Hemat Ongkos Upgrade! Ikuti 9 Langkah Cara Pasang Kartu Grafis PC Sendiri di Sini
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Hemat Ongkos Upgrade! Ikuti 9 Langkah Cara Pasang Kartu Grafis PC Sendiri di Sini

Hemat Ongkos Upgrade! Ikuti 9 Langkah Cara Pasang Kartu Grafis PC Sendiri di Sini

DB Klik - Memasang kartu grafis adalah solusi upgrade PC termudah apabila kamu ingin bermain game triple A dengan lancar. Nah, kami bisa membantu kamu menghemat ongkos upgrade dengan membagikan cara pasang kartu grafis PC sendiri di rumah. 

Kartu grafis bagaikan jantung bagi para gamer. Untuk mendongkrak performa bermain game kompetitif atau triple A secara drastis, solusi tepatnya adalah upgrade kartu grafis. Namun, sebagai gamer mandiri, kamu perlu menguasai cara pasang kartu grafis sendiri agar tidak selalu bergantung pada bantuan orang lain.

Melalui artikel ini, kami bisa membantumu menjadi gamer mandiri sejati dengan membagikan cara pasang kartu grafis PC sendiri di rumah. Kamu juga jadi bisa menghemat ongkos dengan tidak perlu ke tukang servis. So, baca selengkapnya di bawah ini.

Hemat Ongkos Upgrade! Ikuti 9 Langkah Cara Pasang Kartu Grafis PC Sendiri di Sini

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Upgrade Kartu Grafis

Sebelum kita menuju ke pembahasan mengenai cara pasang kartu grafis PC sendiri, kita harus memperhatikan beberapa hal. Jangan remehkan langkah ini karena ada banyak gamer yang sering kelupaan bahwa PC adalah satu kesatuan komponen-komponen. Kamu bisa berpotensi salah beli kartu grafis alhasil tidak bisa dipasang bila tidak melakukan cek beberapa hal ini. Hal- hal ini adalah:

Baca juga: Mitos atau Fakta Mengenai VGA Card: Perlu Tahu, Agar Tidak Salah Pilih

  • Pastikan Motherboard kamu mendukung dipasang kartu grafis baru kamu. Kamu bisa melihat ini dari spesifikasi slot ekspansi berupa generasi PCIe (3.0 atau 4.0). Setelah itu kamu bisa melakukan pencocokan generasi PCIe yang tersedia di kartu grafis. Kamu bisa membaca buku manual motherboard kamu atau melakukan riset online mengenai motherboard kamu untuk mengetahui ini. 

  • Pastikan PSU yang ada di PC kamu memadai untuk tambahan daya dari kartu grafis baru. Cek selalu kebutuhan daya dari kartu grafis yang ingin dibeli dan cocokkan dengan PSU yang saat ini terpasang. 

Bila kamu mendapatkan kartu grafis dengan kebutuhan daya 300 watt maka kamu perlu pastikan punya PSU setidaknya memiliki daya maksimal dua kali lipat dari kartu grafis. Ini untuk memastikan masih ada ruang daya serta keamanan dari tegangan berlebih untuk komponen lainnya. Bila kamu merasa kurang yakin, maka kamu bisa pertimbangkan untuk upgrade PSU kamu dulu sebelum upgrade kartu grafis. 

  • Pastikan mempunyai konektor sesuai yang dibutuhkan berupa 6 pin atau 8 (6+2) pin PCIe. Konektor ini biasanya datang bersama dengan PSU kamu.

  • Pastikan ukuran kartu grafis bisa muat di casing PC. Kartu grafis yang lebih powerfull biasanya juga berukuran lebih besar. Kamu bisa melakukan riset online ukuran kartu grafis di spesifikasi serta ukuran kartu grafis yang bisa muat di casing kamu. Sebagai gambaran casing m-ATX umumnya mendukung kartu grafis dengan panjang 24 cm hingga 42 cm sementara casing ATX/full tower bisa lebih dari itu.

Setelah memastikan beberapa hal penting diatas, maka kamu bisa mulai memasang kartu grafis dengan aman.

Baca juga: Cara Memahami Jenis-Jenis Nomor Model VGA Card Nvidia dan AMD

Langkah Cara Pasang Kartu Grafis PC Sendiri

  1. Matikan PC kamu. Matikan PC kamu untuk menghindari kamu tersetrum. Bila kamu barusan saja memakai PC kamu, diamkan kurang lebih selama 15 menit setelah mematikan untuk memastikan aliran listrik benar-benar terhenti serta mendinginkan komponen yang sempat panas. Kamu juga bisa menekan lama tombol power saat mematikan untuk menyedot listrik yang masih ada.

  2. Temukan Slot ekspansi atau kartu grafis yang terpasang di Motherboard. Kartu grafis ditempatkan di slot ekspansi (x16) yang biasanya terletak tepat dibawah slot prosesor di motherboard. Bila kamu memasang atau merakit PC dari awal, kamu bisa langsung menuju langkah nomor 6. Bila tidak, maka asumsinya, kamu perlu melepas kartu grafis lamamu yang masih terpasang

  3. Cabutlah kabel power kartu grafis dan kabel lain yang terhubung dari kartu grafis yang ada sekarang. Cabutlah kabel power kartu grafis yang terhubung ke PSU dan kabel grafis yang tersambung ke monitor serta kabel lain bila ada. 

  4. Gunakan obeng plus untuk mengendurkan sekrup ekspansi yang ada di slot ekspansi di belakang casing PC. Perhatikan sisi-sisi di slot ekspansi pasti terdapat baut yang menjaga kartu grafis terpasang ditempat. 

  1. Setelah baut dikendurkan, cabut pelan-pelan kartu grafis dari slot ekspansi di motherboard. Cabut ke arah lurus mengarah keluar casing secara pelan-pelan. Bukan untuk menjaga kartu grafisnya, melainkan untuk menjaga port ekspansi yang ada di motherboard dari kerusakan fisik. Ini dikarenakan setiap motherboard umumnya hanya mempunyai slot yang terbatas untuk kartu grafis.  

  1. Pasang kartu grafis baru dengan memasangkan ke slot ekspansi di motherboard terlebih dulu. Pasang dengan mendorong secara perlahan sampai berbunyi klik. Kembali lagi, untuk menjaga slot ekspansi di motherboard dari kerusakan. Biasanya motherboard memiliki tiga atau lebih slot ekspansi dengan spesifikasi PCIe yang berbeda-beda (x16, x4, dan/atau x1) namun, untuk kartu grafis, sangat disarankan untuk memasang di slot yang paling atas (x16) untuk kompatibilitas terbaik.

  2. Setelah itu, pastikan lubang baut di kartu grafis sejajar dengan lubang baut di casing dan pasang baut sambil memegangi kartu grafis. Gunakan obeng plus untuk memasang baut untuk menahan kartu grafis di tempat. 

  3. Lalu, pasangkan kabel PCIe 6/8 Pin dari PSU ke kartu grafis. Pasangkan juga kabel grafis (HDMI, DP, atau VGA) dari monitor ke slot belakang kartu grafis di slot ekspansi di belakang casing, bukan di port display di I/O tray milik motherboard. 

  1. Langkah terakhir adalah menyalakan PC untuk memastikan kartu grafis terbaca sekaligus download dan install driver kartu grafis yang sesuai dengan produsen (AMD atau Nvidia)

Selesai deh! Kartu grafis pasti terpasang dengan benar bila mengikuti panduan cara pasang kartu grafis dari kami. Semoga kamu bisa melaksanakan proses pemasangan kartu grafis dengan lancar dan aman.

Sekarang saatnya kamu memiliki kartu grafis powerfull berkualitas yang bisa kamu dapatkan di wesbite resmi DB Klik. Seperti kartu grafis Vurrion RX 5500 XT yang dilengkapi dengan kapasitas VRAM 8 GB, dua kipas pendingin, dan modul GDDR6 yang paling mutakhir. Kamu bisa dapatkan kartu grafis ini seharga Rp 3.185.000,- di website resmi DB Klik toko komputer Surabaya melalui tautan ini atau kunjungi showroom DB Klik Surabaya. Kamu dijamin mendapatkan peningkatan performa bermain game yang signifikan bila memakai kartu grafis Vurrion RX 5500 XT.

Kesimpulan

Itulah tadi panduan cara pasang kartu grafis di PC dari kami. Kamu jadi bisa menghemat ongkos upgrade kartu grafis dengan memasang kartu grafis sendiri mengikuti panduan dari kami. Bila pemasangan berjalan lancar, performa bermain game PC kamu pasti meningkat signifikan.  




DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.