Cara Memahami Jenis-Jenis Nomor Model VGA Card Nvidia dan AMD
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Cara Memahami Jenis-Jenis Nomor Model VGA Card Nvidia dan AMD

Cara Memahami Jenis-Jenis Nomor Model VGA Card Nvidia dan AMD

DB Klik - Kamu mau beli atau upgrade VGA card kamu? Tapi, kamu nggak paham cara baca nomor model jenis-jenis VGA card Nvidia dan AMD? Tenang, artikel ini akan membahas bagaimana cara memahami jenis-jenis nomor model VGA card Nvidia dan AMD.

VGA card sudah menjadi komponen wajib kalau kamu punya PC Gaming atau PC untuk membuat konten. Pasalnya, data operasi aplikasi game triple A sudah benar-benar meminta spek yang tinggi. Standard atas untuk VGA card semakin meningkat waktu demi waktu. Namun, saat kamu memutuskan untuk beli atau upgrade VGA card PC, tiba-tiba kamu bingung dengan nomor model dan jenis-jenis VGA card Nvidia dan AMD yang ada banyak. Tenang saja, berikut kita akan memudahkan pemahaman kamu mengenai nomor model jenis-jenis VGA card Nvidia dan AMD. 

Baca Juga: Ingin Beli VGA Card Tapi Gak Paham? Simak Informasi Lengkap Tentang VGA Card

Cara Memahami Jenis-jenis Nomor Model VGA Card Nvidia dan AMD

Kenapa kami hanya mengambil produsen VGA card Nvidia dan AMD? Karena memang hanya ada mereka berdua di pasar VGA card dunia, yakni Nvidia Corporation dan Advanced Micro Devices .Inc (AMD). Mereka berdua memakai nomor model sebagai pembeda varian atau seri VGA Card mereka. Jangan salah, setiap huruf di nomor model ini penting. Salah satu huruf maka kamu bisa mendapatkan performa VGA card yang jauh berbeda. 

  • Pemahaman Nomor Model VGA Card AMD

Untuk VGA Card generasi rilisan terbaru dari AMD, AMD menggunakan nomor seri RX. 

Setelah huruf RX Vega atau RX adalah diikuti dengan nomor seri yang semakin besar artinya adalah semakin rilisan baru. VGA Card AMD Rilisan semakin baru belum tentu memiliki performa yang lebih tinggi. Misal AMD Radeon 5000 series atau AMD Radeon 7000 series

Setelah nomor seri, biasanya akan ditambahi huruf berupa:

  • XT Graphics: versi berperforma lebih baik daripada yang tanpa huruf ini

  • R: seri pengembangan lama yang sudah mulai tergantikan

  • M atau S: adalah Seri Mobile atau VGA Card untuk Laptop dengan ukuran dan performa yang lebih kecil. Seri M atau S juga bisa memiliki tambahan XT. 

Jadi, AMD Radeon RX 7600 XT adalah versi berperforma tinggi dari AMD Radeon RX 7600. Begitu juga dengan AMD Radeon RX 6700 XT adalah versi performa tinggi dari AMD Radeon RX 6700. AMD RX 7600 dirils pada tahun 2023 sedangkan AMD RX 6700 dirilis pada tahun 2021. Terkahir kali AMD menggunakan seri R pada VGA Card adalah di tahun 2016 lalu melalui AMD Radeon R7 450. Lalu, jangan keliru saat melihat nomor model AMD Radeon 7600M karena ini adalah versi mobile dari AMD Radeon RX 7600. Kamu tidak bisa memakai VGA mobile untuk PC kamu, begitu juga sebaliknya. 

  • Pemahaman Nomor Model VGA Card Nvidia

Nomor model VGA Card Nvidia sedikit berbeda. Huruf awal nomor model diawali dengan huruf:

  • RTX: High end gaming VGA Card dari Nvidia

  • GTX: dibawah RTX, untuk gaming menengah hingga menengah atas

  • GT: VGA Card entry level untuk operasi dasar

Setelah itu dilanjutkan oleh angka seperti Nvidia 30 series atau 20 series. Ini sebenarnya sama dengan AMD, yakni mengindikasikan mana yang rilis lebih dulu. Perbedaanya adalah penomoran selalu dimulai dengan puluhan misal series 20 dan 30 adalah eksklusif untuk RTX sedangkan GTX berhenti pada 16 series. Contoh Geforce RTX 2060 dan GTX 1650. 

Lalu, nomor model ditutup dengan huruf yang menandakan fitur lebih:

  • Ti: sama seperti XT, versi performa lebih tinggi dari nama yang sama

  • Super: performa lebih tinggi dari nama yang sama, namun tidak setinggi Ti

  • M atau Mobile: versi lebih kecil untuk laptop

Jadi, untuk PC Desktop kamu bisa memakai semua seri baik dari seri GT, GTX dan RTX sesuai dengan tingkatannya. Seri GTX tertinggi adalah di seri 16 misalnya GTX 1650 atau GTX 1660 Ti. Versi GT tertinggi adalah GT 1030 sedangkan RTX terbaru hingga tahun 2024 ini adalah seri RTX 4090. Untuk seri mobile dari VGA Card Nvidia, akan ada selalu sebutan Mobile diakhir misal GTX 1050 Notebook atau RTX 3050 Mobile sehingga kamu mudah membedakannya. 

Sekian mengenai cara memahami jenis-jenis nomor model VGA card Nvidia dan AMD. kamu bisa menyesuaikan kebutuhan kamu dengan seri yang akan dipilih. Kamu bisa langsung mempraktekan pemahaman pembacaan nomor model VGA card Nvidia dan AMD di jenis-jenis VGA card yang ada di website resmi DB Klik

kamu bisa mendapatkan VGA card Nvidia GT 1030 dengan harga 1 jutaan saja atau VGA Card Nvidia GTX 1650 GDDR6 seharga 2 jutaan saja di DB Klik toko komputer Surabaya. Masih ingin lebih? Kamu bisa mendapatkan VGA Card AMD RX 5500 XT seharga Rp. 3.185.000,- di DB Klik toko komputer Surabaya di tautan ini. Kamu bisa mendapatkan VGA card dengan mengunjungi showroom DB Klik di Jl. Tenggilis Mejoyo No. AA-3, Surabaya. 

Kesimpulan

kamu mau beli atau upgrade VGA card kamu? Tapi, kamu nggak paham cara baca nomor model jenis-jenis VGA card Nvidia dan AMD? Tenang, artikel ini akan membahas bagaimana cara memahami jenis-jenis nomor model VGA card Nvidia dan AMD. setiap produsen, Nvidia dan AMD memiliki cara penulisan nomor model yang tidak berbeda jauh. Tetapi, apabila kamu salah satu huruf saja, kamu mendapatkan VGA card yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis-jenis nomor model VGA card Nvidia dan AMD. 




DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.