Layar Monitor Menguning Bikin Kamu Tidak Nyaman? Ini Cara Mudah Mengatasinya
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Layar Monitor Menguning Bikin Tidak Nyaman? Begini Cara Mengatasinya

Layar Monitor Menguning Bikin Tidak Nyaman? Begini Cara Mengatasinya

DB KLIK - Layar monitor menguning bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu. Kamu akan merasa sangat tidak nyaman saat menggunakan monitor tersebut untuk bermain game atau menyelesaikan tugas lainnya. 

Ada beberapa penyebab mengapa layar monitor kamu menguning, tetapi untungnya ada juga beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Sebelum kamu buru-buru ke service center terdekat, gunakan tips di bawah ini untuk mengembalikannya ke kondisi normal. 

Selengkapnya simak cara mengatasi layar monitor menguning yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Melalui Pengaturan Penampilan

  • Langkah yang pertama, kamu bisa klik kanan pada Desktop, lalu pilih "Display Settings".

  • Pastikan fitur Night Light dalam kondisi mati atau kamu bisa kustom melalui "Night light Settings".

  • Pada fitur "Color temperature at night," geser kursor kekanan atau sampai berwarna putih.

2. Pengaturan Warna Layar Monitor

  • Buka "Search Bar" dan ketik "Color Management".

  • Kemudian beri centang “Use my settings for this device”.

  • Klik "Add," lalu pilih "sRGB IEC61966-2.1" dan "OK".

  • Selanjutnya bisa atur sRGB IEC61966-2.1 sebagai default dengan pilih “Set as Default Profile”.

  • Berikutnya lakukan Restart pada komputer atau laptop.

3. Pengaturan Kalibrasi Warna

  • Pertama, buka Search Bar dan ketik "Calibrate Display Color".

  • Kemudian bisa ikuti instruksi yang ada dan menyesuaikan warna yang nyaman di mata pengguna.

  • Selanjutnya lakukan restart pada komputer atau laptop yang kamu miliki untuk melihat hasilnya.

4. Perbarui Driver VGA

Setelah melakukan ketiga cara sebelumnya, namun belum berhasil juga, silahkan perbarui driver VGA milik kalian. Seperti update drive VGA, lebih sering dapat menyelesaikan segala jenis masalah. 

Baca Juga : 5 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Monitor, Jangan Sampai Salah Pilih

Jika kamu sudah menyimak apa saja cara untuk mengatasinya, berikut ulasan lengkap terkait apa saja penyebab layar monitor kamu bisa menguning :

  1. Color profile yang salah konfigurasi

Salah satu alasan paling umum mengapa monitor tampak kuning adalah karena color profile yang salah konfigurasi. Color profile dapat diartikan sebagai serangkaian instruksi yang memberi tahu monitor cara menampilkan warna. Salah mengonfigurasi profil warna menyebabkan monitor menampilkan warna yang salah pula.

Efeknya menyebabkan monitor menimbulkan warna yang dominan kuning. Profil warna mungkin saja terubah secara tidak sengaja atau jika aplikasi pihak ketiga mengubah profil warna di komputer kamu. Selain itu, pengaturan reading mode pada monitor modern untuk mengurangi blue-light juga kerap mengakibatkan warna monitor menjadi kuning.

  1. Faktor usia dan intensitas pemakaian

Alasan lain mengapa monitor tampak kuning adalah karena usia dan intensitas pemakaian. Seiring waktu, cahaya latar monitor dapat menjadi redup yang menyebabkan warna tampak kurang cerah. Cahaya monitor yang melemah juga mengakibatkan warna kuning pada layar.

Kasus ini lebih sering dijumpai pada monitor yang dipakai dalam durasi pemakaian yang lama. Misalnya, pada monitor CCTV yang menyala lebih dari 24 jam atau monitor di kantor yang dipakai setiap hari. Jika monitor kamu mempunyai gejala ini, maka satu-satunya solusi adalah menggantinya dengan monitor yang baru.

  1. Kalibrasi buruk dari pabrik

Kalibrasi yang buruk juga menyebabkan monitor tampak kuning. Kalibrasi adalah proses penyesuaian dan pengaturan monitor untuk memastikan bahwa warna yang ditampilkan adalah warna akurat. Monitor yang tidak dikalibrasi dengan benar menyebabkan beberapa warna tidak tampil atau malah ada suatu warna yang mendominasi, termasuk warna kuning.

Baca Juga : 5 Kelebihan Xiaomi Monitor A22i dan Spesifikasi, Fitur Lebih Lengkap Cocok untuk Gaming

Usia dan intensitas pemakaian yang tinggi menyebabkan lampu latar menjadi redup dan menghasilkan warna yang kurang cerah. Kalibrasi yang buruk juga menyebabkan warna tampak mati hingga adanya warna kuning yang muncul. Untuk memperbaiki warna kuning pada monitor, cobalah mengalibrasi ulang monitor, membersihkan monitor, atau mengganti monitor jika sudah terlalu tua atau ada tanda kerusakan seperti bleeding dan dead pixel.

Kini, saatnya kamu mencoba sendiri di rumah. Selain dengan cara di atas, pastikan kamu menggunakan monitor dengan kualitas terbaik. Salah satunya adalah laptop dari DB Klik. Dengan menggunakan bahan berkualitas terbaik dan fitur unggulan, membuat pemakaian lebih nyaman. Kalian dapat membeli monitor ini langsung melalui website DB Klik atau kalian bisa langsung membelinya melalui tautan ini.




Rekomendasi monitor yang bisa menjadi referensi kamu adalah ViewSonic VX2479, saat ini monitor tersebut juga bersedia di DB Klik. Kehadiran monitor ini tentu menjadi pilihan menarik buat kamu yang punya kebutuhan office atau untuk bermain game dengan budget terbatas. Meski punya spesifikasi mumpuni, monitor ViewSonic VX2479 ini tetap mengusung desain simpel dan kalem sama seperti seri sebelumnya. Selain itu, tampilan layar yang dibawa monitor ini cukup jernih dan menarik berkat bezel tipis sehingga kesan premium yang ditampilkan semakin melekat.

KESIMPULAN

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara mengatasi warna layar monitor menguning yang dilengkapi dengan penyebabnya. Jika memang cara-cara tersebut tidak berhasil, maka memang harus ke tempat service untuk memperbaiki monitor kamu. Diulasan di atas juga terdapat rekomendasi monitor yang bisa menjadi pertimbangan kamu yang ingin membeli monitor dengan kualitas terbaik.


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.