Cas HP Semalaman Bikin Baterai Cepat Rusak? Ini Faktanya
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Cas HP Semalaman Bikin Baterai Cepat Rusak? Ini Faktanya

Cas HP Semalaman Bikin Baterai Cepat Rusak? Ini Faktanya

DB KLIK - Cas HP semalaman bikin baterai cepat rusak? itulah pertanyaan yang sering dipertanyakan oleh beberapa pengguna. 


Pertanyaan terkait cas HP semalaman meamng sangat wajar sering muncul. Alasannya, banyak mitos yang mengatakan bahwa baterai bisa cepat bocor alias rusak karena cas semalaman.


Lantas bagaimana dengan fakta sebenarnya terkait mitos cas HP semalaman bisa bikin baterai cepat rusak? Simak selengkapnya :


Mitos cas HP semalaman bisa bikin baterai cepat rusak sebenarnya sudah beredar sejak lama. Pada awal-awal kehadiran handphone atau HP, hal tersebut memang sering terjadi. Baterai bisa saja mengembung karena kelamaan diisi dayanya.




Meski demikian, konsep tersebut tak relevan lagi bagi smartphone jenis terbaru. Menurut pakar gadget Lucky Sebastian, smartphone keluaran terbaru telah memiliki manajemen arus yang bakal menyesuaikan pengisian daya dengan mengikuti pola kebiasaan charging kita.


“Smartphone sekarang sudah dilengkapi PMIC (Power Management Integrated Circuit), jadi chip ini mengendalikan arus yang keluar dan masuk,” jelas Lucky, melansir kumparan.


Baca juga : Nasib Windows 10 Usai Microsoft Tawarkan Update Security Jadi Berbayar, Ini Penjelasannya


“Tidak masalah smartphone ditinggal tidur, karena dia akan pindah ke (mode) trickle charger saat mendekati 100%, menjaga supaya arus yang masuk tidak melebihi arus yang keluar, atau dayanya saat penuh sangat kecil untuk menjaga keawetan baterai,” sambungnya.


Lucky menambahkan, rata-rata smartphone keluaran terbaru juga dilengkapi dengan aplikasi atau software bawaan yang bakal memperlambat pengisian menjelang baterai penuh. Software ini berfungsi untuk membuat charger cepat mengisi di kondisi baterai lemah, yang nantinya mulai melambat di saat baterai sudah 80 persen terisi hingga penuh.


Jadi, apakan boleh nih cas HP semalaman?


Jawabannya adalah ya. Kamu bisa tinggal tidur HP kamu dalam keadaan cas. Dijamin tidak akan overcharge hingga menggembung.


Meski begitu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya, cas HP bisa membuat bodi menjadi panas. Oleh karena itu, sebaiknya jangan diletakkan di tempat yang tidak tahan panas.


Selain itu, baterai HP juga punya siklus. Apabila ia sudah mencapai batas maksimal siklus cas, performa baterai memang akan menurun. Jika performa baterai kamu sudah menurun, kemungkinan karena siklus mengisi baterainya sudah mencapai titik maksimal, bukan karena cas overnight.


 

Kemudian, ada mitos lagi yang menyatakan kamu harus menunggu HP sampai 1% hingga 2% sebelum diisi kembali. Lantas, apakah mitos tersebut benar?


Jika kita melihat HP pada awal kemunculannya, mitos tersebut benar. Bukan karena bisa bikin baterai HP cepat rusak apabila mengisi dari 20%, misalnya. Akan tetapi, performa baterai HP dulu memang bisa lebih bagus apabila diisi dari keadaan kosong. Kala itu, HP menggunakan baterai berjenis nickel-cadmium.


Nah, HP baru sudah menggunakan bateari lithium-ion. Jenis baterai tersebut bisa diisi dayanya, tanpa harus dipikirkan sisa baterainya. Jadi, kamu bisa kapan saja mengisi baterai meski kapasitas baru 50% atau 90% sekalipun.


Ya, banyak yang bilang, jangan cas HP saat menelepon. Nah, itu mitos yang salah. Pada kenyataannya, kamu bisa mengecas HP, meski saat telepon. 


Hanya saja, mengisi dayanya jadi bakal lebih lama. Pasalnya, listrik yang digunakan akan berasal dari charger. Jadi, listrik dari charger tidak mengalir ke baterai, tetapi untuk memberikan tenaga untuk telepon.


Baca juga : Mengenal Secret Code Chat Lock Fitur Baru WhatsApp, Ini Fungsinya


Kini, kamu sudah tidak perlu khawatir saat ingin cas HP semalaman,  pastikan kamu menggunakan charger dengan kualitas terbaik. Salah satunya adalah charger dari DB Klik. Dengan menggunakan bahan berkualitas terbaik dan fitur unggulan, membuat pemakaian lebih nyaman. Kalian dapat membeli charger ini langsung melalui website DB Klik  atau kalian bisa langsung membelinya melalui tautan ini.

Rekomendasi charger yang bisa menjadi referensi kamu adalah Charger UGreen 100W 1 USB-A yang saat ini tersedia di DB Klik. Kehadiran Charger UGreen 100W 1 USB-A ini tentu menjadi pilihan menarik buat kamu karena bisa jadi solusi charging 4 gadget sekaligus dengan cepat, mulai dari HP hingga laptop. Ugreen GaN X 100W dapat mengisi perangkat dengan cepat. Dan selama penggunaan tidak ada rasa panas berlebih sehingga meminimalisir was-was soal keamanan.


KESIMPULAN 

Aktivitas mengisi daya handphone atau HP dipenuhi dengan berbagai mitos. Salah satu mitos charge yang paling umum diterima orang adalah bahaya cas HP semalaman atau yang disebut ‘overcharge’. Melalui konsep tersebut, perangkat akan terus memompa arus listrik meski baterai telah terisi 100 persen. Akibatnya, perangkat kamu disebut bakal mengalami pengurangan kapasitas baterai atau bahkan menyebabkan smartphone terbakar. Meski demikian, konsep tersebut tak relevan lagi bagi smartphone jenis terbaru. 


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.