Mengenal Fitur Baru Pin Pesan WhatsApp! Begini Cara Sematkan Pesannya
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Mengenal Fitur Baru Pin Pesan WhatsApp! Begini Cara Sematkan Pesannya

Mengenal Fitur Baru Pin Pesan WhatsApp! Begini Cara Sematkan Pesannya

DB Klik - Fitur baru pin pesan ini telah dirilis WhatsApp beberapa waktu lalu. Fitur baru pin pesan ini memungkinkan pengguna untuk menyematkan pesan di posisi paling atas dalam jendela percakapan, sehingga memudahkan pengguna dalam menemukan pesan penting dalam percakapan panjang personal chat atau grup chat.


Banyak pesan yang menumpuk di ruang obrolan WhatsApp, tak jarang membuat kita kesulitan dalam mengecek kembali pesan yang sedang dibutuhkan. WhatsApp memang memiliki beberapa fitur yang berkaitan dengan kemudahan menjangkau pesan yang penting, tapi prosesnya membutuhkan waktu cukup lama. Setelah beberapa waktu lalu diisukan akan meluncurkan fitur baru, WhatsApp akhirnya resmi memberlakukan fitur Pin yang akan memudahkan pengguna menyematkan pesan penting di bagian atas jendela percakapan dalam rentang waktu tertentu. Melalui laman resminya, WhatsApp mengumumkan peluncuran ini.


Apa Itu Pin Pesan Whatsapp?

Di WhatsApp, fitur pin pesan memungkinkan pengguna menyematkan pesan tertentu dalam percakapan, baik dalam personal chat atau grup chat. Pesan yang di-pin tetap berada di atas percakapan dan tidak akan tergantikan oleh pesan baru. Dengan memungkinkan berbagai jenis pesan, seperti gambar, emoji, teks, dan polling, WhatsApp memungkinkan pengguna mem-pin pesan penting yang ingin kita simpan atau ingat secara cepat dan mudah.



Di lain sisi, penyematan ini tidak bersifat permanen dan terbatas. Pasalnya, pesan yang disematkan hanya bisa berlangsung paling lama satu bulan,  sedangkan jumlah pesannya hanya bisa satu. Selain itu, tidak semua anggota suatu grup obrolan bisa menyematkan pesannya. Hal ini bergantung pada admin grup apakah ia mengizinkan penyematan pesan atau tidak


Baca Juga: 5 Larangan WhatsApp yang Bikin Akun Terancam Diblokir, Jangan Salah Langkah!


Cara Pin Pesan WhatsApp

Untuk menggunakan fitur pin pesan di WhatsApp, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp

  • Pilih percakapan atau grup yang ingin kamu pin pesannya.

  • Klik tahan pesan yang ingin kamu pin.

  • Pilih opsi "Pin" dari menu yang muncul.

  • Pilih durasi pin yang diinginkan, yaitu 24 jam, 7 hari, atau 30 hari.

Selamat! Kamu telah berhasil mem-pin pesan di WhatsApp.


Cara Unpin Pesan WhatsApp 

Jika Kalian ingin menghapus pin dari pesan yang telah di-pin sebelumnya, Kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pilih pesan yang ingin Kalian unpin.

  • Pilih opsi "Unpin" dari menu yang muncul.

  • Pesan yang telah di-unpin akan kembali ke posisi semula dan dapat digantikan oleh pesan-pesan baru.

Hal Yang Perlu Di Perhatikan

  • Pesan yang di-pin dalam grup akan terlihat oleh semua anggota grup, dan ada pemberitahuan sistem yang akan dikirimkan kepada semua anggota terkait pesan yang di-pin dan siapa yang melakukan pin.

  • Pengguna yang bergabung dengan grup setelah pesan di-pin dikirimkan tidak akan dapat melihat pesan yang telah di-pin sebelumnya.

  • Jika pengguna kehilangan atau menghapus riwayat percakapan atau menghapus pesan sebelum pesan tersebut di-pin, mereka tidak akan dapat melihat pesan yang di-pin.


Kesimpulan

Fitur baru pin pesan WhatsApp sangat bermanfaat untuk menyoroti dan mengutamakan pesan penting dalam percakapan. Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah mengakses pesan yang ingin diingat atau diakses kembali dengan cepat. Selain itu, fitur pin pesan memberi admin grup lebih banyak kontrol untuk mengatur penggunaan fitur ini. Dengan cara ini, pengguna dapat mengoptimalkan penggunaan WhatsApp sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.


Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.