Kebakaran Pasar Seni Ubud, Polisi : Butuh 7 Jam Padamkan Api
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Kebakaran Pasar Seni Ubud, Polisi : Butuh 7 Jam Padamkan Api

Kebakaran Pasar Seni Ubud, Polisi : Butuh 7 Jam Padamkan Api

DB KLIK - Pada siang hari Sabtu (17/8) di Gianyar, Bali terjadi musibah kebakaran Pasar Seni Ubud. Kepolisian daerah Bali dilansir Antara menyebutkan, kebakaran Pasar Seni Ubud disebabkan salah satu kios kain dan baju di bagian basement timur. 


Penyebab Kebakaran Pasar Ubud Bali terjadi pada jam 13.00 WITA di salah satu kios kain dan baju yang bertempat di basement timur Pasar Seni Ubud. Api kemudian terus membesar dan menjalar hingga lebih dari 400 kios yang terbakar. 


Foto : Tribun Bali


Sebanyak 21 Unit armada Pemadam Kebakaran dari 5 Kabupaten/Kota dan puluhan armada DLH Kabupaten Gianyar dikerahkan untuk memadamkan api di lokasi kejadian. Tak hanya pedagang, warga sekitar hingga wisatawan berhamburan dan memadati sisi luar pasar sampai menyebabkan kemacetan. Tim Pemadam Kebakaran butuh waktu hingga 7 Jam untuk bisa melumpuhkan kobaran api, pukul 20.00 WITA api baru berhasil dipadamkan. Pihak TNI dan POLRI pun membantu untuk memadamkan api di lokasi kejadian. 


Kejadian ini tentu menjadi kabar duka bagi seluruh pedagang yang terdampak. Mereka bahkan menyelamatkan barang-barang dagangan di pelataran dan media jalan saat kejadian berlangsung. Beberapa kendaraan bermotor yang berada di basement gedung juga diduga ikut terbakar, namun jumlahnya masih belum diketahui. 


foto: nusabali.com


Pasar Seni Ubud merupakan salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Bali. Lumrah jika pada saat kejadian banyak pula wisatawan yang berada di lokasi. Seperti dilansir Balipost, Cok Ace pj. Bupati Giaanyar mengatakan bahwa bencana ini harus diambil hikmahnya.  Apalagi bulan Agustus merupakan Peak Season bagi para  pedagang karena jumlah pengunjung yang semakin meningkat. 


Pemerintah akan segera mencari solusi untuk korban pedagang yang terdampak kebakaran. Sebenarnya, gedung Pasar Ubud saat ini terhitung masih baru karena pernah mendapatkan renovasi setelah kejadian kebakaran di bagian Blok A pada Maret 2016. Renovasi ini dilakukan oleh pemerintah sejak 2020 dan selesai hingga diresmikan pada 2023 silam. 


Foto : rri.co.id


Karena pedagang merupakan mata pencaharian bagi mereka. Apalagi sebagian besar pedagang di basement timur menjual kebutuhan pokok seperti sembako, sayur dan makanan. Cok Ace berharap akan ada relokasi sementara agar tidak memutus usaha mereka, “Mudah-mudahan kami berharap ada relokasi, apakah itu di geser ke basement utara” ujarnya. 


Besarnya kerugian materiil masih belum bisa diketahui jumlahnya. Hanya ada keterangan bahwa kendaraan yang terparkir di basement dan lebih dari 400 kios yang ikut terbakar pada saat kejadian. Juga belum ada laporan terkait korban jiwa hingga saat ini. 


Kesimpulan


Itulah tadi kabar terkait kejadian kebakaran pasar seni ubud yang terjadi pada Sabtu 17 Agustus 2024. Kebakaran ini harus memakan waktu 7 jam lamanya untuk bisa dipadamkan sejak jam 13.00 hingga 20.00 WITA. Kebakaran yang menyebabkan 400 lebih kios pedagang dan beberapa kendaraan bermotor hangus di basement timur Pasar Ubud. Hal ini tentu sangat berdampak bagi mata pencaharian pedagang. (MY)


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti Media Sosial DBklik untuk mendapatkan berita terbaru dari kami. diskon ,promo dan event menarik lainnya.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DBKlik dan dapatkan kemungkinan kupon diskon.