Keuntungan dan Kekurangan Monitor Portable: Sahabat Baru Pekerja Mobilitas Tinggi
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Keuntungan dan Kekurangan Monitor Portable: Sahabat Baru Pekerja Mobilitas Tinggi

Keuntungan dan Kekurangan Monitor Portable: Sahabat Baru Pekerja Mobilitas Tinggi

DB Klik - Bosan dengan monitor kaku yang itu-itu saja? Coba pertimbangkan monitor portable untuk solusi kerja yang lebih fleksibel! Tapi, sebelum buru-buru membeli, ada baiknya kamu pahami dulu kelebihan dan kekurangan dari monitor portable itu sendiri.

Dunia monitor kini semakin berkembang dengan hadirnya teknologi baru, yaitu monitor portabel. Para produsen monitor berusaha memadukan tampilan jernih monitor dengan kepraktisan dari tablet atau laptop. Hasilnya adalah solusi inovatif bagi para pekerja dengan mobilitas tinggi.

Bila kamu masih bimbang mengenai bagaimana potensi dari monitor portable bisa mendukung pekerjaanmu, maka Tim DB Klik bisa membantumu melalui artikel ini. Mari simak keuntungan dan kekurangan monitor portable yang akan kami bahas secara lengkap di sini. 

Keuntungan dan Kekurangan Monitor Portable: Sahabat Baru Pekerja Mobilitas Tinggi

Keuntungan Memakai Monitor Portable

  1. Sangat Ringkas, Partner Terbaik untuk Pekerja dengan Mobilitas Tinggi 

Keuntungan memakai monitor portable yang pertama adalah desainnya yang memprioritaskan keringkasan dan portabilitas. Monitor portable tidak menggunakan dudukan stand kaki yang besar yang perlu dibongkar pasang. Monitor portable menggunakan stand kecil yang akan diletakkan di belakang monitor. Desain stand pun akan dibuat seakan menyatu dengan desain keseluruhan bodi monitor, memberikan kesan eksklusif pada siluet monitor. 

Desain ringkas monitor portable ini memungkinkan lipatan stand yang rapi, yang membuat siluet monitor menyerupai tablet saat stand ditutup. Hal ini membuatnya mudah dibawa dan disimpan dalam tas kerja sehari-hari. Seringkali, monitor portable juga dilengkapi dengan sarung atau tas jinjing kecil dari produsen.

Pekerja dengan mobilitas tinggi akan sangat mengapresiasi keringkasan monitor portable. Kamu tidak perlu susah-susah bongkar pasang meja kerjamu di kantor apabila ingin melanjutkan pekerjaan di tempat lain. Kamu juga bisa membuat meja kerja lebih rapi dengan tidak meninggalkan monitor. 

  1. Bobot yang Sangat Ringan

Semakin mendukung ringkasnya monitor portable, bobot monitor portable kebanyakan adalah sangat ringan. Dengan rata-rata bobot hanya dikisaran 500 gram hingga 1 Kilogram saja. Ini berbeda dengan monitor konvensional yang memiliki bobot yang jauh lebih berat. Belum lagi dengan bobot tambahan dari stand. Pasalnya kamu tidak bisa memakai monitor konvensional tanpa stand, tidak seperti monitor portable. 

Monitor portabel terkenal dengan bobotnya yang ringan, berkisar antara 500 gram hingga 1 kilogram saja. Hal ini membuatnya sangat mudah dibawa ke mana saja, berbeda dengan monitor konvensional yang jauh lebih berat dengan bobot tambahan dari stand. Dengan stand monitor portable yang bisa dilipat, kamu jadi tidak perlu repot membawa stand tambahan seperti pada monitor konvensional.

  1. Partner Terbaik Untuk Pekerja Yang Membutuhkan Dua Layar

Bagi para pekerja di bidang coding, desain, dan entri data, monitor portable menawarkan solusi inovatif untuk meningkatkan produktivitas. Monitor ini dapat dengan mudah dihubungkan ke laptop atau PC sebagai layar kedua, memperluas ruang kerja digital dan meningkatkan efisiensi. Beberapa model bahkan memungkinkan tampilan portrait, memberikan fleksibilitas lebih dalam mengatur ruang kerja, terutama bagi yang kerjanya berhubungan dengan koding dan desain. Monitor portable bisa membantu dalam hal:

  • Desainer bisa memasang monitor portable secara portrait untuk menggambar atau editting. 

  • Pekerja koding bisa lebih mudah untuk membaca kodingan secara portrait. 

  • Pekerja entry data akan suka untuk bisa melihat dua tampilan spreadsheet yang berbeda untuk kecepatan bekerja optimal. 

Semua ini bisa dilakukan oleh monitor portable. Selain itu, monitor portable juga bisa membantu pekerjaan kamu secara umum, seperti:

  • Membaca data lebih mudah

  • Membantu pekerjaan utama dengan menampilkan refrensi di layar kedua

  • Menghemat waktu memindah tab atau windows

  • Mengurangi stress, keletihan, atau kebingungan melihat banyak dokumen atau program sekaligus dalam satu layar

Baca Juga: Cara Membagi Layar Monitor Menjadi 2 di Windows 11, Cocok Buat yang Multitasking

  1. Port Konektivitas yang Mudah

Monitor portable juga memperhatikan kemudahan port konektivitas. Beberapa pilihan konektivitas yang mungkin ada pada monitor portable yaitu:

  • HDMI

  • Mini HDMI

  • USB Type C (sebagai port display atau power)

  • Audio Jack

  • Kensington Lock (optional)\

Bisa dilihat bahwa penggunaan USB Type-C adalah konektivitas sejuta perangkat. Kamu bisa dengan mudah menyambungkan tampilan dari smartphone, laptop modern, dan tablet. USB Type-C sebagai power memungkinkan kamu untuk sekaligus menyuplai power monitor portable dari laptop atau PC. USB Type-C sebagai power juga bisa disambungkan ke adaptor dan tampilan display adalah menggunakan mini HDMI. 

Penggunaan mini HDMI juga menghemat tempat dengan kepala sambungan yang lebih kecil. Audio jack ada pada monitor portable yang memiliki speaker built in. Kensington lock ada karena untuk mencegah pencurian monitor portable, mengingat monitor ini sangat ringan dan berukuran cukup kecil.

  1. Meningkatkan Gaya Kamu Saat Bekerja

Tidak bisa dipungkiri, ada rasa tersendiri saat mengeluarkan monitor portable dari tas kamu dan digunakan untuk bekerja. Kamu dipastikan menjadi pusat perhatian saat di kantor. Meskipun begitu, gaya yang disediakan monitor portable adalah gaya fungsional yang tetap berfokus pada peningkatan kinerja saat melakukan pekerjaan 

Baca Juga: Membongkar Rahasia Akurasi Warna: Panduan Lengkap Color Test Monitor 

Kekurangan Memakai Monitor Portable

  1. Kualitas Gambar dan Fitur Tampilan

Jelas saja akan ada bagian yang dikorbankan untuk mendapatkan portabilitas dan bobot ringan yang maksimal. Monitor portable tidak akan memanjakan kamu dengan refresh rate tinggi atau response rate super rendah. Ukuran layar pun juga tidak bisa terlalu besar, biasanya hanya akan sebesar monitor laptop (14~18 inch). Teknologi rating color gamut juga tidak akan sebagus monitor konvensional.

  1. Tidak Disertai Baterai

Tidak adanya baterai pada monitor portable memaksa pengguna harus membawa adaptor untuk input daya. Atau, bila menggunakan daya di laptop, kamu harus memastikan laptop kamu terisi baterainya. Lagipula, bila monitor portable menggunakan baterai, bobotnya pasti bertambah signifikan karena ada baterai. 

Setalah memahami keuntungan dan kekurangan monitor portable, sudah saatnya kamu merasakan sendiri manfaat monitor portable untuk menunjang pekerjaan kamu. Terlepas dari pembahasan tadi, pastikan juga kamu memakai monitor portable berkualitas tinggi dan bergaransi resmi yang tersedia di DB Klik toko komputer Surabaya. Kamu bisa langsung menuju ke website resmi DB Klik melalui tautan ini.

Rekomendasi monitor portable yang bisa menunjang pekerjaan dan produktivitas kamu adalah Viewsonic VA1655. Monitor portable berukuran 16 inch ini sudah memakai panel layar IPS dengan resolusi FHD (1920 x 1080). Layar monitor portable ini sudah memiliki permukaan matte anti-glare dan memiliki hard coating dengan kekerasan sampai 3H. Di dalam boksnya pun sudah tersedia port HDMI - Mini HDMI agar monitor ini bisa langsung dipakai. Kamu bisa mendapatkan monitor portable Viewsonic VA1655 di website resmi DB Klik toko komputer Surabaya melalui tautan ini. Kamu juga bisa kunjungi showroom DB Klik Surabaya di alamat ini

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan mengenai keuntungan dan kekurangan monitor portable dari kami. Monitor portable menawarkan fungsi yang tidak bisa dipenuhi oleh monitor konvensional. Dengan desain yang ringkas, ringan dan portable, memudahkan monitor portable dibawa-bawa. Selain itu, pekerja dengan pekerjaan yang membutuhkan dua layar seperti koding, entry data, pengolahan data, hingga desain akan sangat mengapresiasi portabilitas yang ditawarkan monitor portable. 


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti Media Sosial DBklik untuk mendapatkan berita terbaru dari kami. diskon ,promo dan event menarik lainnya.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DBKlik dan dapatkan kemungkinan kupon diskon.