Membongkar Perbedaan GDDR dan DDR: Tulisannya Hampir Sama, Tapi Ternyata Beda Jauh!
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Membongkar Perbedaan GDDR dan DDR: Tulisannya Hampir Sama, Tapi Ternyata Beda Jauh!

Membongkar Perbedaan GDDR dan DDR: Tulisannya Hampir Sama, Tapi Ternyata Beda Jauh!

DB Klik - Seringkali, istilah GDDR dan DDR membingungkan para pengguna PC, karena keduanya sama-sama merujuk pada jenis memori. Mari kita bedah perbedaan GDDR dan DDR yang mendasar yang pecinta PC wajib ketahui.

Disaat kamu melihat-lihat spesifikasi kartu grafis, kamu pasti menjumpai istilah GDDR. Kamu lantas bingung, apa hubungannya kartu grafis dan RAM (yang ada istilah DDR)? Jangan-jangan kamu sedang melihat produk RAM, bukan kartu grafis. Tenang, teknologi GDDR dan DDR secara prinsip memiliki inti yang sama yakni teknologi Double Data Rate, namun dengan konfigurasi dan peruntukan yang berbeda jauh.

Masih bingung? Daripada kamu malah tertukar-tukar istilahnya, mari simak artikel ini yang akan mengupas tuntas perbedaan GDDR dan DDR. Let’s check it out!

Membongkar Perbedaan GDDR dan DDR: Tulisannya Sama, Tapi Ternyata Beda Jauh! 

  • Apa itu GDDR?

GDDR adalah singkatan dari Graphics Double Data Rate yang artinya ini adalah teknologi memori yang khusus untuk kartu grafis. Sedangkan DDR adalah Double Data Rate yang merupakan teknologi memori yang khusus untuk RAM sebuah PC.

  • Perbedaan GDDR dan DDR, Penyebutan Hampir Sama Tapi Nyatanya Berbeda Jauh

Meskipun memiliki sebutan yang sama yakni DDR, namun perlu diluruskan bahwa GDDR dan DDR adalah dua teknologi yang berbeda. Arsitektur perhitungan performanya berupa kecepatan dan bandwidthnya pun berbeda. Mari kita ulas satu persatu terkait perbedaannya.

Perbedaan Penggunaan

GDDR hanya akan kamu temui pada sebuah komponen pemrosesan grafis, yang dimana sampai sekarang hanyalah pada komponen kartu grafis yang terpisah. 

Sedangkan DDR digunakan pada komponen RAM yang memang didesain untuk berjalan bersama dengan CPU sebagai tulang belakang operasi dasar sebuah PC. DDR sudah dipakai pada banyak jenis RAM seperti RAM DIMM, SO-DIMM, dan U-DIMM. Bahkan perkembangannya, LPDDR, yang diperuntukkan untuk CPU Mobile yang ada di laptop, mini PC, atau PC AIO.

Apakah ini artinya perkembangan RAM lebih pesat dari kartu grafis? Bukan seperti itu. Penilaian seperti itu tidak masuk akal karena kedua komponen ini memiliki maksud yang berbeda dalam sebuah kesatuan sistem PC. Kedua komponen ini berkembang dengan arahnya sendiri-sendiri dan tidak dalam sudut pandang “berlomba”. 

Perbedaan Performa Berupa Bandwidth

GDDR didesain untuk memiliki bandwidth besar dan tidak berfokus pada latency untuk digunakan pada kartu grafis, terutama yang kelas tinggi. GDDR5 atau GDDR6 akan lebih sering digunakan secara optimal pada kartu grafis performa tinggi seperti seri GTX atau RTX dari Nvidia, bukan di CPU. 

Bandwidth yang besar ini adalah karena workload sebuah perangkat grafis yang akan memproses data grafis yang berbeda dengan data operasi dasar. Bila RAM ke CPU menggunakan GDDR, maka GDDR justru malah akan memperlambat performa CPU. ini dikarenakan data grafis biasanya tersedia dalam “bongkahan” yang besar. Oleh karena itu, GDDR digunakan di kartu grafis dan mengarahkan data grafis ke kartu grafis sebagai GPU atau CPU khusus grafis.

Sebaliknya, DDR didesain dengan fokus latency yang rendah daripada bandwidth yang besar. Ini bukan berarti DDR lebih lambat, mereka hanya didesain secara berbeda. Bahkan, DDR terhitung memiliki kecepatan yang tinggi namun dengan fokus dengan latency rendah. Latency yang rendah ini krusial untuk melakukan fungsi dasar dari PC seperti menjalankan sistem OS, menjalankan program-program, termasuk dalam berkoordinasi dengan kartu grafis untuk memproses operasi grafis. Data-data operasi dasar memiliki ukuran yang kecil namun harus terproses dengan sangat efektif. 

  • Langkah Selanjutnya dari GDDR dan DDR

Seperti yang telah kami sebut, bahwa kedua teknologi ini senantiasa berkembang namun bukan dalam hal “perlombaan” 

Generasi terbaru DDR5 masih terhitung baru karena baru rilis pada tahun 2020 lalu. Arah perkembangan DDR adalah dimana generasi selanjutnya memiliki kecepatan dua kali lipat dari generasi sebelumnya. DDR5 saat ini sudah bisa mencapai 7000-8000 MT/s dengan kecepatan minimal 4800 MT/s, yang merupakan batas atas dari generasi sebelumnya DDR4. Tentang perilisan DDR6 pun masih menjadi misteri. 

Sedangkan generasi terbaru GDDR adalah GDDR7 yang barusan rilis pada bulan Maret 2024 ini. Sebelumnya, GDDR6 sudah menjadi generasi terbaru GDDR selama lebih dari 5 tahun. Dikatakan bahwa GDDR7 menjanjikan kecepatan hingga 36 Gbps per pin-nya. Nantinya, GDDR7 akan memiliki chip sampai 64 bit, 4 kali lipat lebih banyak dari 16 bit di GDDR6. Namun, sejauh penelusuran kami, masih belum ada kartu grafis komersial yang telah menyematkan teknologi GDDR7. Meskipun ada, dipastikan harganya akan sangat tinggi selayaknya sebuah perangkat dengan teknologi terbaru.

Baca Juga: Hemat Ongkos Upgrade! Ikuti 9 Langkah Cara Pasang Kartu Grafis PC Sendiri di Sini

Setelah memahami mengenai perbedaan GDDR dan DDR yang dibahas di artikel ini, sekarang saatnya kamu merasakan kecepatan kartu grafis GDDR6 yang tersedia di DB Klik toko komputer Surabaya. Kartu grafis yang bisa kamu dapatkan di DB Klik memiliki kualitas tinggi dan dijamin keaslianya dengan adanya garansi resmi.

Salah satu rekomendasi kartu grafis dengan GDDR6 adalah kartu grafis MSI GeForce GTX 1650 D6. Kartu grafis dari MSI ini memiliki basis Nvidia Geforce GTX 1650 yang sudah menggunakan teknologi GDDR6. Kartu grafis ini memiliki VRAM 4 GB dengan kecepatan maksimal 1620 Mhz (menggunakan core boost). Kamu bisa mendapatkan kartu grafis MSI GeForce GTX 1650 D6 di website resmi DB Klik toko komputer Surabaya melalui tautan ini. Atau, kamu juga bisa kunjungi Showroom DB Klik Surabaya di alamat ini.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai perbedaan GDDR dan DDR. kedua istilah ini sekilas terlihat sama dengan penyebutan DDR yang sama, namun nyatanya sangat berbeda jauh. Perbedaan ini terletak pada arsitektur spesifikasi, peruntukan penggunaan bandwidth, dan perbedaan desain secara penggunaannya. Oleh karena itu, GDDR adalah khusus untuk komponen pemroses grafis, seperti kartu grafis sedangkan DDR adalah khusus untuk komponen pemrosesan operasi dasar yakni untuk RAM di PC, laptop, dan PC AIO.


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti Media Sosial DBklik untuk mendapatkan berita terbaru dari kami. diskon ,promo dan event menarik lainnya.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DBKlik dan dapatkan kemungkinan kupon diskon.