Laptop Gak Bisa Dicas? Jangan Panik, Ini 6 Tips Untuk Mengatasinya
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Laptop Gak Bisa Dicas? Jangan Panik, Ini 6 Tips Untuk Mengatasinya

Laptop Gak Bisa Dicas? Jangan Panik, Ini 6 Tips Untuk Mengatasinya

DB Klik - Laptop gak bisa dicas itu pasti ngeselin. Apalagi kalo Kalian lagi butuh banget laptopnya buat kerja, nugas, atau main game. Nah, kalo Kalian lagi ngalamin masalah ini, tenang aja. Ini ada beberapa solusi yang bisa Kalian coba untuk ngatasin laptop gak bisa dicas.

Masalah seperti ini memang sering ditemui di beberapa laptop, karena bfaktor yang bisa menyebabkan laptop gak bisa dicas, misalnya chargernya hingga port charger di laptop. Jadi jangan buru-buru panik dan coba ikuti cara di bawah ini untuk mengatasi laptop gak bisa dicas.

1. Periksa kabel charger

Pertama, pastikan kabel charger laptop kamu masih dalam kondisi baik. Jika laptop tidak bisa di-charge saat mati coba periksa charger bawaannya. Cek dan perhatikan apakah  kabelnya ada kerutan atau bagian yang terbuka. Periksa ujung-ujungnya juga barangkali ada koneksi yang rusak, misalnya kabel yang longgar atau mungkin digigit hewan. 

Jangan lupa cek adapter AC-nyaa, berubah warna atau ada bagian yang bentuknya berubah. Coba diendus juga, barangkali ada aroma plastik terbakar mungkin itu sumber masalahnya. Jika ada diantaranya, coba ganti kabel chargernya dengan yang baru.

2. Cek port pengisian daya

Kalau kabel chargernya masih bagus, coba cek port pengisian daya di laptop kamu. Karena seharusnya ketika memasukkan colokan charger ke laptop, koneksinya harus terasa solid dan mantap. Jika ada debu atau residu lainnya di dalam port, koneksinya mungkin tidak bisa optimal.

Jadi  cek apakah ada kotoran atau debu yang menghalangi aliran listrik. Kalau ada, coba bersihkan port pengisian daya dengan cotton bud  atau benda yang lembut lainnya. Lalu coba colokkan kembali.

3. Update Driver

Terkadang, pembaruan driver dapat memulihkan kesehatan laptop ke keadaan aslinya. Berikut langkah untuk memperbarui driver baterai laptop Windows 10:

  • Klik kanan menu Start untuk membuka menu Quick Access dan pilih Device Manager

  • Klik Batteries, dan klik kanan Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery

  • Tekan Update Driver

  • Jika sudah, restart laptop dan coba colokan ke charger kembali

Baca Juga: Jangan Panik! Ini Cara Mudah Mengatasi Laptop Black Screen saat Dinyalakan

4. Cek baterai laptop

Kalau ketiga cara di atas sudah kamu coba tapi laptop kamu masih gak bisa dicas, coba cek baterainya. Baterai yang sudah tua atau rusak dapat menjadi penyebab laptop tidak mau di-charge. Jika laptopmu memiliki baterai yang dapat dilepas, coba lepaskan

Cara melepaskannya dengan matikan laptop terlebih dahulu, lalu lepaskan baterai dari laptop. Setelah itu, coba sambungkan kabel charger ke laptop. Kalau laptop kamu bisa menyala, berarti baterainya sudah rusak dan perlu diganti.

5. Coba charger lain

Jika Kalian sudah memeriksa semua kabel dan port pengisian daya, tetapi laptop masih tidak dapat mengisi daya, coba pinjam charger miliki teman yang cocok dengan laptopmu. Lihat apakah charger berfungsi, jika ya, masalah mungkin terletak pada charger yang sudah rusak. Dalam hal ini, solusinya adalah mendapatkan charger baru.

Meskipun biasanya charger pihak ketiga dijual dengan harga lebih murah, sebaiknya gunakan yang resmi jika memungkinkan. Suku cadang pihak ketiga seringkali tidak memenuhi standar kualitas komponen asli, yang berisiko merusak komputer atau memicu kebakaran.

6. Bawa ke ahlinya

Kalo Kalian sudah mencoba semua cara di atas tapi laptop kamu masih gak bisa dicas, sebaiknya bawa laptop kamu ke tempat servis laptop terdekat. Bisa jadi ada masalah di bagian hardware laptop kamu yang perlu diperbaiki.

Baca Juga: Hati - Hati Serangan Virus Pada Laptop!!! Kenali Cirinya dan Cara Menghindarinya

Itulah tadi cara mengatasi laptop gak bisa di cas yang bisa kamu coba di rumah. Selain dengan cara di atas, pastikan kamu menggunakan laptop dengan kualitas terbaik. Salah satunya adalah Notebook ACER Aspire 3 Slim A314 dari DB Klik.

Dapatkan suara yang lebih jernih dengan fitur Noise Cancellation (Acer PurifiedVoice) dan kamera lebih terang dengan teknologi Acer Temporal Noise Reduction (TNR). Notebook ini juga memiliki performa hingga 24% lebih cepat untuk selesaikan kebutuhan kantor hingga conference call. Produktif lebih lama dengan baterai super awet hingga 11 jam dengan desain baru yang ringan.  Kalian dapat membeli laptop ini melalui website DB Klik atau kalian bisa membelinya melalui tautan ini.

Kesimpulan

Laptop gak bisa dicas memang bikin naik darah. Oleh karena itu, dengan adanya tips-tips di atas semoga bisa membantu Kalian yang tengah mengalami masalah serupa yang bisa Kalian coba sendiri di rumah. Hal itu guna berjaga-jaga, pengguna kiranya penting mengetahui cara mengatasi laptop yang ga bisa di cas dengan mudah. Jika beberapa metode di atas belum bisa menyelesaikan kerusakan ini, kamu disarankan untuk segera menghubungi atau datang langsung ke service center resmi untuk bisa ditangani oleh yang lebih profesional.


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.