Mending Mana? Beli PC Bekas atau Rakit PC Baru Spesifikasi Rendah?
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Mending Mana? Beli PC Bekas atau Rakit PC Baru Spesifikasi Rendah?

Mending Mana? Beli PC Bekas atau Rakit PC Baru Spesifikasi Rendah?

DB Klik - Ketika Anda berpikir untuk mendapatkan sebuah komputer pribadi (PC), pertanyaan pertama yang mungkin muncul adalah, "Haruskah saya membeli PC bekas atau merakit PC baru dengan spesifikasi rendah?" Keputusan ini bisa menjadi hal yang sulit karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Membeli PC Bekas


Membeli PC bekas maupun membeli part-part bekas bukanlah sebuah masalah yang besar asalkan semuanya sesuai dengan budget dan kompabilitas PC yang Anda inginkan. Banyak hal yang harus kita pertimbangkan untuk membeli PC bekas. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari membeli PC bekas.

Kelebihan Membeli PC Bekas:

  1. Harga Lebih Terjangkau



Salah satu alasan utama mengapa orang memilih untuk membeli PC bekas adalah harganya yang lebih terjangkau. Anda dapat menemukan PC bekas dengan spesifikasi yang layak dengan harga yang jauh lebih rendah daripada membeli PC baru dengan spesifikasi serupa. Ini dapat menjadi pilihan yang baik jika Anda memiliki anggaran yang terbatas.


  1. Kecepatan Penyiapan



Anda tidak perlu menunggu berhari-hari atau berminggu-minggu untuk merakit PC baru atau menunggu pengiriman PC baru yang telah dipesan. Dengan membeli PC bekas, Anda dapat langsung membawa pulang dan mulai menggunakannya.


  1. Sistem yang Sudah Jadi dan Siap Digunakan



Anda tidak perlu memikirkan kompatibilitas komponen atau merakit komputer. PC bekas sudah dalam bentuk yang siap digunakan, sehingga Anda tidak perlu repot mencari kompatibilitas hardware.

Kekurangan Membeli PC Bekas:

  1. Kualitas yang Tidak Jelas



Salah satu risiko utama dalam membeli PC bekas adalah ketidakjelasan mengenai kualitasnya. Anda mungkin tidak tahu sejauh mana PC tersebut telah digunakan dan apa yang mungkin telah terjadi padanya sebelumnya. Meskipun banyak penjual yang jujur, ada juga penjual yang tidak transparan mengenai kondisi PC bekas.


  1. Tidak Ada Garansi



Kebanyakan PC bekas tidak datang dengan garansi, yang berarti jika ada masalah setelah pembelian, Anda akan bertanggung jawab untuk memperbaikinya sendiri. Ini dapat menambah biaya tambahan jika PC membutuhkan perbaikan, dan bahkan kasus terburuknya tidak ada yang bisa memperbaiki sehingga kalian harus membeli baru. Maka bukannya menghemat biaya tetapi Anda akan kehilangan uang dua kali lipat.


  1. Ketersediaan Terbatas



Pilihan komputer bekas bisa terbatas, terutama jika Anda mencari spesifikasi tertentu. Anda mungkin harus mencari dengan tekun dan teliti untuk menemukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Rakit PC Baru dengan Spesifikasi Rendah


Merakit PC baru juga tidak kalah menarik dengan membeli PC bekas. Tetapi disini yang harus kita lihat karena budget kita yang terbatas, kita hanya mendapatkan spesifikasi yang sesuai dengan budget kita. Dan tentu saja ada kekurangan dan kelebihannya dari merakit PC baru walaupun spesifikasinya rendah.

Kelebihan Rakit PC Baru:

  1. Fleksibilitas



Menggunakan PC baru memberikan Anda fleksibilitas untuk memilih komponen yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat memilih prosesor, kartu grafis, RAM, dan komponen lainnya sesuai anggaran dan kebutuhan Anda.


  1. Garansi



Sebagian besar komponen PC baru disertai dengan garansi. Ini berarti jika ada masalah dengan salah satu komponen, Anda dapat mengklaim garansi dan mendapatkan penggantian atau perbaikan tanpa biaya tambahan.


  1. Kualitas yang Terjamin



Anda tahu persis apa yang Anda dapatkan saat merakit PC baru. Anda dapat memilih komponen dari merek dan produsen yang terpercaya, sehingga Anda memiliki jaminan kualitas yang lebih baik.

Kekurangan Rakit PC Baru:

  1. Biaya Lebih Tinggi dari Membeli PC Bekas



Merakit PC baru dengan performa yang kalian inginkan mungkin akan lebih mahal daripada membeli PC bekas dengan performa yang serupa. Tentu saja mengingat perkembangan komponen PC yang makin canggih dan berkembang dengan cepat, semakin banyak pilihan komponen PC yang serupa tapi tak sama. Hal ini membuat Merakit PC dengan komponen baru tetapi memiliki performa yang sama dengan PC bekas menjadi pilihan yang membingungkan. Jadi sesuaikan lagi dengan budget Anda ya!


  1. Proses yang Memakan Waktu



Merakit PC baru memerlukan waktu dan usaha. Anda perlu melakukan riset untuk memilih komponen yang sesuai, dan kemudian merakitnya sendiri atau membayar seseorang untuk melakukannya. Ini mungkin memerlukan lebih banyak waktu daripada sekadar membeli PC bekas.


  1. Resiko Kesalahan



Jika Anda tidak berpengalaman dalam merakit PC, ada potensi untuk membuat kesalahan dalam prosesnya, yang dapat mengakibatkan masalah kinerja atau kompatibilitas.

Kesimpulan

Mengambil keputusan antara membeli PC bekas atau merakit PC baru dengan spesifikasi rendah adalah keputusan yang bergantung pada kebutuhan dan preferensi pribadi Anda. 


Jika Anda mengutamakan keberlangsungan hidup PC, keamanan, kenyamanan hingga lebih mementingkan harga daripada performa, maka merakit PC baru adalah pilihan yang tepat. Apalagi mengingat bahwa pada akhirnya ini merupakan barang elektronik yang bisa tiba-tiba rusak kapan saja, tetapi bisa diselamatkan dengan garansi hingga asuransi, dan juga kualitasnya yang terjamin oleh perusahaan pembuat part PC Anda.


Sebelum membuat keputusan akhir, pastikan untuk melakukan riset yang teliti, mempertimbangkan kebutuhan Anda, dan mengukur anggaran Anda. Apapun pilihan yang Anda pilih, ingatlah bahwa PC adalah alat yang dapat ditingkatkan seiring waktu, jadi Anda selalu dapat memperbarui komponennya ketika anggaran Anda memungkinkan. Dengan pemahaman yang baik tentang kebutuhan Anda, Anda dapat membuat keputusan yang bijak untuk memenuhi kebutuhan komputasi Anda.



Dan tentu saja Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan akan merakit PC atau kebingungan memilih part apa saja, karena DB Klik juga bisa lho membantu Anda untuk merakit PC sesuai dengan kebutuhan Anda. Mulai dari saran hingga rekomendasi semuanya di tangan Anda, kami akan rakitkan PC yang kalian impikan. Langsung aja kalian bisa menghubungi kontak pada Website DB Klik!



DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.


Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.