10 Cara Menghemat Kuota Internet di HP Android, Dijamin Gak Bikin Dompet Jebol
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

10 Cara Menghemat Kuota Internet di HP Android, Dijamin Gak Bikin Dompet Jebol

10 Cara Menghemat Kuota Internet di HP Android, Dijamin Gak Bikin Dompet Jebol

DB KLIK - Berikut sepuluh cara menghemat kuota internet, khususnya di handphone atau HP android. Seperti diketahui kuota internet saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan para pengguna smartphone, apalagi bagi kamu yang sangat aktif mengakses internet. 

Dengan kuota internet kamu bisa dengan mudah mengakses internet seperti bermain game, media sosial, atau keperluan untuk bekerja.

Namun, tanpa disadari ada beberapa hal yang berpotensi memboroskan pemakaian kuota data di ponsel Android, baik berupa setting di perangkat ataupun kebiasaan pengguna. 

Maka hal itu artikel ini akan mengulas cara menghemat kuota internet yang nggak bakal membuat dompet kamu jebol. Simak selengkapnya melansir dari Gizcina :

  1. Pantau konsumsi data Anda

Hal yang satu ini bisa dibilang jelas mesti dilakukan, namun terkadang luput dari perhatian. Akibatnya kuota bisa habis tanpa disadari. Pemantauan akan menginformasikan berapa jumlah kuota yang tersisa sehingga pengguna bisa mengatur strategi, apakah masih bisa dipakai seperti biasa atau harus mulai mengirit.

Cara termudah untuk memantau kuota yang tersisa adalah dengan menggunakan aplikasi dari masing-masing operator seluler yang bisa diunduh dari Google Play Store, yakni My Telkomsel, MyXL, dan MyIM3. 

  1. Jangan download aplikasi atau file dengan koneksi seluler 

Jika perlu mengunduh data dari internet, terutama yang berukuran besar seperti video atau installer game, termasuk dari toko aplikasi, sebaiknya hanya lakukan saat perangkat terkoneksi ke Wi-Fi. Sebab proses pengunduhan akan secara langsung mengurangi kuota data apabila dilakukan lewat koneksi seluler. Proses download pun berisiko berhenti mendadak apabila kuota habis di tengah jalan. 

  1. Download konten dari layanan streaming saat ada Wi-Fi

Layanan-layanan streaming konten seperti Netlix untuk video dan Spotify untuk audio biasanya menawarkan opsi download agar pengguna bisa tetap menonton film atau mendengarkan lagu saat sedang tidak ada koneksi internet, misalnya di pesawat terbang. Fitur ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengirit pemakaian kuota data internet. Unduhlah konten saat sedang ada koneksi Wi-Fi, seperti di rumah atau kantor. Selanjutnya, Anda pun bisa menikmatinya tanpa perlu akses internet.

Baca Juga : Mengenal Fitur Baru Instagram Shared List, Bisa dengan Mudah Bagikan IGS ke Banyak Circle

  1. Atur kualitas streaming agar lebih hemat data

Bagaimana jika tak sempat mengunduh konten layanan streaming via Wi-Fi? Tenang, kamu masih bisa mengirit pemakaian kuota data seluler dengan cara mengatur kualitas konten streaming. Para penyedia layanan streaming, termasuk juga YouTube yang menyediakan opsi ini di menu pengaturan. Kamu tinggal memilih opsi yang kualitasnya tak terlalu tinggi. Semakin rendah setting kualitasnya, maka pemakaian daya makin kecil tapi kualitas gambar atau suara jadi makin buruk. Carilah setting yang imbang antara kualitas dan konsumsi data. 

  1. Atur update aplikasi agar hanya lewat Wi-Fi

Toko aplikasi Google Play Store menyediakan pilihan untuk melakukan update aplikasi secara otomatis. Sebaiknya fitur ini dihidupkan agar aplikasi-aplikasi di perangkat kamu selalu diperbarui tanpa perlu repot melakukannya secara manual. Untuk menghemat kuota, aturlah agar Play Store hanya melakukan update saat perangkat terkoneksi ke Wi-Fi. Dengan demikian, paket internet seluler Anda pun aman dari unduhan update aplikasi yang bisa berukuran besar. 

  1. Gunakan Offline Maps untuk navigasi di Google Maps 

Aplikasi pemetaan tersebut perlu mengakses internet untuk menampilkan peta. Untuk mengirit pemakaian data selulernya, unduhlah data peta terlebih dahulu saat terkoneksi ke Wi-Fi. 

Fitur bernama "Offline Maps" di Google Maps ini bisa diakses dengan meng-klik foto profil di aplikasi. Kamu tinggal memilih wilayah mana yang hendak diunduh data petanya, misalnya daerah tujuan wisata atau rute jalan ke sana. 

Yang perlu diingat, Offline Maps membutuhkan ruang penyimpanan cukup besar di media internal perangkat. Ukurannya bervariasi tergantung luas peta yang diunduh. Jadi, pastikan dulu perangkat Anda memiliki space yang cukup. 

  1. Aktifkan fitur "Data Saver" di perangkat 

Kebanyakan perangkat Android memiliki fitur penghemat kuota data. Biasanya bernama "Data Saver" atau sejenisnya. Mode data saver akan memangkas konsumsi data dari aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu penting sehingga mengirit kuota keseluruhan. Fitur Data Saver umumnya bisa ditemukan di bagian pengaturan jaringan seluler di menu Settings perangkat. 

  1. Batasi akses internet oleh aplikasi yang tidak diperlukan 

Banyak aplikasi kerap mengakses data dari internet di latar belakang, misalnya saat sinkronisasi notifikasi atau posting. Kamu dapat pula membatasi akses internet oleh aplikasi-aplikasi semacam ini lewat menu Apps di Settings. 

Klik nama aplikasi yang bersangkutan, lalu pilih opsi Mobile Data & Wi-Fi, kemudian matikan toggle background data. Kamu juga bisa memilih untuk memberikan akses data tanpa dibatasi saat mode Data Saver aktif atau tidak. 

Baca Juga : Mengenal DuckDuckGo, Search Engine yang Paling Aman Tanpa Dilacak

Satu catatannya, apabila penggunaan data dibatasi, aplikasi yang perlu mengakses internet secara terus menerus seperti instant messenger mungkin bisa tidak menerima pesan baru. 

  1. Matikan fitur Auto-download di WhatsApp 

Aplikasi pesan instan WhatsApp sering digunakan untuk berbagi konten foto, audio, dan video, terutama di grup. Konten media yang diunduh secara otomatis tentunya lambat laun bisa menghabiskan ruang penyimpanan, selain memboroskan kuota data. 

Kamu dapat mengatur agar WhatsApp tidak mengunduh kiriman-kiriman konten tersebut secara otomatis. Caranya cukup dengan meng-klik tiga titik di kanan atas, lalu pilih Settings > Storage and Data. 

Lalu, di bagian media auto-download, pilih opsi yang Anda kehendaki. Apakah ingin otomatis mengunduh konten saat terkoneksi ke Wi-Fi dan seluler, hanya Wi-Fi, atau tidak sama sekali. Walaupun download otomatis dimatikan, Anda masih bisa melihat preview konten, tapi gambarnya buram sebelum diunduh. Jadi, kamu dapat memilih sendiri konten mana yang hendak di-download 

  1. Tentukan batas penggunaan data 

Agar tidak bablas memakai kuota data internet sampai habis, kamu bisa mengatur batas maksimal pemakaian data seluler. Biasanya opsi ini ada di menu pengaturan konektivitas seluler di Settings. Di sana akan tersedia opsi untuk menentukan berapa besarnya kuota data maksimal yang bisa dipakai tiap bulan, dalam satuan megabyte atau gigabyte. Beberapa ponsel juga menyediakan fitur warning untuk mengingatkan apabila kuota data tinggal sedikit. Data limit di sini didasarkan pada pengukuran oleh perangkat sehingga angkanya mungkin berbeda dari pengukuran konsumsi data oleh operator seluler.

Kini saatnya kamu coba cara menghemat kuota internet sendiri. Pastikan kamu mengakses internet menggunakan handphone dengan kualitas terbaik. Salah satunya adalah handphone dari DB Klik. Dengan menggunakan bahan berkualitas terbaik dan fitur unggulan, membuat pemakaian lebih nyaman. Kalian dapat membeli handphone ini langsung melalui website DB Klik atau kalian bisa langsung membelinya melalui tautan ini.


Rekomendasi handphone gaming yang bisa menjadi referensi kamu adalah Xiaomi Poco M5S 4G 4/64GB yang saat ini bersedia di DB Klik. Kehadiran Xiaomi Poco M5S 4G 4/64GB tentu menjadi pilihan menarik buat kamu yang punya kebutuhan untuk gaming karena memiliki performa cukup tangguh di kelas mid-entry. Kinerja chipset-nya disokong dua opsi RAM 4GB dan 6GB, dengan kapasitas penyimpanan internal 64 GB dan 128 GB dan baterai 5.000 mAh dengan fast charging 18W. Selain untuk gaming, Ponsel ini dibekali tiga kamera di belakang, dengan konfigurasi kamera utama 50MP, kamera makro 2MP, dan kamera depth 2MP. Sedangkan di depan ada kamera selfie 5MP. Harga HP gaming Poco terbaru ini dibanderol mulai dari Rp 2 jutaan.

KESIMPULAN

Nah, itulah informasi tentang 10 cara menghemat kuota internet di HP android. Tanpa disadari ada beberapa hal yang berpotensi memboroskan pemakaian kuota data di ponsel Android kamu, baik berupa setting di perangkat ataupun kebiasaan pengguna. Maka hal itu artikel diatas telah mengulas cara menghemat kuota internet yang nggak bakal membuat dompet kamu jebol. Kamu juga dapat menyimak rekomendasi handphone yang cocok untuk bermain Mobile Legends yang saat ini tersedia di DB Klik.


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.


Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.