Penuh Suka Cita! Berikut 5 Fakta Menarik Kunjungan Paus Fransiskus Ke Indonesia
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Penuh Suka Cita! Berikut 5 Fakta Menarik  Kunjungan Paus Fransiskus Ke Indonesia

Penuh Suka Cita! Berikut 5 Fakta Menarik Kunjungan Paus Fransiskus Ke Indonesia

DB KLIK - Pemimpin Umat Katolik Dunia Paus Fransiskus, akan melakukan kunjungan ke Indonesia. Kunjungan ini dalam rangka perjalanan Apostolik di kawasan Asia Pasifik pada 2-13 September mendatang. Pada artikel ini, tim DB Klik rangkum 5 fakta menarik kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia!


Paus Fransiskus akan memulai perjalanannya dengan singgah pertama kali di Negara Indonesia pada 3-6 September nanti. Setelah itu, Paus Fransiskus akan melanjutkan berkunjung ke Timor Leste, Papua Nugini serta SIngapura. 


Kunjungan Paus Fransiskus tentu menjadi sangat spesial, lantaran hal ini jadi yang pertama setelah 35 tahun. Kunjungan ini tentu menjadi kabar gembira bagi umat Katolik di Indonesia dan menjadi peristiwa bersejarah. Penasaran dengan hal menarik tentang kunjungan ini? Berikut 5 fakta menarik kunjungan Paus Fransiskus Ke Indonesia. 


Penuh Suka Cita! Berikut 5 Fakta Menarik  Kunjungan Paus Fransiskus Ke Indonesia 


Pertama Sejak 35 Tahun Yang Lalu 

Kunjungan Paus fransiskus 3 September mendatang merupakan yang pertama sejak 35 tahun lalu. Dilansir CNBC, Sebenarnya ketika masa kepemimpinan Paus Paulus VI pada 1970 pernah mengunjungi Indonesia untuk pertama kalinya. Lalu kunjungan kedua terjadi pada tahun 1989 ketika Gereja Katolik Roma dipimpin Paus Yohanes Paulus II. 


Foto : RRI.co.id


Paus Fransiskus akan menjadi Pemimpin Umat Katolik ketiga yang mengunjungi Indonesia. Sekaligus tercatat menjadi perjalanan Apolistik Paus Fransiskus yang ke-45 di masa kepausannya. 


Agenda Ke Masjid Istiqlal

Salah satu agenda terpenting Paus Fransiskus di Indonesia adalah kunjungan ke Masjid Istiqlal Jakarta. Seperti dilansir VOA, kunjungan Masjid Istiqlal adalah bagian dari upaya untuk mempromosikan kerukunan antar umat beragama. Isu kerukunan antarumat beragama menjadi salah satu perhatian utama Paus Fransiskus selama 11 tahun kepemimpinannya sebagai pemimpin gereja Katolik dunia.





Pada Kamis 5 September nanti, kunjungan paus ke Masjid Istiqlal akan dilaksanakan, sekaligus menghadiri acara pertemuan lintas agama. Selain itu, Paus Fransiskus akan menengok pembangunan Terowongan Persahabatan yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. 


Misa Suci (Ekaristi) Di SUGBK

Acara puncak dari kunjungan Paus fransiskus ke Indonesia adalah perayaan Ekaristi atau ritual misa suci yang akan diadakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan. Acara ini akan dihelat pada tanggal 5 September setelah kunjungan beliau ke Masjid Istiqlal.


Foto : Gatra.com

perayaan ini akan dihadiri sekitar 87 ribu umat Katolik di Indonesia yang dipastikan ikut serta pada acara tersebut. Seperti dilansir suara.com, segala persiapan sudah dilakukan panitia bersama pemerintah terkait untuk mengatur rekayasa lalu lintas, persiapan tim kesehatan dan lain sebagainya. 


4 Ribu Personel Amankan Kunjungan 

Seperti dilansir oleh tempo.co, sebanyak 4.000 personel gabungan dari TNI, Polri, Paspampres, BSSN, BNPT, BNPB, dan Pemda akan dikerahkan untuk mengamankan kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia. 


Pengamanan ini dilakukan dalam rangka melancarkan agenda kunjungan Paus Fransiskus selama 3 hari di Indonesia. Diharapkan, kegiatan berjalan dengan tertib dan tidak ada isu keamanan yang bisa mengganggu acara kunjungan Paus Fransiskus. 


700 Jurnalis Nasional Dan Internasional Meliput Kegiatan Paus Fransiskus 

Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC, menyatakan udah ada 700 media lebih yang terakreditasi dan 88 media yang ikut meliput dengan ikut di pesawat sewaan Sri Paus. Mereka dimasukkan dalam kelompok Vatican Accredited Media Personnel atau VAMP, seperti dilansir Suara.com.


Foto : Tribratanews


Dengan begitu, hanya jurnalis yang terakreditasi saja yang dapat meliput berbagai kegiatan Paus Fransiskus di Indonesia. Dan keamanan Paus akan lebih terjaga selama acara berlangsung. 


Kesimpulan 

Itulah tadi 5 fakta menarik kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3-6 September mendatang. Semoga misi kunjungan ini untuk mempererat kerukunan antar umat beragama bisa terlaksana dengan baik. Dan segala kegiatan berjalan dengan lancar serta tertib. (MY) 



DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.