Review MSI PRO DP21 12M-452ID, Mini PC yang Bisa Upgrade Processor
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Review MSI PRO DP21 12M-452ID, Mini PC yang Bisa Upgrade Processor

Review MSI PRO DP21 12M-452ID, Mini PC yang Bisa Upgrade Processor

DB Klik - Kamu merasa processor mini PC yang kamu punya lemah tapi tidak bisa diupgrade? Mini PC MSI PRO DP21 12M-452ID bisa jadi pertimbangan kamu yang ingin upgrade processor di mini PC. apa saja yang ditawarkan mini PC ini? Simak review MSI PRO DP21 12M-452ID, mini PC yang Bisa upgrade processor dari kami. 

Semakin berkembangnya zaman, semakin kecil juga sebuah perangkat PC. Kita tidak membicarakan PC full tower pada umumnya. Kita membicarakan tentang “saudara” dari PC full tower yakni mini PC. Sekilas, memang seperti PC full tower yang dikecilkan namun, mini PC telah memiliki wilayahnya sendiri. Sering dibandingkan terkait performa PC full tower dan mini PC apabila untuk gaming atau untuk software desain dan animasi. Namun, perbandingan ini jelas berat sebelah. PC full tower memiliki tempatnya sendiri. Kelebihan dan kekurangan tersendiri dari mini PC ataupun PC full tower tidak bisa ditentukan dari sekedar perbandingan. 

Mini PC MSI PRO DP21 12M-452ID hadir sebagai sebuah mini PC yang sebenarnya, yakni sebuah versi kecil dari PC full tower. Pengguna mini PC sering mengeluh terkait tidak bisa diupgradenya processor mini PC. mereka harus “terkunci” dengan processor mini PC yang seperti itu saja. Berbeda dengan Mini PC MSI PRO DP21 12M-452ID yang bisa upgrade processor. Untuk membuktikan hal ini, kami menyiapkan sebuah ulasan lengkap dari Mini PC MSI PRO DP21 12M-452ID. 

Review MSI PRO DP21 12M-452ID, Mini PC yang Bisa Upgrade Processor

  • Tampilan Luar

Mari kita mulai review MSI PRO DP21 12M-452ID dari tampilan luar. Tampilan dari Mini PC MSI PRO DP21 12M-452ID berwarna hitam doff dengan tekstur sedikit kasar di beberapa permukaan perangkat. Di depan, ada guratan plastik hitam untuk menambahkan definisi serta logo MSI berwarna silver. Tombol power nantinya akan berwarna putih saat nyala. Tampilan depan ini seakan berusaha menonjol secara tidak berlebihan. Terdapat jaring-jaring besi untuk sirkulasi udara terletak di sisi samping dan satu lubang besar di atas sebagai outtake kipas pendingin. Sisi depan dan belakang tersedia beberapa port konektivitas. Secara keseluruhan, dimensi mini PC ini adalah 2.2 x 8 x 8.2 inci. 

  • Port Konektivitas

Masih berhubungan dengan tampilan luar, sisi depan dan sisi belakang mini PC ini berisi tawaran port konektivitas mini PC ini. Didepan, ada 4 port USB 2.0 dan 1 port 3.5 mm headphone dan 1 port Mic. Kamu bisa memasang banyak periferal seperti mouse, keyboard, port extension, bahkan reader CD eksternal.

Di belakang, ada 2 port USB 3.2 gen 2, 1 port USB 3.2 gen 1, 1 port USB type C. Total 3 port USB 3.2 membuat kamu semakin leluasa untuk menambah periferal seperti hardisk eksternal. Lalu, port USB type C memudahkan konektivitas dengan smartphone atau hardisk eksternal yang menggunakan antarmuka type-C. Setelah itu, terdapat 1 port HDMI, 1 Port DP, dan 1 Port VGA COM. port HDMI dan DP di mini PC ini sudah mendukung untuk tampilan 4K 60 FPS serta memungkinkan untuk tampilan 2 monitor sekaligus. Terdapat juga 1 port ethernet Gigabit. Dan terakhir, terdapat tambahan 1 port jack mic dan 1 port jack audio.  

  • Komponen Internal

Kita menuju ke bagian yang ditunggu-tunggu untuk dibahas yakni komponen internal. Kamu bisa membuka panel atas mini PC MSI PRO DP21 12M-452ID dengan membuka 2 sekrup di panel atas. Untuk versi bawaan mini PC ini, sudah tersedia prosesor Intel Core i3-12100 dengan grafis Intel UHD, RAM 8 GB, dan SSD 250 GB. Terlepas dari itu, kamu akan tahu bahwa mini PC ini sangat mudah untuk di modifikasi. Yap, ini adalah keunggulan Mini PC MSI PRO DP21 12M-452ID dibandingkan mini PC sejenis lainnya. Kamu akan melihat 1 slot untuk SSD 2280 M.2 dan 1 slot Wireless M.2 2230. Slot SSD M.2 2280 adalah slot umum untuk SSD M.2 NVMe modern. Versi bawaan sudah termasuk wireless card yang mendukung WIFI 6 dan Bluetooth 5.2. Lalu, terdapat 2 slot untuk RAM DDR4 SO-DIMM yang mendukung sampai 64 GB (32 + 32 GB). Kamu juga bisa memasang 2 HDD 2.5 inci diatas slot SSD. Bahkan, kamu juga bisa upgrade processor mini PC ini karena telah memakai socket Intel FCLGA1700 “Alder Lake” 65 watt. Mini PC seringkali tidak membutuhkan pendingin yang besar karena ukuran yang kecil. Tetapi, Mini PC MSI PRO DP21 12M-452ID menambahkan 1 unit kipas di depan heatsink untuk pendinginan optimal.  

  • Uji Performa

Kami juga telah menyiapkan uji performa untuk review MSI PRO DP21 12M-452ID versi bawaan. Dilansir oleh pcmag.com, pengujian dilakukan untuk tes penggunaan produktivitas sehari-hari, pembuatan konten (Photoshop), rendering (video dan file), serta tes 3D. Performa untuk penggunaan produktivitas sehari-hari adalah sangat baik dengan skor diatas 4000. Kemampuan CPU juga dinilai sangat baik dengan performa lebih baik dibandingkan mini PC setara. Untuk tes Photoshop, mini PC ini sedikit lemah, namun tetap bisa bersaing apabila upgrade RAM. 

Lalu, pcmag.com juga tes kemampuan 3D rendering menggunakan alat test DirectX 12 simulasi game Night Raid dan Time Spy dari UL’s 3DMark dan simulasi game lain di GFXBench 5. Hasilnya adalah performa mini PC ini terhambat oleh grafis terintegrasi Intel UHD 730. Mini PC ini praktis tidak bisa dipakai gaming secara maksimal. Penambahan performa bisa terasa apabila upgrade processor dengan grafis terintegrasi yang lebih baik dari Intel.  

Sekian mengenai review MSI PRO DP21 12M-452ID. Pada akhirnya, mini PC ini adalah ditargetkan untuk pengguna pekerja kantoran, WFH, dan pelaku bisnis. Kamu bisa mendapatkan Mini PC MSI PRO DP21 12M-452ID di DB Klik toko komputer surabaya seharga Rp. 8.250.000. DB Klik toko komputer surabaya menyediakan garansi resmi 2 tahun untuk Mini PC MSI PRO DP21 12M-452ID. 

KESIMPULAN

kamu lagi cari Mini PC yang bisa full upgrade? Mini PC MSI PRO DP21 12M-452ID bisa jadi pertimbangan kamu. artikel ini akan review MSI PRO DP21 12M-452ID

beberapa kelebihan dari Mini PC MSI PRO DP21 12M-452ID adalah: 

  • Desain perangkat minimalis

  • Sangat banyak port konektivitas

  • Bisa full upgrade, termasuk processor

  • Performa optimal untuk penggunaan pekerjaan

  • Bisa untuk tampilan 2 monitor

  • Cukup mumpuni untuk rendering video

Beberapa kekurangan dari Mini PC MSI PRO DP21 12M-452ID adalah: 

  • Ukuran perangkat yang tidak yang paling kecil dalam standar mini PC

  • Tidak optimal untuk gaming

  • Perangkat grafis hanya dari grafis terintegrasi

DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.