Pilih Mana: Mouse Wireless atau Mouse Bluetooth? Ini Perbedaannya!
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Pilih Mana: Mouse Wireless atau Mouse Bluetooth? Ini Perbedaannya!

Pilih Mana: Mouse Wireless atau Mouse Bluetooth? Ini Perbedaannya!

DB KLIK - Mouse menjadi alat navigasi paling favorit untuk meningkatkan produktivitas kita, karena menggunakan Mouse pastinya lebih praktis dan mudah daripada hanya menggunakan trackpad pada Laptop kalian. Dari berbagai macam bentuk Mouse, ada dua yang sedang populer untuk digunakan, yaitu Mouse Wireless dan Mouse Bluetooth

Kira-kira apa sih bedanya Mouse Wireless dan Mouse Bluetooth? Lalu, mana yang lebih baik? Mouse Wireless atau Mouse Bluetooth?

Pilih Mana: Mouse Wireless atau Mouse Bluetooth? Ini Perbedaannya!

Sebenarnya mouse wireless dan mouse bluetooth tidak memiliki perbedaan yang signifikan, hanya saja mereka memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Secara singkat, sesuai dengan namanya Mouse Bluetooth hanya bisa digunakan pada perangkat yang memiliki bluetooth, sedangkan Mouse wireless dapat digunakan dengan perangkat apapun tanpa keterbatasan yang dimiliki Bluetooth

Mouse Wireless

Mouse Wireless merupakan mouse yang tidak memiliki kabel (nirkabel) yang dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat menggunakan dongle sebagai penghubung antara perangkat dengan mouse.



Kelebihan Mouse Wireless

  • Memiliki Tingkat Latensi yang lebih Rendah

Apa itu Latensi Jaringan (Latency)? Latensi jaringan merupakan waktu keterlambatan jaringan pada perangkat nirkabel, antara perangkat satu dengan lainnya. Sebagai contoh: ketika kita melakukan klik pada mouse, itu berarti mouse tersebut mengirimkan data menuju ke laptop kita dengan hitungan waktu beberapa milidetik (ms). Sehingga, mouse wireless pada umumnya memiliki beberapa milidetik lebih cepat daripada mouse dengan jaringan melalui bluetooth.

  • Lebih Baik untuk Bermain Game

Ketika kita bermain game, kita selalu ingin menang dengan mengalahkan lawan terlebih dahulu. Dengan menggunakan mouse wireless kita dapat mengalahkan musuh lebih cepat karena data yang dikirimkan mouse kita lebih cepat dari lawan, sehingga kita dapat menang dengan mudah karena tidak ada delay pada perangkat kita.

  • Lebih Praktis

USB Dongle pada mouse wireless memberikan kemudahan pada penggunanya, karena kita cukup menancapkan pada Laptop atau perangkat lainnya dan Mouse langsung siap dipakai tanpa perlu pengaturan yang lama.

Kekurangan Mouse Wireless

  • Baterai Cepat Habis

Mouse Wireless menggunakan daya yang lebih untuk pemakaian sehari-harinya. Tetapi seiring berkembangnya jaman, mouse wireless sekarang sudah kuat untuk bertahan beberapa hari, bahkan beberapa tahun. Jadi, tidak perlu terlalu khawatir karena kita cukup mengganti baterainya saja atau jika mouse tersebut memiliki fitur untuk di-charge maka kita cukup melakukan itu saja.

  • Tidak dapat Digunakan pada Beberapa Perangkat Lain

Mouse Wireless untuk konektivitas dan jaringannya hanya mengandalkan USB dongle, sehingga ketika perangkat kita tidak memiliki colokan USB (USB Port), maka kita tidak dapat menggunakan mouse tersebut pada perangkat itu. Tetapi kita tidak perlu khawatir, karena sekarang beberapa mouse memiliki fitur dengan berbagai macam konektivitas, sehingga kita dapat menggunakan mouse di perangkat apapun dan kapanpun.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mouse Wireless Murah Terbaik, Nggak Sampai 100 Ribu Untuk Gaya dan Praktis Maksimal

Rekomendasi Mouse Wireless 2024

Tertarik menggunakan Mouse Wireless? Nih, salah satu mouse wireless terbaik dan terlaris tahun ini.

Logitech M170

Pasti kamu tidak asing dengan brand Logitech ini, salah satu brand terbaik dalam perangkat kebutuhan perangkat elektronik kita. Logitech mengeluarkan salah satu jajaran mouse terbaiknya untuk produktivitas, yaitu Logitech M170 yang cocok untuk kamu yang ingin mouse wireless yang praktis dan simpel.

Logitech M170 memiliki desain yang simpel dan mungil agar kita dapat membawanya kemana saja dengan mudah. Dengan baterai yang sangat awet, kita tidak perlu mengganti baterai Logitech M170 selama kurang lebih 12 bulan. Logitech M170 juga memiliki keunggulan dengan cukup tancapkan dongle dan kita dapat menggunakannya langsung. Jarak antara dongle dengan mouse juga cukup jauh, sehingga kita dapat mengakses perangkat kita dengan jarak maksimal sekitar 10 meter. Kamu bisa mendapatkan mouse Logitech M170 melalui tautan ini

Mouse Bluetooth

Mouse Bluetooth merupakan mouse yang tidak memiliki kabel (nirkabel) yang dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat menggunakan bluetooth sebagai penyambung jaringan antar perangkatnya. Berbeda dengan mouse wireless, mouse ini tidak perlu menggunakan dongle untuk dihubungkan dengan perangkat lainnya, cukup melakukan pengaturan bluetooth pada perangkat yang ingin disambungkan.


Kelebihan Mouse Bluetooth

  • Dapat Terhubung dengan Beberapa Perangkat disaat yang Bersamaan

Kelebihan mouse bluetooth ini terdapat pada beberapa mouse yang sudah rilis belakangan. Karena penghubung antara mouse dengan perangkat lainnya hanya dengan bluetooth, maka mouse tersebut dapat terhubung dengan beberapa perangkat pada saat yang bersamaan. Sehingga kita hanya cukup menghubungkan mouse dengan perangkat lainnya tanpa perlu melakukan cabut pasang USB dongle seperti pada mouse wireless.

  • Cocok dengan Perangkat yang Tidak Memiliki USB Port

Kelebihan berikutnya pada mouse bluetooth, yaitu cocok dengan perangkat yang tidak memiliki USB Port. Karena kemudahan konektivitas mouse bluetooth hanya sesimpel menyambungkan bluetooth mouse ke perangkat yang ingin kalian gunakan tanpa menggunakan dongle.

  • Memiliki Daya Tahan Baterai yang Lebih Lama

Penggunaan konektivitas bluetooth tidak memakan daya pada baterai yang lebih banyak daripada mouse wireless. Dikarenakan bluetooth menggunakan frekuensi yang lebih rendah daripada USB dongle, sehingga data yang ditransfer dari mouse ke perangkat lain cukup lambat.

Kekurangan Mouse Bluetooth

  • Harus Melakukan Pengaturan Bluetooth Terlebih Dahulu

Berbeda dengan mouse wireless yang hanya cukup menghubungkan USB dongle ke USB port (plug & play), mouse bluetooth mengharuskan penggunanya untuk melakukan pengaturan ke perangkat kalian yang memiliki bluetooth terlebih dahulu. Sehingga untuk menggunakan mouse bluetooth harus melalui beberapa tahap kecil yang berbeda dengan mouse wireless

  • Memiliki Tingkat Latensi yang Lebih Tinggi

Mouse bluetooth pada umumnya memiliki tingkat latensi yang lebih tinggi daripada mouse wireless karena mereka mengandalkan jaringan bluetooth untuk dapat terhubung. Namun, walaupun latensi yang dirasakan tidaklah cukup besar (karena hanya berbeda sekian milidetik), hal ini juga bisa menjadi keuntungan karena daya yang digunakan untuk mouse bluetooth lebih rendah sehingga mouse dapat bertahan lebih lama daripada mouse wireless.

  • Tidak Cocok Untuk Bermain Game

Hal ini disebabkan karena latensi yang lebih tinggi daripada mouse wireless, sehingga ketika digunakan untuk bermain game maka kita dapat merasakan perbedaan yang cukup jauh dengan mouse wireless.

Baca Juga: Tingkatkan Performa Main Game Menggunakan 7 Fitur Unggulan Mouse Gaming Tahun 2024

Rekomendasi Mouse Bluetooth 2024

Untuk kalian yang lebih tertarik menggunakan Mouse Bluetooth. Nih, salah satu rekomendasi mouse bluetooth yang memiliki desain kece dan fitur yang cocok buat produktivitas kalian!

Logitech POP Mouse

Kembali lagi dengan brand yang paling banyak diminati di beberapa tahun ke belakang. Mungkin kalian bertanya “kenapa sih Logitech lagi?”, tentu saja karena Logitech menjadi salah satu brand yang terdepan dalam kebutuhan seperti mouse dan keyboard. Apalagi dengan inovasi-inovasi mereka yang menarik seperti mouse satu ini!

Logitech POP Mouse merupakan salah satu lineup mouse Logitech yang terbaru dengan inovasi dan desain yang unik apalagi fashionable juga. Desainnya yang kece bikin kita pede buat ngerjain pekerjaan dimana-mana, apalagi dengan berbagai macam pilihan warna, kita jadi bisa menyesuaikan preferensi mouse sesuai dengan yang kita mau. Logitech POP Mouse ini memiliki fitur-fitur yang unik juga, salah satunya adalah tombol ekstra yang bisa kita gunakan untuk berbagai macam shortcut yang bisa kita atur sepuas hati. Dengan daya tahan baterai kurang lebih hingga 2 tahun, Logitech POP Mouse menjadi mouse andalan biar kita tidak ribet untuk ganti-ganti baterai. Kamu bisa mendapatkan mouse Logitech Pop melalui tautan ini

Nah, gimana? Sudah yakin memilih tipe mouse yang mana? Kalau masih bingung, kalian juga bisa lihat jajaran mouse lainnya di Website DB Klik ini lho! Ada berbagai macam pilihan mouse yang sesuai dengan kebutuhan kalian!

Yuk, langsung aja cek website resmi DB Klik atau kalian bisa ke Official Store DB Klik di semua E-Commerce kesayangan kalian! Atau kamu juga bisa kunjungi showroom DB Klik Surabaya di alamat ini.  Jangan lupa follow media sosial kita ya, agar tidak ketinggalan promo-promo lainnya.


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.