Fitur Cek Fakta Di Threads, Upaya Meta Dalam Perangi Hoaks
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Fitur Cek Fakta Di Threads, Upaya Meta Dalam Perangi Hoaks

Fitur Cek Fakta Di Threads, Upaya Meta Dalam Perangi Hoaks

DB Klik - Hadirnya fitur cek fakta di Threads ini merupakan upaya Meta dalam perangi Hoaks atau disinformasi yang semakin meresahkan. Fitur cek fakta di Threads sendiri rencananya akan diluncurkan pada tahun 2024 mendatang. Kabarnya, fitur cek fakta di Threads akan menggandeng pihak ketiga dalam peluncurannya.


Dalam era informasi yang begitu cepat dan mudah diakses seperti sekarang, penyebaran hoaks atau disinformasi  menjadi semakin meresahkan. Banyak orang yang terjebak dalam informasi yang tidak benar dan akhirnya menyebarkan kebohongan tersebut. Untuk mengatasi hal ini, Meta, perusahaan induk dari Facebook, Instagram, dan WhatsApp, mengumumkan akan meluncurkan fitur “Cek Fakta di Threads”, platform media sosialnya pada tahun 2024 mendatang. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang fitur ini dan upaya Meta dalam memerangi hoaks.


Fitur Cek Fakta di Threads



Fitur Cek Fakta di Threads adalah sebuah fitur yang dirancang untuk membantu pengguna Threads dalam mengidentifikasi dan menghentikan penyebaran hoaks di platform tersebut. Sebenarnya fitur Cek fakta di Threads ini bukanlah kejutan besar mengingat banyak langkah-langkah besar yang dilakukan perusahaan meta baru-baru ini. Boss Instagram, Adam Mosseri memang belum menjelaskan seperti apa program tersebut, ia hanya mengatakan bahwa Threads akan mencocokkan peringkat pemeriksa fakta dari Facebook atau Instagram ke Threads. 


Karena saat ini pemeriksa fakta tidak dapat menilai konten di Threads, jadi ketika ada sesuatu yang ditandai sebagai palsu di Instagram atau Facebook, peringkat pemeriksa fakta juga akan bergulir ke aplikasi. Meskipun rincian program belum diungkap secara mendalam, tampaknya mereka akan bekerja sama dengan pihak ketiga yang jaringan faktanya terdiri dari organisasi independen yang terpercaya untuk melakukan pemeriksaan fakta yang lebih akurat dan komprehensif.


Upaya Meta Perangi Hoaks


Fitur cek fakta di Threads merupakan salah satu langkah positif dari Meta dalam memerangi penyebaran hoaks dan disinformasi di platform Threads. Fitur ini diharapkan dapat membantu pengguna untuk lebih memahami kebenaran dari konten yang mereka konsumsi di media sosial.


Meta rencananya akan meningkatkan algoritma deteksi hoaksnya untuk dapat mengidentifikasi dan membatasi penyebaran hoaks yang lebih efektif. Meta juga berkomitmen untuk memperkuat kebijakan platformnya agar pengguna dapat menggunakan Threads dengan lebih aman dan terhindar dari hoaks.



Adam Mosseri mengungkapkan lebih lanjut bahwa mereka akan berkomitmen memberantas konten-konten hoaks dan disinformasi yang sangat meresahkan. Program pengecekan fakta ini akan membantu pengguna Threads membedakan konten Hoaks dan fakta. Selain itu, Meta juga akan memberikan informasi yang akurat dan terverifikasi mengenai topik yang sama untuk menggantikan informasi yang palsu.


Kesimpulan


Penyebaran hoaks di media sosial menjadi ancaman serius dalam era informasi yang begitu cepat, terutama menjelang pemilihan umum presiden ini. Sehingga  dengan adanya fitur Cek Fakta di Threads ini diharapkan penyebaran hoaks dan disinformasi dapat dikurangi, terutama pada platform Threads. Meskipun ada fitur ini, semua pihak diharapkan tetap bijak dalam bersosial media dan turut berperan aktif dalam memerangi hoaks dengan melakukan pemeriksaan fakta sebelum menyebarkan informasi kepada orang lain. Jadi, mari bersama-sama mendukung upaya Meta dan menjadi pengguna yang cerdas dan bertanggung jawab dalam menggunakan media sosial.


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.


Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.