ke monitor yang dipakai dan kebutuhan kamu memakainya. Bila untuk gaming, DP mungkin yang terbaik. Namun untuk kualitas audio tertinggi, maka HDMI lebih tepat. Perbandingan resolusi tampilan serta fitur antara HDMI dan DP sudah dijelaskan secara lengkap di artikel ini   


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.