TikTok Shop Comeback!!! Ini Yang Harus Dipersiapkan Seller Dan Cara Menggunakannya
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

TikTok Shop Comeback!!! Ini Yang Harus Dipersiapkan Seller Dan Cara Menggunakannya

TikTok Shop Comeback!!! Ini Yang Harus Dipersiapkan Seller Dan Cara Menggunakannya

DB KLIK - Tiktok Shop kini resmi menjalin kemitraan strategisnya bersama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo). Para seller TikTok Shop harus mempersiapkan hal - hal ini untuk bisa kembali berjualan di TikTok Shop.


Kerja sama ini ditandai dengan peluncuran kampanye 'Beli Lokal' pada 12 Desember 2023, tepat pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Kampanye ‘Beli Lokal’ akan hadir di aplikasi Tokopedia dan TikTok untuk mempromosikan berbagai jenis merchant. 


GoTo memastikan fokus utama dalam program ini adalah produk asal Indonesia. Program ini akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka. GoTo mengatakan kampanye tersebut merupakan inisiatif pemerintah Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui pemberdayaan UMKM lokal.


Lewat investasi senilai 1,5 miliar dollar AS (Rp 23,4 triliun) untuk mendukung operasional GoTo, TikTok menjadi pengendali atas e-commerce Indonesia itu dengan kepemilikan saham 75,01 %. Semua fitur layanan belanja di TikTok Shop Indonesia bakal dioperasikan dan dikelola langsung oleh PT GoTo. Menurut GoTo, pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah dikombinasikan dengan TikTok Shop Indonesia ini akan membawa keuntungan bagi GoTo. 


Kerja sama antara TikTok dan Tokopedia ini menjadi randa kembalinya platform media sosial TikTok ke bisnis e-commerce di Indonesia, setelah sempat berhenti operasi akibat regulasi pemerintah. Dengan kolaborasi ini, kedua perusahaan berharap untuk menciptakan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang dan memperkuat posisi mereka dalam pasar e-commerce Indonesia. 

Hal Yang Harus Dipersiapkan Seller


Sesuai dengan email dari TikTok yang sudah didapat setiap seller, langkah - langkah yang musti seller lakukan sebelum aktif berjualan kembali di TikTok Shop adalah sebagi berikut:


  1. Non-Aktifkan Mode Libur

Karena selama dihentikan berberapa bulan lalu, TikTok melakukan pengaktifan secara otomatis ‘Mode Libur’ pada setiap merchant di TikTok Shop. Sehingga sekarang kalian perlu menonaktifkan kembali ‘Mode Libur’ agar produk kalian muncuk dan dapat diakses oleh pelanggan melalui klik Akun Saya > Pengaturan Akun > Nonaktifkan Mode Libur.


  1. Kelola Produk dan Stok

Selanjutnya, kalian harus mengatur atau mengelola stok produk yang akan dijual dengan cara:

  • Tambah produk dan cek status produk yang sudah ada

  • Pastikan produk memiliki detail yang lengkap (nama, gambar, atribut dan deskripsi)

  • Perbarui stok produk

  • Pastikan harga produk sesuai


  1. Kelola Opsi Pengiriman

Tahap ketiga yakni, kalian harus mengatur opsi pengiriman dengan cara:

  • Tentukan berat dan dimensi produ

  • Cek ulang opsi pengiriman (Dikirim via platform atau oleh seller)

  • Pilih metode pembuatan Tanda Terima


  1. Kelola Promosi dan Kolaborasi Afiliasi

Langkah selanjutnya yaitu seller perlu mengelola promosi dan kolaborasi dengan para affiliate, dengan cara:

  • Atur promosi produk

  • Atur kolaborasi afiliasi (sebelumnya dikenal dengan program afiliasi)

  • Cek promosi yang aktif

Seller yang sebelumnya telah menikuti campaign seperti Program Biaya Pengiriman masih berhak menggunakannya


  1. Kelola Customer Service

Langkah terakhir,  jangan lupa untuk mengatur laman customer service, untuk memberi pelanggan pengalaman belanja yang memuaskan. Hal ini dilakukan dengan cara:

  • Kelola akses tim customer service

  • Kelola daftar FAQ

  • Aktifkan chat bot assistant 


Berikut adalah hal - hal yang harus dipersiapkan seller kembali dan jangan lupa untuk menghubungkan produk kalian ke video produk dan sesi Live!

Cara Membeli Di TikTok Shop x Tokopedia


Sesuai dengan email dari TikTok yang sudah didapat setiap pengguna, cara menggunakan TikTok Shop x Tokopedia sepertinya tak jauh beda dengan cara menggunakan TikTok Shop yang lama. Pengguna bisa melakukan check out produk melalui keranjang kuning yang disematkan oleh seller atau affiliator di live, toko, atau postingan mereka. Setelah itu, akan muncul lokasi alamat pengiriman dan kamu tinggal membayar untuk menyelesaikan transaksinya. Transaksi ini sudah bisa dilakukan mulai hari Selasa, 12 Desember 2023.


Kini saatnya kamu coba langsung belanja di TikTok shop. Pastikan kamu menggunakan handphone dengan kualitas terbaik. Salah satunya adalah handphone dari DB Klik. Dengan menggunakan bahan berkualitas terbaik dan fitur unggulan, membuat pemakaian lebih nyaman. Kalian dapat membeli handphone ini langsung melalui website DB Klik atau kalian bisa langsung membelinya melalui tautan ini.

Rekomendasi handphone yang bisa menjadi referensi kamu adalah Xiaomi Poco M5S 4G 4/64GB yang saat ini bersedia di DB Klik. Kehadiran Xiaomi Poco M5S 4G 4/64GB tentu menjadi pilihan menarik buat kamu yang punya kebutuhan untuk sehari-hari atau gaming karena memiliki performa cukup tangguh di kelas mid-entry. Kinerja chipset-nya disokong dua opsi RAM 4GB dan 6GB, dengan kapasitas penyimpanan internal 64 GB dan 128 GB dan baterai 5.000 mAh dengan fast charging 18W.

KESIMPULAN

Dengan munculnya kembali TikTok Shop yang sempat berhenti operasi akibat regulasi pemerintah dan kini telah menjalin kerjasama dengan GoTo, diharapkan melalui kolaborasi ini, kedua perusahaan tersebut mampu untuk menciptakan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang dan memperkuat posisi mereka dalam pasar e-commerce Indonesia.  


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.


Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.