Apa Itu RAM LPDDR? Yuk Intip Juga Perbedaan RAM LPDDR dan DDR Biar Nggak Bingung
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Apa Itu RAM LPDDR? Yuk Intip Juga Perbedaan RAM LPDDR dan DDR Biar Nggak Bingung

Apa Itu RAM LPDDR? Yuk Intip Juga Perbedaan RAM LPDDR dan DDR Biar Nggak Bingung

DB Klik - Sebagai pecinta rakit PC pastinya kamu sering mendengar istilah RAM LPDDR, siapa sangka penyebutan LP didepan DDR terkadang membuat orang bingung lho! Lantas apa itu RAM LPDDR dan apa perbedaan RAM LPDDR dan DDR? Selengkapnya simak ulasan artikel berikut ini.

Apa itu RAM

Sebelum membahas terlalu dalam terkait LPDDR mari kita ulas dulu terkait apa itu RAM. RAM (Random Access Memory) adalah komponen PC yang memiliki fungsi krusial. Fungsi ini adalah untuk menjadi partner prosesor untuk memproses operasi sebuah aplikasi atau program. 

Perpaduan prosesor dan RAM yang tepat membuat perangkat kamu bisa multitasking dan menjalankan program besar (seperti game) dengan lancar tanpa gangguan seperti lag, crash atau freezing. 

Mengikuti perkembangan dunia komputer, produsen komputer dunia telah membuat perkembangan pesat pada komponen RAM. Mulai dari peningkatan pesat di generasi DDR, optimalisasi Dual Channel, hingga semakin besarnya kapasitas RAM. salah satu inovasi itu adalah terkait perkembangan jenis RAM lain yakni RAM LPDDR. 

Apa itu RAM LPDDR? Lantas apa perbedaan RAM LPDDR dan DDR karena ada singkatan DDR yang sama? Melalui artikel ini kami berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan ini agar kamu memahami lebih mengenai istilah di komputer

Apa Itu RAM LPDDR?

LPDDR adalah singkatan dari Low Power Double Data Rate. Jenis RAM ini secara khusus dirancang sebagai RAM dengan konsumsi daya yang rendah. Sebagai perbandingan, RAM DDR umumnya membutuhkan daya sebesar 1,1 hingga 2,5 Volt sedangkan RAM LPDDR hanya membutuhkan 0,5 hingga 1,8 Volt saja. 

Desain penghematan daya ini sangat signifikan hingga produsen melabeli RAM LPDDR secara terpisah dari RAM DDR. Tentu saja, produsen juga melakukan perbedaan untuk penggunaannya. Penampakan LPDDR adalah seperti kepingan kotak kecil (seukuran SIM Card di smartphone) sedangkan RAM DDR adalah berbentuk kartu dengan kunci modul memori di ujung bawah. LPDDR biasanya telah tersolder pada motherboard sedangkan RAM DDR yang bisa dilepas-pasang sewaktu-waktu dengan slot terdedikasi di motherboard. 

Perbedaan RAM LPDDR dan DDR

dengan memahami penjelasan mengenai apa itu RAM LPDDR, kamu memahami bahwa desain RAM LPDDR fokus pada daya rendah. Tentu saja terdapat perbedaan besar diantara dua jenis RAM ini. Berikut penjelasannya:

Perbedaan Konsumsi Daya dan Penggunaan

Perbedaan ini harus kami ulangi untuk penjelasan perbedaanya. RAM LPDDR, dengan desain konsumsi daya rendahnya, membuat RAM LPDDR ideal untuk perangkat komputer portabel. RAM LPDDR dipakai secara masal untuk Laptop atau notebook (kecuali laptop gaming) dan ultratablet (tablet dengan performa seperti laptop). Ini dikarenakan laptop, notebook dan ultratablet membutuhkan komponen berdaya rendah untuk menjaga konsumsi baterai yang hemat agar tetap portabel.

Sebaliknya, PC Desktop tidak memiliki masalah ini karena tidak portabel dan perlu ditancapkan ke sumber listrik terus. RAM LPDDR juga dipakai sebagai pilihan RAM untuk PC AIO, PC di tempat yang berdaya rendah.  

Perbedaan Kecepatan

Dengan desain yang berdaya rendah, kompromi dibagian kecepatan sudah pasti terjadi. Meskipun LPDDR umumnya tidak secepat DDR dalam hal kecepatan transfer data, kecepatannya sudah sangat cukup untuk program pekerjaan dan komputasi sehari-hari. Namun, perbedaan kecepatan RAM LPDDR dan DDR mulai menipis seiring perkembangan teknologi RAM. 

Ini dibuktikan dengan RAM LPDDR5 yang sudah memiliki frekuensi 3200 - 4267 Mhz yang setara dengan RAM DDR4. memang harus diakui bahwa RAM DDR memiliki keunggulan jauh. Generasi RAM DDR terbaru yakni DDR5 sudah memiliki frekuensi hingga 6000 Mhz keatas. Kedua jenis RAM sudah bisa konfigurasi dual channel, namun potensi dual channel sebenarnya lebih terasa untuk RAM DDR.

Baca juga: Bagaimana Cara Memasang RAM Dual Channel? Ikuti Langkahnya, Gampang Banget

Perbedaan Kapasitas

Disinilah letak perbedaan terbesar RAM LPDDR dan DDR. LPDDR cenderung memiliki kapasitas maksimum yang lebih rendah dibandingkan dengan DDR. RAM LPDDR masih tertahan di kapasitas maksimal 8 GB (single channel) dengan maksimal 16 GB dengan konfigurasi dual channel. Namun, untuk kebanyakan penggunaan mobile, kapasitas yang tersedia sudah cukup. 

Ini tidak seperti DDR RAM yang sudah bisa memiliki kapasitas hingga 64 GB lebih (single channel) dengan kapasitas maksimal hingga 200 GB dengan konfigurasi dual channel. Ini sudah menjadi konsekuensi logis untuk kompromi RAM LPDDR. 

Perbedaan Kompatibilitas

RAM DDR sudah terkenal karena kemudahannya diletakkan, modifikasi, dan upgrade di motherboard PC Desktop, PC gaming atau bahkan PC server. Istilahnya, jenis DDR RAM sudah menjadi universal bagi PC normal. Meskipun begitu, masih ada pembagian jenis form factor dari RAM DDR yakni DIMM dan SO-DIMM. RAM DDR SO-DIMM juga umum dipakai di perangkat komputer portabel, namun, tetap berbeda dengan RAM LPDDR.

Baca juga: Cara Upgrade RAM Laptop Sendiri, Mudah Banget! Nggak Perlu ke Tukang Servis 

Ini berbeda dengan RAM LPDDR yang eksklusif ke perangkat portabel saja. Ditambah lagi, RAM LPDDR  sering kali lebih terintegrasi dengan baik dengan prosesor mobile modern, memungkinkan penghematan daya dan kinerja yang lebih baik secara keseluruhan. Kami tidak menyarankan menggunakan RAM LPDDR untuk prosesor PC Desktop. 

Apabila kamu membutuhkan RAM dengan kecepatan super kilat untuk PC gaming, RAM DDR dengan modul DDR5 adalah pilihan utama. Seperti RAM Corsair Vengeance LPX DDR5. RAM ini adalah berbentuk RAM kit (terdiri dari 2 RAM yang sama untuk dual channel) dengan kapasitas total 16 GB dengan frekuensi maksimal 5200 MHz. kamu bisa mendapatkan RAM Corsair Vengeance LPX DDR5 seharga Rp 1.249.000,- di DB Klik toko komputer Surabaya melalui tautan ini. Kamu juga bisa kunjungi showroom DB Klik toko komputer Surabaya di Jl. Tenggilis Mejoyo No. AA-3, Surabaya

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan tentang apa itu RAM LPDDR serta perbedaan RAM LPDDR dan DDR. Dengan memahami perbedaan RAM LPDDR dan DDR, kamu dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi saat merancang atau meng-upgrade sistem PC desktop atau laptop kamu. Pastikan untuk mempertimbangkan faktor-faktor ini dengan cermat agar tidak salah saat membeli RAM baru untuk memaksimalkan performa perangkat komputer sesuai dengan kebutuhan Anda.




DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti Media Sosial DBklik untuk mendapatkan berita terbaru dari kami. diskon ,promo dan event menarik lainnya.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DBKlik dan dapatkan kemungkinan kupon diskon.