NerveGear dan Evangelion Jadi Kenyataan? Ini 5 Teknologi Maju Di Anime Yang Sudah Ada Di Dunia Nyata
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

NerveGear dan Evangelion Jadi Kenyataan? Ini 5 Teknologi Maju Di Anime Yang Sudah Ada Di Dunia Nyata

NerveGear dan Evangelion Jadi Kenyataan? Ini 5 Teknologi Maju Di Anime Yang Sudah Ada Di Dunia Nyata

DB Klik - Teknologi maju di anime jadi kenyataan? Anime seringkali menampilkan teknologi maju yang belum ada di dunia nyata. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi sekarang, beberapa teknologi maju di anime mulai menjadi kenyataan. Sehingga sekarang berberapa teknologi maju di anime sudah ada di dunia nyata.


Anime selalu menjadi sumber inspirasi bagi banyak aspek kehidupan kita, termasuk teknologi. Selama bertahun-tahun, kita telah melihat banyak kemajuan dalam teknologi kehidupan nyata yang sebelumnya pernah digambarkan dalam anime. Dari virtual reality hingga hologram, anime telah terbukti menjadi media yang visioner. Berikut adalah beberapa contoh teknologi maju di anime yang sudah ada di dunia nyata. 


Virtual Reality: Sword Art Online



NerveGear adalah salah satu contoh teknologi maju di anime yang ikonik. NerveGear adalah virtual reality berbentuk seperti headset di Sword Art Online (SAO). Dalam anime ini, para pemain mengenakan headset khusus yang akan membawa mereka dalam dunia virtual. Sesaatnya disana, mereka dapat berinteraksi dengan orang lain dan mengalami sensasi yang realistis. 


Meskipun Sword Art Online pada awalnya merupakan karya fiksi, teknologi virtual reality kini telah menjadi kenyataan. Perusahaan seperti Oculus Rift dan PlayStation VR telah mengembangkan headset yang memungkinkan pengguna untuk merasakan pengalaman bermain game virtual reality dan lingkungan yang imersif, membawa kita selangkah lebih dekat ke dunia Sword Art Online. 


Artificial Intelligence: Ghost in the Shell 



Ghost in the Shell adalah anime cyberpunk yang mengeksplorasi konsep penggabungan kesadaran manusia dengan artificial intelligence (kecerdasan buatan). Serial ini menampilkan teknologi cyborg yang canggih, di mana manusia dapat meningkatkan tubuh mereka dengan implan cybernetic dan menghubungkan otak mereka ke internet. 


Meskipun kita mungkin belum mencapai tingkat kemajuan teknologi seperti itu, tapi artificial intelligence telah membuat kemajuan yang signifikan di dunia kita. Voice assistant seperti Siri dan Alexa menjadi semakin populer. Konsep penggabungan kesadaran manusia dengan mesin, seperti yang digambarkan dalam anime Ghost in the Shell, mungkin tidak lama lagi akan terjadi di masa depan.


Baca Juga: 12 Rekomendasi Anime Bertema Teknologi yang Cocok Temani Weekend Kamu


Robotics: Neon Genesis Evangelion

 

Neon Genesis Evangelion (NGE) adalah anime mecha yang menampilkan robot humanoid raksasa yang disebut Evangelion. Robot ini dikemudikan oleh para remaja untuk bertarung melawan makhluk-makhluk mengerikan. Meskipun kita masih belum memiliki robot raksasa yang berkeliaran di jalan-jalan, teknologi robotika telah membuat langkah yang mengesankan dalam beberapa tahun terakhir.  


Kita sekarang memiliki robot humanoid canggih seperti Sophia, yang dikembangkan oleh Hanson Robotics, yang dapat meniru ekspresi manusia dan terlibat dalam percakapan. Selain itu, robot juga digunakan dalam industri seperti manufaktur, perawatan kesehatan, dan bahkan eksplorasi ruang angkasa. Ide mengemudikan robot raksasa seperti yang terlihat di Neon Genesis Evangelion mungkin masih berupa fantasi, tetapi kemajuan dalam robotika tidak diragukan lagi sangat luar biasa.


Bionic Arm: Fullmetal Alchemist 



Kalau Kalian pernah nonton anime Fullmetal Alchemist, Kalian pasti kenal dengan tokoh utamanya yang bernama Edward Elric. Ketika gagal dalam sebuah percobaan, Ed kehilangan tangan kanan dan kaki kirinya yang kemudian menggantinya dengan teknologi bionic yang dikenal dengan nama Automail. Nah saat ini para ilmuwan sudah berhasil menciptakan teknologi yang mirip dengan Automail milik Ed ini. Teknologi Bionic Arm atau lengan bionik ini berhasil diterapkan pada manusia.


Automail di dunia nyata berupa lengan prostetik yang dapat melakukan berbagai fungsi, seperti menggenggam, menjentikkan jari, dan bahkan memanipulasi benda kecil. Salah satu contoh lengan prostetik bionic yang paling canggih adalah lengan buatan perusahaan Swiss, Touch Bionics. Lengan ini dilengkapi dengan sensor yang dapat merasakan sentuhan dan tekanan. Lengan prostetik bionic ini memiliki potensi untuk mengubah hidup para penyandang disabilitas dengan memberikan kebebasan dan kemandirian bagi mereka yang kehilangan anggota tubuh.


Self - Driving Car: Akira



Akira adalah anime yang rilis pada tahun 1988 dengan menampilkan Self - Driving Car (kendaraan otonom) yang dapat mengemudi sendiri dengan kecepatan tinggi. Kendaraan ini dilengkapi dengan sensor dan kamera yang memungkinkannya untuk melihat dan menavigasi jalan dengan aman.


Di dunia nyata, kendaraan otonom masih dalam pengembangan, tetapi beberapa perusahaan telah membuat kemajuan signifikan dalam teknologi ini. Perusahaan seperti Google, Tesla, dan Uber telah melakukan uji coba kendaraan otonom di berbagai kota di dunia. Kendaraan otonom memiliki potensi untuk mengubah cara kita bepergian. Kendaraan ini dapat membuat perjalanan lebih aman, efisien, dan nyaman.


Hologram:  Psycho Pass


Di anime Psycho Pass, Hologram adalah teknologi paling penting dan menjadi bagian dalam hidup sehari-hari. Mereka digunakan untuk mengganti tampilan ruang tamu, iklan, rambu-rambu lalu lintas dan bahkan untuk hiburan. Teknologi hologram ini memiliki potensi untuk mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia di sekitar kita. Hologram dapat digunakan untuk membuat pengalaman yang lebih imersif dan interaktif, dan memiliki potensi untuk mengubah cara kita belajar, bekerja, dan bermain.


Jepang ternyata sudah memiliki teknologi seperti ini. Gatebox adalah teknologi hologram yang dibuat oleh perusahaan bernama Vinclu. Di dalam Gatebox ini terdapat sebuah karakter hologram bernama Azuma Hikari yang dapat terhubung dengan semua peralatan yang ada di rumah kalian. Tak hanya Jepang, perusahaan seperti Microsoft juga mengembangkan HoloLens, yaitu  kacamata realitas campuran yang dapat menampilkan hologram di dunia nyata. HoloLens dapat digunakan untuk berbagai aplikasi, seperti pemasaran, pendidikan, dan hiburan.


Kesimpulan

Anime selalu mendorong imajinasi kita untuk melihat bagaimana teknologi maju di anime berubah menjadi kenyataan di dunia kita. Adanya virtual reality hingga hologram menunjukkan bahwa teknologi maju di anime tidak hanya sekadar fiksi, tetapi juga dapat menjadi inspirasi bagi pengembangan teknologi di dunia nyata. Semoga kita terus terinspirasi oleh berbagai hal, tak terkecuali anime, karena siapa tahu beberapa tahun kedepan banyak kemajuan menarik yang menanti kita di masa depan, seperti teknologi maju di anime yang menjadi nyata sekarang.


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.


Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.