Membongkar Mitos RAM Gaming: Jadi Kunci Kemenangan saat Main Game
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Membongkar Mitos RAM Gaming: Jadi Kunci Kemenangan saat Main Game

Membongkar Mitos RAM Gaming: Jadi Kunci Kemenangan saat Main Game

DB KLIK - Pernahkah kamu mengalami lag atau stuttering saat bermain game favorit? Salah satu penyebabnya adalah RAM (Random Access Memory) kamu kurang mumpuni. Upgrade RAM adalah solusinya. Namun, sebelum melakukannya, kamu harus tahu mitos dan fakta seputar RAM gaming.

Namun, ada banyak mitos dan fakta seputar RAM gaming yang beredar di kalangan gamer. RAM sendiri merupakan komponen penting dalam PC yang berfungsi menyimpan data sementara yang dibutuhkan game untuk berjalan dengan lancar. Sebagai gamer, kamu harus bisa mengetahui mana yang benar dan mana yang salah mengenai RAM gaming agar tidak salah beli dan bisa bermain game dengan optimal. 

Oleh karena itu artikel ini akan membantumu dengan membongkar mitos dan fakta RAM gaming dan memberikan informasi yang benar tentang RAM gaming. So, Let’s check it out! 

Membongkar Mitos RAM Gaming: Jadi Kunci Kemenangan saat Main Game

Mitos 1: Semakin Besar Kapasitas RAM, Semakin Cepat Laptop atau PC

Jawabannya adalah mitos atau salah. Ini adalah karena kecepatan RAM-lah yang menentukan performa RAM bukan semata-mata kapasitasnya saja. Bila dibandingkan, RAM 16 GB DDR3 akan lebih lambat daripada RAM 8 GB DDR4 karena generasi DDR4 lebih terkini daripada DDR3. Lalu,  bila membandingkan antara RAM 4 GB DDR4 dan RAM 8 GB DDR4, maka kapasitas 8 GB adalah yang lebih baik, bukan lebih cepat. Ini dikarenakan kapasitas lebih besar artinya lebih banyak ruang memori yang bisa dipakai, bukan artinya lebih cepat. 

Untuk mengetahui yang lebih cepat dalam satu generasi, maka kamu bisa membandingkan angka yang mengikuti generasi DDR. Angka ini adalah dalam ribuan seperti 2666, 3200, atau 2400. Angka ini adalah penanda kecepatan dari RAM. Biasanya dalam satuan MT/s atau MHz. namun, untuk lebih meluruskan, gunakan satuan MT/s. Dari angka ini, bisa dihitung mengenai kecepatan sebenarnya sebuah RAM.

Baca Juga: Upgrade RAM PC? Pahami Dulu MT/s dan Mhz agar Tak Salah Pilih!

Mitos 2: Overclocking RAM untuk Kecepatan Maksimal dari RAM

Jawabannya adalah fakta, namun dengan resiko. Inti dari overclocking adalah “memaksa” komponen bekerja diatas batas kemampuannya. Overclocking hanya kami sarankan pada yang memang berpengalaman dalam overclocking. Beberapa ancaman dari overclocking sembarangan adalah panas sistem berlebih, sistem tidak stabil, hingga kerusakan permanen pada komponen.

Mitos 3: Menutup Aplikasi yang Tidak Digunakan bisa Meningkatkan Performa RAM

Jawabannya adalah fakta atau benar, namun bukan dalam hal kecepatannya. Menutup program atau aplikasi yang tidak digunakan akan membebaskan ruang memori, bukan meningkatkan kecepatan RAM. RAM dalam keadaan memori penuh, terisi setengah, atau banyak kosong, tetap memiliki kecepatan yang konstan dan sama. Saat ruang memori terbebaskan sebagian, kamu bisa menjalankan program yang lain yang lebih dibutuhkan. Namun, pada sistem Windows yang terbaru, RAM akan diprogram untuk segera menonaktifkan program yang sudah tidak dipakai. Namun, kamu masih tetap bisa mengontrol secara manual melalui Task Manager. 

Kamu bisa mencari informasi program yang sedang berjalan dan menutupnya melalui Task Manager. Namun, kamu harus berhati-hati saat menutup program di task manager. Pasalnya, program atau aplikasi dasar (milik OS Windows) juga muncul di task manager dan bila kamu menutupnya sistem kamu akan crash.    

Mitos 4: Untuk Perangkat Gaming, RAM Diwajibkan Besar

Ini benar. Lebih tepatnya, perangkat gaming intens wajib memiliki RAM gaming yang berkapasitas besar dan memiliki generasi yang terbaru yakni DDR5 dengan konfigurasi Dual Channel. Ini dikarenakan DDR5 adalah generasi terbaru dari RAM yang berfokus pada kecepatan. Memori DDR5 saat ini sudah bisa mencapai kecepatan fantastis yakni 8000 MT/s. Dual channel adalah konfigurasi untuk semakin membuat kinerja RAM efektif yang bisa meningkatkan kecepatan pemrosesan. Biasanya, RAM dual channel akan disediakan dalam bentuk RAM kit dengan spesifikasi tertentu. Jadi bila ada  RAM kit 32 GB, maka itu akan terdiri dari 2 RAM 16 GB. Namun, untuk konfigurasi dual channel, kamu perlu memastikan kalau sistem perangkat kamu mendukung konfigurasi Dual channel. Gabungan dari kecepatan, generasi terbaru dan konfigurasi dual channel  RAM diperlukan untuk perangkat gaming agar bisa memproses operasi dasar game serta kebutuhan grafis game dengan optimal. Dalam hal ini, RAM akan bekerja sama dengan prosesor dan kartu grafis secara intens.  

Mitos 5: Menambahkan RAM Slot atau Memasang Lebih Banyak RAM di Slot yang Tersedia Selalu Lebih Baik

Jawabannya adalah benar, namun dibarengi dengan beberapa pertanyaan. Pertanyaan pertama, apakah benar kamu membutuhkan RAM lebih? Ini jatuh pada kebutuhan kamu dalam menggunakan perangkat. Bila kamu memakai perangkat untuk bekerja sehari-hari, hingga saat ini, RAM 8 GB DDR4 3200 sudah sangat cukup dan selebihnya akan mubazir. 

Baca Juga: 3 Cara Memasang RAM PC 4 Slot Dengan Mudah, Jangan Sampai Salah Langkah!

Pertanyaan kedua, apakah benar motherboard kamu mendukung pemasangan slot RAM lebih? Bila kamu merakit perangkat gaming, maka untuk memaksimalkan slot RAM, kamu harus memilih motherboard yang tepat pula. Motherboard gaming kelas tinggi sudah umum menyediakan 4 slot RAM. Namun, untuk konfigurasi, kamu perlu memperhatikan lebih terkait motherboard yang mendukung quad channel RAM. Jangan salah, karena ada beberapa motherboard gaming yang memiliki 4 slot RAM namun masih mendukung konfigurasi dual channel.   

Mitos 6: Kamu Bisa Upgrade RAM Laptop Sewaktu-waktu

Jawabannya adalah salah. Tidak semua laptop bisa ditambah atau upgrade RAM. Laptop, terutama yang untuk profesional, sangat umum menggunakan RAM yang sudah disolder. Artinya, RAM tidak bisa diupgrade dengan diganti atau ditambah. Namun, di sisi lain, ada beberapa laptop professional  yang menawarkan RAM yang disolder dan slot RAM tambahan. Namun, kamu tetap tidak bisa sembarangan menambah RAM karena akan ada batas maksimalnya. Misalkan seperti laptop Lenovo IdeaPad 3 14IAU7-CPID yang menyediakan RAM DDR4 3200 8GB yang tersolder dan satu slot RAM tambahan yang hanya bisa menerima maksimal RAM DDR4 3200 berkapasitas 8 GB. 

Untuk laptop gaming, memang sudah banyak yang RAM-nya tidak tersolder. Kamu bisa leluasa mengupgrade RAM laptop gaming kamu. Namun, tetap tidak seleluasa PC. tetap ada batasan maksimal kapasitas bahkan pada kecepatan. Misalkan seperti laptop gaming Lenovo LOQ 15IRH8-LQID yang hanya menerima upgrade RAM dengan spesifikasi DDR5 4800 hingga kapasitas 16 GB saja. 

Mitos 7: Semakin Sedikit Penggunaan RAM atau Bahkan Hingga Kosong itu Lebih Baik

Jawabannya adalah salah besar. RAM didesain untuk selalu terpakai dan terisi saat kamu menyalakan perangkat. Terisi oleh apa? Terisi oleh data operasi dasar seperti operasi OS Windows. Bila RAM kamu kosong maka RAM tidak memproses data apapun. Seharusnya, perangkat kamu tidak akan menyala bila tidak ada yang diproses di RAM. Umumnya, saat perangkat dinyalakan, RAM akan sudah terisi sekitar 30~50% yang berisi data operasi dasar. Dan jangan sekali-kali berpikir untuk memberhentikan proses dari operasi dasar karena Windows akan crash dan bisa menimbulkan kerusakan.

Setelah tercerahkan dengan penjelasan mitos seputar RAM dari kami, kamu seharusnya lebih bisa melakukan upgrade RAM laptop atau PC dengan benar. Kamu harus pastikan upgrade dengan menggunakan RAM berkualitas seperti yang tersedia di DB Klik. RAM yang berkualitas di DB Klik dijamin original dan akan disertai dengan garansi resmi yang bisa memberikan perlindungan ekstra pada RAM baru kamu.

Salah satu rekomendasi RAM untuk upgrade PC gaming kamu adalah RAM kit Corsair Vengeance LPX DDR5-5200 32GB (2 x 16 GB) yang saat ini tersedia di DB Klik toko komputer Surabaya. RAM ini menjanjikan RAM kecepatan tinggi dengan telah menggunakan modul DDR5 dengan kecepatan 5200 MT/s ditambah dengan potensi konfigurasi dual channel. Ukuran maksimal 32 GB memastikan kamu bisa menjalankan banyak program besar sekaligus mampu dipakai untuk bermain game triple A terbaru dengan lancar. Kamu bisa mendapatkan RAM kit Corsair Vengeance LPX DDR5-5200 32GB (2 x 16 GB) seharga Rp 1.9000.000,- di website resmi DB Klik toko komputer Surabaya melalui tautan ini. Atau, kamu juga bisa kunjungi showroom DB Klik Surabaya di alamat ini

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan mengenai mitos dan fakta seputar RAM. sebagai orang awam, wajar bila tidak memahami dengan baik mengenai komponen-komponen PC. RAM menjadi salah satu komponen yang tidak terlepas dari kebingungan dan misinformasi mengenai spesifikasinya. Artikel ini akan berusaha meluruskan beberapa mitos dan fakta seputar RAM. pada akhirnya, kemampuan RAM tidak melulu soal kapasitas, melainkan harus diperhatikan generasi modul dan kecepatannya. 



DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti Media Sosial DBklik untuk mendapatkan berita terbaru dari kami. diskon ,promo dan event menarik lainnya.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DBKlik dan dapatkan kemungkinan kupon diskon.