7 Tips Memilih PC Gaming Rakitan untuk Pemula, Jangan Salah Langkah!
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

7 Tips Memilih PC Gaming Rakitan untuk Pemula, Jangan Salah Langkah!

7 Tips Memilih PC Gaming Rakitan untuk Pemula, Jangan Salah Langkah!

DB KLIK - Tips memilih PC gaming rakitan ini bisa menjadi solusi kamu yang memiliki hobi bermain game. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak konsol yang menghadirkan pengalaman gaming yang seru untuk dicoba. 


Salah satunya adalah personal computer (PC) gaming. Namun,  memilih PC gaming memang bukan perkara mudah karena ada banyak faktor yang perlu jadi bahan pertimbangan.


Sebab, kamu harus membeli berbagai komponen, seperti CPU, SSD, motherboard, RAM, dan GPU sesuai dengan kebutuhan dan jenis game yang akan dimainkan.


Meski demikian, hal itu tidak menyurutkan semangat para gamers untuk memiliki PC gaming. Kendala biaya yang menghantui bisa diatasi dengan satu solusi, yaitu merakit PC gaming sendiri.


Bagi kamu yang masih pemula, artikel ini akan mengulas beberapa tips yang bisa menjadi kriteria dalam pmemulih PC gaming rakitan untuk menunjang permainan kamu. Simak selengkapnya : 


Baca juga : 7 Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca, Mudah Tanpa ke Tempat Service


1. Prosesor


Faktor pertama yang wajib kamu perhatikan adalah pemilihan CPU yang menunjang aktivitas gaming kamu. Pasalnya komponen ini mempunyai peran vital untuk memproses data yang dibutuhkan dalam permainan yang kompleks.


Paling tidak PC gaming kamu menggunakan CPU Core i5 atau Ruzen 5. Namun jika kamu hanya memiliki budget terbatas, kami bisa pilih AMD Ryzen generasi 3.


CPU-CPU yang diulas tersebut merupakan CPU yang telah teruji tangguh dalam memainkan aneka jenis genre permainan rilisan terbaru saat ini.


2. RAM


Selanjutnya yang perlu kamu cermati adalah RAM atau Random Access Memory, yang berfungsi untuk memproses data ketika PC tengah mengaktifkan software dengan pemrosesan data yang kompleks, seperti game.



Jadi demi menunjang kinerja PC gaming kamu, kapasitas memori harus besar agar performa PC kian ringan. Kalau bingung menentukan kapasitas RAM, petakan sebelumnya kebutuhan kamu.


Contohnya kamu hanya pakai PC untuk main game, artinya kamu memerlukan RAM dengan kapasitas memori paling sedikit 8 GB. Tapi kalau kamu mau merekam permainan juga, kapasitas yang kamu butuhkan minimal adalah 16 GB.


3. VGA


VGA juga merupakan unsur yang berpengaruh pada kinerja PC kamu. Apalagi dengan aktivitas memuat data yang berat. Jadi kamu butuh VGA generasi terbaru agar seluruh kegiatan bermain game kamu berlangsung tanpa hambatan


Sementara GPU adalah Graphics Processing Unit yang fungsinya mengelola serta membuat performa grafik dan video meningkat. Agar permainan berjalan mulus, kamu perlu GPU yang optimal, seperti GPU Nvidia RTX atau bisa juga AMD Radeon RX.


4. SSD dan HDD


Selanjutnya kamu juga perlu memilih sarana penyimpanan yang memadai. Ini karena komponen penyimpanan memengaruhi kecepatan sistem saat membuka data yang sebelumnya kamu install. Selain itu SSD dan HDD juga berdampak pada jumlah game dan proram yang bisa kamu install dalam waktu bersamaan.


Dengan menanamkan sistem penyimpanan yang mumpuni ada beberapa kelebihan yang akan kamu rasakan. Pertama loading game lebih cepat, boot sistem juga lebih cepat, ini termasuk ketika mengakses aplikasi media player, surel, dan browser.


Memasangkan sebuah SDD dan sebuah HDD sekunder sebagai ruang tambahan sangat direkomendasikan. Dengan begitu kamu dapat menyimpan history game dan sistem operasi dengan cepat menggunakan SSD, sementara untuk file yang jarang kamu pakai bisa disimpan di HDD. Ini mengingat HDD memang berkapasitas lebih longgar walaupun lebih lambat.



5. PSU yang Sesuai Listrik di Rumah


PSU atau Powers Supply berfungsi untuk menyalurkan daya listrik pada komponen-komponen di motherboard. Unsur tersebut adalah bagian dari casing PC dan bekerja dengan merubah daya 120 V lalu mengalirkannya pada komponen dimaksud sesuai kebutuhan. 


Karena itu kamu disarankan untuk memilih PC dengan daya sesuai kapasitas daya listrik hunian kamu agar nggak bermasalah nantinya. Di pasaran sendiri PC gaming tersedia dalam berbagai opsi daya, misalnya 300 W sampai 1.000 W.


Cermati juga komponen gaming yang kamu pilih karena bisa berdampak pada konsumsi daya. Terakhir, kamu perlu memastikan rating power supply mempunyai sertifikasi 80 plus.


6. Kelengkapan Soket Motherboard


Motherboard adalah papan sirkuit yang memuat seluruh komponen seperti SSD, RAM, GPU, CPU, dan banyak lagi. Selain itu perangkat ini juga mempunyai soket-soket untuk mendukung pengoperasian PC seperti display, audio, USB, dan lain-lain.


Misalnya, untuk main game kamu memerlukan soket audio yang berkualitas. Intinya, kamu perlu cek dan ricek dengan seksama kelengkapan penunjang motherboard yang tertanam pada PC. Dengan begitu kamu bisa upgrade komponen-komponen dimaksud nantinya.   


7. Desain Casing


Pc gaming fullset seperti yang kamu tahu mempunyai dimensi yang bervariasi dengan berbagai style visual. Terkait casing ini ada yang memang mempertimbangkan fungsi tertentu seperti pendinginan atau ruang, namun ada juga hanya karena faktor estetika.


Rekomendasi terbaik untuk para gamer adalah casing sedang/ATX. Keunggulan casing yang populer di kalangan gamer ini adalah dapat menunjang kinerja berbagai komponen. Kelebihannya yang lain adalah mempunyai sistem pendinginan yang besar. Selain itu desainnya juga ringkas dan bisa kamu letakkan di mana pun.


Baca juga : Kenali Tanda-tanda SSD Akan Rusak, Segera Lakukan ini Agar Datamu Aman


Itulah tadi ips memilih PC gaming rakitan yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Selain dengan cara di atas, pastikan kamu menggunakan perangkat dengan kualitas terbaik. Salah satunya adalah power suplay dari DB KLIK. Dengan menggunakan bahan berkualitas terbaik dan fitur unggulan, membuat pemakaian lebih nyaman. Kalian dapat membeli power suplay ini melalui website DB KLIK atau kalian bisa langsung  membelinya melalui tautan ini.



Rekomendasi power supply yang bisa menjadi referensi kamu adalah Corsair CV650  yang saat ini juga tersedia di DB Klik. Corsair CV650 bisa menjadi pilihan kamu yang sedang mencari power supplay untuk bermain game, pasalnya catu daya Corsair CV650 ideal untuk memberi daya pada PC gaming kamu, dengan Efesian 80 plus bronze serta 650Watt.


KESIMPULAN


Tujuh tips memilih PC gaming rakitan bagi kamu yang masih pemula sudah diulas di atas. Seperti diketahui, PC gaming rakitan merupakan solusi untuk kamu yang sedang mencari perangkat yang mempuni demi menghadirkan pengalaman gaming yang seru untuk dicoba. Secara umum, merakit PC gaming merupakan proses penggabungan komponen-komponen hardware yang diperlukan untuk membangun sistem komputer, Meski dibeli secara terpisah, hardware tetap bisa bekerja secara sinergi dengan baik. Kamu juga bisa membeli perangkat rakitan di Toko Rakitan DB Klik.


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.