7 Tips Sederhana Menghindari Rediasi Pada Layar Monitor, Cukup Lakukan Ini
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

7 Tips Sederhana Menghindari Radiasi Pada Layar Monitor, Cukup Lakukan Ini

7 Tips Sederhana Menghindari Radiasi Pada Layar Monitor, Cukup Lakukan Ini

DB KLIK - Simak tips sederhana menghindari radiasi pada layar monitor bagi kamu yang membutuhkan. Seperti diketahui komputer kini menjadi perangkat yang akrab dengan kehidupan sehari-hari.

Apalagi bagi seorang pekerja yang setiap harinya menghabiskan waktu di depan layar monitor. Di sisi lain, menatap layar monitor terlalu lama dapat menyebabkan mata cepat lelah, kering bahkan yang lebih parah hingga menyebabkan kerusakan pada mata.

Nah, untuk kamu yang aktivitas sehari-harinya harus menatap layar komputer, ini dia tips sederhana menghindari radiasi agar mata kalian tetap sehat melansir Blodsky: 

1. Atur Kecerahan Monitor

Kecerahan layar monitor berpengaruh pada fleksibilitas mata. Jadi penting untuk kamu melakukan pengaturan kecerahan layar monitor. Pastikan untuk menyesuaikan kecerahan monitor yang sesuai dengan cahaya yang ada di ruangan kerja kalian. Jangan terlalu terang dibandingkan cahaya lampu, tetapi jangan terlalu gelap juga ya!

2. Gunakan Pelindung Layar 

Untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk langsung ke mata dan juga dampak radiasi dari layar monitor, kamu perlu menggunakan filter glass. Selain menggunakan filter glass, kamu juga bisa menggunakan kaca mata pelindung anti radiasi untuk menjaga matamu. 

3. Atur Jarak Pandang Mata

Saat jarak pandang mata dengan monitor terlalu dekat, akan membuat mata menjadi lebih cepat lelah sehingga dapat merusak mata. Jika dibiarkan terus menerus hal ini dapat menyebabkan terjadinya rabun pada mata. 

Baca Juga : Cara Membagi Layar Monitor Menjadi 2 di Windows 11, Cocok Buat yang Multitasking

Padahal jarak pandang dengan layar monitor juga mempengaruhi besar kecilnya radiasi, lho. Sehingga menjaga jarak pandang mata adalah satu hal yang penting untuk dilakukan. Jarak pandang mata dengan layar yang ideal yaitu antara 50 – 100 cm.

4. Istirahatkan Mata

Biasakanlah diri untuk mengistirahatkan mata jika sudah terlalu lama berada di depan komputer, setidaknya setiap satu jam sekali. Disarankan untuk istirahat 5 menit setiap jamnya untuk mengistirahatkan mata dan membuat pikiran menjadi lebih fresh. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pijatan lembut secara melingkar pada bagian mata saat ingin tidur selama kurang lebih dua menit.

5. Alihkan mata dari layar Monitor

Cobalah beberapa saat untuk mengalihkan mata dari layar komputer dengan menutup mata dan melakukan pijatan ringan di sekitar mata. Lakukan putaran-putaran searah jarum jam di sekitar mata selama 10x putaran, kemudian ulangi lagi tetapi berlawanan arah jarum jam.

Cara ini ini bertujuan agar mata anda menjadi lebih rileks dan tidak kaku. Daripada terus-menerus melihat monit

6. Konsumsi Makanan yang Sehat

Makanan juga ternyata mampu mempengaruhi  kita, lho. Makanan yang tepat dapat membantu kita menjaga mata dari degenerasi makula, dan melindungi diri dari gangguan mata ringan. Biasakan diri untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang mampu membantu kita menjaga kesehatan mata. Perbanyak konsumsi sayuran seperti bayam, kol, dan kubis yang mengandung nutrisi lutein dan zeaxanthin yang mampu membantu mengurangi risiko penyakit mata. 

7. Lakukan Pemeriksaan Mata Secara Berkala

Pemeriksaan mata perlu dilakukan untuk mengetahui keadaan kesehatan mata kamu. Jika mata kalian memiliki keluhan maka dianjurkan untuk rutin melakukan pemeriksaan setahun sekali. Tetapi jika tidak memiliki keluhan, kamu tetap harus melakukan pemeriksaan minimal 2-3 tahun sekali. Apalagi jika kamu bekerja di depan komputer terus menerus, usahakanlah untuk rutin melakukan pemeriksaan terutama jika mengalami keluhan baru yang muncul pada mata kalian. 

Baca Juga : Mengenal Fitur Baru Voice Chat di WhatsApp, Bisa Ngobrol Langsung 128 Orang

Kini saatnya kamu mencoba sendiri dengan mengikuti tips sederhana di atas agar terhindar dari radiasi layar monitor. Selain itu pastikan kamu membeli monitor dengan kualitas terbaik salah satunya adalah monitor dari DB Klik. Dengan menggunakan bahan berkualitas terbaik dan fitur unggulan, membuat pemakaian lebih nyaman. Kalian dapat membeli monitor ini langsung melalui website DB Klik atau langsung ke offline store toko monitor DB KLIK,  kalian juga bisa langsung membelinya melalui tautan ini.

Rekomendasi monitor yang bisa menjadi referensi kamu adalah monitor Led Monitor ACER EK221QH  yang saat ini bersedia di DB Klik. Kehadiran monitor ini tentu menjadi salah satu pertimbangan untuk kalian pasalnya monitor ini menawarkan resolusi Full HD (1920 x 1080) dengan teknologi panel VA. Monitor ini memiliki tingkat kecerahan 250 nit, rasio kontras dinamis 100.000.000:1, dan waktu respons 1 ms VRB. Monitor ini juga mendukung AMD FreeSync, sebuah teknologi yang dapat menyinkronkan frame rate antara monitor dan kartu grafis untuk menghindari tearing dan stuttering pada game.

KESIMPULAN

Perangkat komputer kini bak menjadi kebutuhan sehari-hari. Khususnya para pekerja yang menghabiskan waktunya di depan layar monitor. Hal itu dapat mengakibatkan mata kita mudah cepat lelah, kering bahkan yang lebih parah hingga menyebabkan kerusakan pada mata. Oleh karena itu ulasan di atas membahas tentang tips sederhana menghidari radiasi pada layar monitor. 

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.