Apakah WiFi 6 Terbukti Terbaik di 2023? Apa Bedanya dengan WiFi 7? Ini Perbedaannya!
Apakah WiFi 6 Terbukti Terbaik di 2023? Apa Bedanya dengan WiFi 7? Ini Perbedaannya!

Apakah WiFi 6 Terbukti Terbaik di 2023? Apa Bedanya dengan WiFi 7? Ini Perbedaannya!

Created by DB Klik Tips dan Trik

DB Klik - WiFi 6 sudah tidak asing lagi di telinga kita, terutama jika kita menginginkan koneksi super cepat dengan harga yang tidak terlalu mahal. Buat apa? Ya supaya pekerjaan kita tidak terhalang oleh kata internet lemot! Tetapi, WiFi 7 sudah rilis nih. Apa benar WiFi 6 masih yang terbaik di 2023? Mari kita bahas!



Sebelum masuk ke WiFi 6 dan WiFi 7 kita harus tahu dulu bagaimana WiFi berkembang dari tahun ke tahun. Sederhananya WiFi merupakan teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (tanpa kabel), yang menggunakan gelombang radio dalam suatu jaringan komputer yang sudah terstandarisasi di IEEE 802.11. WiFi saat ini ada banyak versi, apa saja perbedaannya? Mari kita bahas lebih dalam.


WiFi 4 (802.11n)


WiFi 4 adalah teknologi WiFi pertama yang diluncurkan pada tahun 2009 dengan standar 802.11a/b/g/n. WiFi 4 bekerja di frekuensi 2.4Ghz atau 5Ghz dengan kecepatan hingga 150 Mbps yang memiliki dual channel 20 MHz. Kemudian WiFi 4 dapat mencapai 300Mbps dengan syarat menggunakan dual channel di 40 MHz. Penggunaan WiFi 4 sebaiknya digunakan pada perangkat Point-to-Point.


Router WiFi dari Mercusys di bawah ini adalah salah satu contoh WiFi yang menggunakan jaringan WiFi 4. Dan tentu saja bisa kalian dapatkan di DB Klik lho, cukup dengan klik gambar tersebut!



WiFi 5 (802.11ac)


WiFi 5 merupakan teknologi WiFi lanjutan dari WiFi 4 yang diluncurkan pada tahun 2014. WiFi 5 bekerja pada gelombang radio frekuensi 5Ghz yang juga sudah memiliki standarisasi IEEE 802.11ac. WiFi 5 dapat bekerja dengan kecepatan 1000 Mbps atau setara dengan 1Gbps, tetapi untuk perangkat seperti laptop, hp dan sejenisnya, hanya berjalan di 500Mbps yang membutuhkan bantuan dari perangkat MIMO (Multiple Input on Multiple Output). Beda sedikit dengan WiFi 4, WiFi 5 dapat digunakan pada perangkat-perangkat seperti Point-to-Point, Perangkat non IoT dan Perangkat non High Usage Intranet Bandwidth.


Router WiFi dari TP-LINK di bawah ini adalah salah satu contoh WiFi yang menggunakan jaringan WiFi 5. Dan tentu saja bisa kalian dapatkan di DB Klik lho, cukup dengan klik gambar tersebut!



WiFi 6 (802.11ax)


WiFi 6 merupakan terobosan terbaru yang diluncurkan pada tahun 2019. WiFi 6 mampu memberikan kecepatan 4 kali lebih besar WiFi 5. Berdasarkan TechTarget, kecepatan yang dimiliki oleh WiFi 6 rata-rata mencapai 9.6 Gbps (kecepatan download dan upload). WiFi 6 pun sudah memiliki standarisasi yang bernama 802.11ax, standar ini menggunakan gelombang radio frekuensi 2.4 Ghz dan 5Ghz dengan bantuan teknologi MU-MIMO (Multi-User, Multiple Input and Multiple-Output) dan OFDMA (Orthogonal Frequency Division Multiple Access). Nah, kalau WiFi 6 lebih baik digunakan untuk perangkat-perangkat yang membutuhkan internet cepat seperti IoT, Gaming, Content Creator atau High Usage Intranet Bandwidth.


Router WiFi dari MSI di bawah ini adalah salah satu contoh WiFi yang menggunakan jaringan WiFi 6. Dan tentu saja bisa kalian dapatkan di DB Klik lho, cukup dengan klik gambar tersebut!



WiFi 7 (802.11be)


WiFi 7 merupakan seri WiFi paling terbaru yang rilis pada awal tahun 2023 ini. Dengan standarisasi 802.11be, WiFi 7 diperkirakan dapat berjalan pada 46 Gbps, sehingga dengan kecepatan tersebut bisa dibilang WiFi 7 dapat menggantikan jaringan kabel/ethernet dengan kecepatan yang tinggi. Secara keseluruhan, WiFi 7 memiliki kecepatan dan kinerja yang jauh lebih cepat dari WiFi 6. WiFi 7 menggunakan bantuan dari MLO (Multi-Link Operation) yang berarti WiFi 7 dapat menggabungkan beberapa frekuensi menjadi satu lokasi maupun sebaliknya.


Tetapi, karena WiFi 7 baru rilis pada awal tahun ini, maka untuk saat ini kita tidak dapat menikmati WiFi 7 untuk kebutuhan internet sehari-hari kita. Walaupun beberapa smartphone dan perangkat lain sudah dapat menerima jaringan WiFi 7, tetapi untuk saat ini WiFi 7 masih dalam tahap pengembangan yang membuat kita harus menunggu beberapa bulan bahkan tahun untuk menggunakannya.


Maka dari itu untuk 2023 ini WiFi 6 masih merupakan WiFi yang terbaik mulai dari harga, efisiensi dan kecepatan. Semoga saja kita dapat merasakan kecepatan WiFi 7 dalam waktu dekat, agar pengalaman menggunakan internet kita lebih baik lagi dan tidak ada lagi kata lemot.



Sumber:

Selamat Datang Wi-Fi 7, Apa Saja Keunggulannya? - TIMES Indonesia

What's the difference between 802.11ac vs. 802.11ax? | TechTarget