Mengenal TN, VA, dan IPS Pada Panel Layar Monitor, Cek Perbedaan dan Keunggulannya
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Mengenal TN, VA, IPS Pada Panel Layar Monitor, Cek Perbedaan dan Keunggulannya

Mengenal TN, VA, IPS Pada Panel Layar Monitor, Cek Perbedaan dan Keunggulannya

DB KLIK - Mengenal Twisted Nematic (TN), Vertical Alignment (VA) dan In-plane switching (IPS), pada panel layar monitor yang bisa menjadi pertimbangan kamu saat membeli monitor.

TN, VA, IPS pada panel layar monitor juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang berdampak langsung pada sejumlah aspek visual layar.

Satu di antaranya seperti response time yang sangat singkat hingga mampu menampilkan gerakan cepat tanpa blur, namun sayangnya viewing angle juga terbatas.

Maka hal itu artikel ini akan mengulas tentang TN, VA, dan IPS lengkap dengan perbedaan dan kekurangan yang dilansir dari Dispay Ninja :

  1. Cara Kerja

TN, VA, dan IPS sebenarnya sama-sama panel LCD (Liquid Crystal Display). Prinsip kerjanya pun serupa, yakni dengan menggunakan sumber cahaya, lapisan liquid crystal. dan beragam filter lain untuk memanipulasi cahaya lewat teknik polarisasi menjadi gambar final. Backlight di monitor modern biasanya menggunakan LED (light emitting diode) yang lebih efisien daya dibandingkan lampu CCFL (cold cathode fluorescent lamp) di monitor LCD lawas. Letaknya di bagian belakang lapisan layar.

Panel LCD diposisikan di antara dua filter polarizer. Orientasi struktur molekul kristal cair di panel LCD yang renggang (nematic) dikendalikan dengan arus listrik untuk meneruskan atau memblokir cahaya backlight. Cahaya kemudian melalui filter warna yang membagi-bagi tiap komponen terkecil pada gambar (piksel) menjadi tiga sub-piksel dengan tiga warna dasar, yakni merah, hijau, dan biru. Dengan mengatur intensitas warna masing-masing sub-piksel lewat cahaya yang diteruskan atau diblokir lewat polarisasi dan panel LCD tadi, monitor bisa menampilkan hingga jutaan warna. Cakupan warna yang bisa ditampilkan berbeda-beda tergantung jenis monitor.

  1. Panel TN

TN adalah teknologi pertama yang diterapkan di layar LCD dan cara kerjanya relatif tidak berubah sejak pertama kali diperkenalkan pada 1970-an. Namanya merupakan singkatan "Twisted Nematic", mengacu pada bentuk susunan renggang molekul kristal cair (nematic) yang berubah orientasi secara miring (twist dan de-twist) dengan aliran listrik untuk meneruskan cahaya atau memblokirnya di tiap piksel. 

Panel TN sangat cepat dalam berganti status dari "on" ke "off" dan sebaliknya sehingga waktu respons monitor menjadi gesit, hingga sekecil 0,5 ms. Pergerakan cepat di layar TN pun bisa ditampilkan dengan bebas ghosting alias motion blur di belakang obyek yang bergerak. 

Refresh rate monitor TN juga terbilang lebih tinggi dibanding jenis lain. Monitor TN 144 Hz sudah eksis sejak 2012 dan kini mencapai 360 Hz atau lebih. Dengan response time yang cepat, dan refresh rate tinggi, panel TN biasanya dipakai di monitor gaming. 

Kekurangannya, karena memiliki sudut molekul kristal yang lebih bervariasi dibanding panel lain, viewing angle panel TN menjadi sempit alias warnanya gampang berubah saat dilihat dari sudut agak miring. Cakupan dan akurasi warna serta kontras TN juga relatif lebih rendah.

3. Panel VA

Jenis panel LCD ini merupakan singkatan dari vertical allignment. Struktur molekul kristal cair di panelnya disusun secara vertikal. Saat tidak ada arus litrik, kristal cair berada dalam posisi tegak atau "off" sehingga cahaya tidak diteruskan Ketika diberikan tegangan listrik, struktur molekul kristal cair berubah orientasinya (tilt) untuk meneruskan cahaya. 

Baca Juga : 7 Cara Meningkatkan Performa Layar Monitor Gaming, Cukup Lakukan Ini

Intensitas cahaya ditentukan oleh seberapa besar sudut miring struktur kristal. Panel VA memiliki tingkat kontras tinggi, hingga 5.000:1, dan warna hitam tampil benar-benar pekat, begitu juga dengan warna cerah yang terlihat terang. Monitor VA pun memiliki cakupan dan akurasi warna, serta viewing angle yang lebih lebar dari TN, meskipun belum sebagus tipe panel IPS. Monitor-monitor tipe curved banyak yang menggunakan panel VA. 

4. Panel IPS

Teknologi IPS alias in-plane switching dikembangkan untuk mengatasi kekurangan panel jenis TN. Pada panel IPS, struktur molekul kristal disusun secara paralel dan sejajar dengan polarizer. Saat diaktifkan lewat tegangan listrik, struktur kristal in berubah orientasi (switching) di bidang (plane) yang sama dan tetap sejajar, alih-alih bergerak secara miring (twist) seperti pada panel TN. Ini memungkinkan orientasi kristal dan jalur cahaya untuk diarahkan dengan lebih presisi. 

Alhasil, viewing angle panel IPS jadi lebih lebar dibanding TN, warna-warnanya tak rentan berubah saat dilihat dalam sudut miring, selain memiliki akurasi lebih baik. Panel IPS generasi awal memiliki masalah response time yang pelan, tapi kini sudah banyak layar IPS dengan waktu respon hingga 1 ms. Untuk urusan motion blur, panel IPS pun lebih baik dari VA serta hanya sedikit tertinggal dari TN. Meski demikian, ada satu area di mana panel IPS masih kalah dari VA, yakni rasio kontras yang umumnya hanya berkisar 1:1000, sementara monitor VA bisa mencapai 1:3000 atau lebih.

Baca Juga : Review LG 24MP400, Monitor 24 Inch dengan Premium AMD FreeSync yang Harganya Cuma 1 Jutaan

5. Panel OLED 

Ada satu lagi tipe panel layar monitor, yakni OLED (organic light-emitting diode). Prinsip kerjanya berbeda dari LCD, baik TN, VA, maupun IPS karena panel OLED bersifat electro-emissive, yaitu cahaya bukan berasal dari backlight, tapi dihasilkan sendiri oleh panel layar. Masing-masing piksel di panel OLED bisa menyala saat menerima sinyal listrik. Karena tiap piksel bisa dinyalakan atau dimatikan sepenuhnya, layar OLED pun memiliki rasio kontras sangat tinggi, hingga 1.000.000:1, dan response time sangat singkat, hanya 0,1 ms. Baca juga: Apa Itu Layar AMOLED dan OLED di Perangkat Elektronik? Ini Penjelasan Perbedaannya Namun layar OLED punya kekurangan juga, yakni rentan terhadap efek burn-in di mana tampilan bisa tercetak permanen di monitor apabila gambar dibiarkan tak berubah dalam waktu lama. Harganya untuk sekarang juga masih relatif mahal dibandingkan monitor LCD.

Itulah tadi ulasan tentang tiga jenis panel monitor yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membeli. Selain itu pastikan kamu membeli monitor dengan kualitas terbaik salah satunya adalah monitor dari DB Klik. Dengan menggunakan bahan berkualitas terbaik dan fitur unggulan, membuat pemakaian lebih nyaman. Kalian dapat membeli monitor ini langsung melalui website DB Klik atau langsung ke offline store toko monitor DB KLIK kalian juga bisa langsung membelinya melalui tautan ini.

Rekomendasi monitor yang bisa menjadi referensi kamu adalah monitor Led Monitor Xiaomi MI A22i  yang saat ini bersedia di DB Klik. Kehadiran monitor ini tentu menjadi salah satu pertimbangan untuk kalian pasalnya monitor ini menawarkan kemampuan refresh rate yang tinggi hingga 75Hz dan mencakup 99 persen sRGB color gamut. Monitor ini juga memiliki desain ultra slim borderless dan telah menerima sertifikasi TUV Rheinland untuk cahaya biru rendah yang menjadikan Xiaomi Monitor A22i cocok untuk kerja, nonton, ataupun bermain game.

KESIMPULAN

Pilihan jenis panel bisa disesuaikan dengan kebutuhan, apabila kamu menginginkan monitor untuk keperluan editing foto dan video profesional, IPS adalah tipe panel yang cocok karena akurasi dan konsistensi warna tinggi, serta viewing angle terlebar. Sedangkan, untuk bermain game, monitor gaming berpanel IPS sebenarnya sudah memiliki response time yang cepat. Ditambah tampilan warna dan kontras yang lebih baik dibanding TN. Namun, predikat terkencang masih dipegang oleh panel TN, dengan refresh rate yang relatif lebih tinggi pula sehingga cocok untuk gamer kompetitif yang tidak terlalu concern dengan soal warna atau kualitas tampilan.


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti Media Sosial DBklik untuk mendapatkan berita terbaru dari kami. diskon ,promo dan event menarik lainnya.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DBKlik dan dapatkan kemungkinan kupon diskon.