5 Cara Mudah Mengatasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

5 Cara Mudah Mengatasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca

5 Cara Mudah Mengatasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca

DB KLIK - Harddisk eksternal tidak terbaca merupakan permasalahan yang sering terjadi, hal ini bisa disebabkan salah satunya karena penggunaannya yang tidak menjaganya dengan tepat seperti: harddisk jatuh atau tidak sengaja terbanting atau bisa juga karena kita menghubungkannya dengan sembarangan port usb, sehingga harddisk mudah untuk dimasuki virus.


Terdapat beberapa penyebab lain juga yang membuat harddisk eksternal tidak terbaca, yaitu: terdapat driver yang kadaluarsa sehingga perlu di-update, terdapat partisi file yang hilang, kabel yang rusak, port usb yang rusak dan lain-lain. Untuk mengetahui apa yang terjadi dengan harddisk eksternal yang tidak terbaca terutama kita perlu melakukan troubleshooting, yaitu dengan mencari tahu “dimana masalahnya?”. Lima cara ini dapat kamu lakukan dengan mudah dan tidak memakan waktu yang banyak, apalagi cara ini mudah dilakukan untuk Windows 10 dan Windows 11. Yuk, simak 5 cara mudah mengatasi harddisk eksternal yang tidak terbaca ini.


Pastikan Laptop dapat Membaca Harddisk Eksternal dengan Baik


Saat perangkat apapun yang kita sambungkan ke port usb, sistem dari laptop atau komputer akan berusaha untuk mengenali perangkat tersebut. 


Dalam kasus ini laptop atau komputer tersebut akan berusaha untuk mengenali harddisk yang kita sambungkan melalui port usb, sehingga yang paling utama adalah memastikan bahwa harddisk dapat tersambung dengan baik. Kalian bisa mencobanya dengan cabut pasang beberapa kali untuk memastikan bahwa harddisk kalian benar-benar tersambung, jika harddisk kalian memiliki tombol on/off maka pastikan jika harddisk-nya sudah menyala.


Pastikan laptop atau komputer kalian mengenalinya. Untuk memastikan bahwa harddisk sudah benar-benar terbaca kalian bisa melihat pada windows explorer apakah ada partisi baru yang sesuai dengan nama harddisk kalian. Lalu, kalau ternyata laptop sudah mengenali harddisk tetapi tidak muncul di windows explorer bagaimana? Cara yang paling mudah ada dengan membuka disk management.


Cara membuka Disk Management: Tekan Logo Windows + R secara bersamaan, kemudian ketik diskmgmt.msc dan tekan enter.


Di dalam disk management, kalian akan melihat semua penyimpanan yang terhubung pada laptop atau komputer. Disk management juga dapat digunakan untuk format storage, membagi beberapa partisi maupun menamai partisi sesuai dengan yang kalian inginkan


Jika harddisk yang kalian gunakan ternyata tidak terdeteksi pada disk management maka kalian dapat melakukan langkah selanjutnya.


Sambungkan ke Port USB yang Berbeda


Jika sudah mencoba langkah sebelumnya dan hasilnya masih sama, mungkin permasalahannya bisa pada port usb yang bermasalah. Kalian bisa menggunakan port usb yang berbeda maupun laptop atau komputer yang lain untuk mengetes apakah memang permasalahannya ada di port usb kalian. 



Gunakan Kabel USB Harddisk yang Lain

Jika ternyata masih terjadi permasalahan yang sama, maka percobaan lainnya adalah dengan menggunakan kabel usb yang berbeda. Kabel usb pada harddisk dapat bermacam-macam bentuknya, pastikan jika kabel usb yang baru sudah sesuai dengan port pada harddisk kalian.



Reinstall Driver


Cara berikutnya yang dapat dilakukan adalah untuk melakukan reinstall driver pada laptop/komputer kalian. Caranya cukup mudah:

  1. Masuk ke device manager dengan tekan tombol windows pada keyboard kemudian cari Device Manager.

  2. Kemudian cari Other Devices yang memiliki tanda seru kuning dengan keterangan USB Attached SCSI UAS Mass Storage Device.

  3. Kemudian klik kanan device tersebut dan klik Update Driver Software > Browse My Computer for Driver Software >  Let Me Pick from A List of Device Drivers on My Computer

  4. Jika sudah maka cukup ikuti instruksi dan klik tombol next apabila Show Compatible Hardware sudah tercentang

  5. Tunggu hingga proses instalasi selesai, kemudian restart laptop atau komputer kalian

  6. Restart laptop atau komputer dan coba sambungkan lagi harddisk.


Aktifkan USB Root Hub


Cara yang terakhir bisa kalian coba adalah dengan mengaktifkan USB Root Hub. USB Root Hub memiliki sistem yang bernama Power Management yang artinya port usb kalian akan dimatikan ketika laptop dalam mode penghematan daya. Agar port usb selalu sedia untuk dipakai kita bisa mematikannya dengan cara seperti ini:

  1. Buka kembali Device Manager

  2. Buka Universal Series Bus Controllers

  3. Klik kanan pada USB Root Hub kemudian klik properties > Power Management

  4. Hapus centang pada Allow the computer to turn off this device to save power

  5. Restart laptop atau komputer dan coba sambungkan lagi harddisk.


Yup, itulah beberapa cara untuk mengatasi harddisk kalian yang tidak terbaca. Caranya cukup simpel dan mudah kan. Kalau ternyata dari cara-cara di atas ternyata masih tidak bisa, tetap semangat yuk! Pastikan sampai benar-benar kalian coba ya caranya! 


Kalau pada akhirnya memang sudah tidak bisa, tenang saja. Kalian bisa beli harddisk baru lagi di Website DB Klik, ada berbagai macam pilihan dan berbagai macam brand yang bisa kalian pilih!


Dan kebetulan sekali untuk kalian yang baca ini, sekarang DB Klik ada promo lho untuk harddisk eksternal! DB Klik Back to School: Infinite Storage dari tanggal 26 - 29 Juni 2023 yang ga cuman harddisk eksternal, kalian bisa dapetin berbagai produk lainnya dengan harga miring! 



Yuk, langsung aja cek website resmi DB Klik atau kalian bisa ke Official Store DB Klik di semua E-Commerce kesayangan kalian! Jangan lupa follow media sosial kita ya, agar tidak ketinggalan promo-promo lainnya.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.