Bagaimana Memilih PSU yang Tepat untuk Rakit PC? Perhatikan 7 Tips Ini!
Bagaimana Memilih PSU yang Tepat untuk Rakit PC? Perhatikan 7 Tips Ini!

Bagaimana Memilih PSU yang Tepat untuk Rakit PC? Perhatikan 7 Tips Ini!

Created by DB Klik Tips dan Trik

DB Klik - Memilih PSU yang tepat, sama pentingnya dengan komponen komputer lainnya saat kita ingin rakit PC. Jika kalian tidak menggunakan yang benar dan sesuai, maka ada kemungkinan PC kalian tidak dapat berjalan dengan baik.


Saat merakit PC, kita selalu dihadapi dengan berbagai rintangan mulai dari pemilihan komponen dan kompatibilitas setiap komponen tersebut. PSU adalah Power Supply Unit yang bekerja sebagai jantung dari PC kalian, sehingga untuk memilih PSU yang sesuai menjadi sebuah keharusan yang tidak boleh dilewatkan. 


Pada umumnya, kebanyakan orang memprioritaskan berapa Watt dari PSU yang mereka butuhkan. Sebagai bentuk gambarannya kebanyakan orang juga selalu menyediakan sekitar 25% - 30% dari Watt yang digunakan komputer mereka. 


Sebagai contoh, jika komputer kalian kira-kira akan mengeluarkan daya sebesar 350 Watt maka PSU yang kalian butuhkan adalah sekitar 450W hingga 500W. Hal ini dilakukan dengan alasan yang beragam. Mulai dari membantu PC kalian aman dari tegangan tinggi yang tiba-tiba  hingga untuk upgrade ke depannya.


Untuk mengetahui mana PSU yang kalian butuhkan, pertama-tama yang kalian perlu ketahui adalah Berapa daya yang kira-kira akan kalian keluarkan, kemudian memilih ukuran PSU yang cukup ke dalam casing kalian dan berapa Watt yang kalian butuhkan. Sisanya tinggal mengetahui apakah PSU itu bagus dan awet.


Ini 7 Tips lengkap untuk membantu kalian dalam memilih PSU yang tepat untuk PC kalian!

Hitung Daya yang Dikeluarkan PC Kalian


Watt pada PSU selalu menjadi pertimbangan pertama yang harus kalian perhatikan ketika memilih PSU. Jika kalian sebelumnya sudah menentukan komponen apa saja yang akan digunakan, kalian harus menghitung kembali kira-kira PC kalian akan mengeluarkan berapa daya.


Kalian dapat menghitungnya secara manual maupun dengan power supply calculator dari PCPartPicker, dan mengetahui kira-kira berapa Watt yang akan dikeluarkan PC kalian.


Sebagai contoh, anggap saja estimasi daya yang akan dikeluarkan PC rakitan kalian adalah 450 Watt. Apakah berarti kalian harus membeli PSU 450 Watt? Tentu tidak

Sisakan Beberapa Watt Lebih

Seperti yang kami katakan sebelumnya, jika PC kalian kira-kira akan mengeluarkan daya sebesar 450 Watt maka saran yang terbaik adalah menggunakan PSU di atas 450 Watt, yang berarti kalian bisa membeli PSU 500 Watt - 650 Watt agar kalian dapat melakukan upgrade komponen ke depannya dan juga untuk melindungi komponen kalian agar tidak kelebihan daya.

Memahami Rating 80 PLUS

80 PLUS merupakan istilah yang sering digunakan pada komponen PSU ini. 80 PLUS digunakan untuk memberikan rating terhadap PSU tersebut apakah dapat berjalan dengan efisien atau tidak. Kalian mungkin sering melihat PSU dengan label 80 PLUS Silver, Gold atau Platinum. Semakin tinggi rating-nya maka semakin tinggi efisiensi dayanya.



Sebagai contoh, PSU MSI MPG A650GF ini merupakan PSU dengan efisiensi daya 80+ Gold. Yang menandakan bahwa PSU tersebut memiliki efisiensi daya yang baik dan sudah dibuktikan dengan label yang diberikan oleh 80 PLUS.

Memilih Ukuran PSU yang Tepat


Ukuran PSU juga tidak kalah penting sebagai pendukung keputusan. Sebagai contoh, casing untuk PC biasanya terdiri ATX, M-ATX dan iTX. Nah, jika PC kalian akan menggunakan casing ATX maka sebaiknya menggunakan PSU dengan ukuran seperti pada gambar (PSU yang dapat digunakan pada casing ATX).

Memilih PSU yang Modular atau Tidak


Yang membedakan PSU modular dan tidak modular adalah dari kerapian cable management PC kita. Tentu saja terkadang kita harus membayar lebih untuk mendapatkan PSU yang modular, tetapi harga yang dibayar untuk kerapian dan kenyamananlah yang membuat PSU modular lebih banyak peminatnya. Tapi pada akhirnya tergantung budget dan preferensi masing-masing ya!

Periksa Kompatibilitas Konektornya

Terimakasih kepada Intel karena sekarang semua PSU menggunakan pinout/konektor yang sama ATX Power Supply Pinout: A Closer Look (technewstoday.com). Sehingga semua PSU dapat terhubung dengan semua motherboard maupun komponen lain dengan baik.


Namun kita juga tidak boleh lengah dengan jumlah kabel konektornya. Karena, setiap PSU (terutama yang tidak modular) memiliki jumlah kabel yang berbeda beda sesuai dengan penggunaannya. Sehingga, alangkah baiknya kita juga harus berapa banyak kabel dari PSU yang akan kita gunakan ke komponen-komponen kita.

Lebih Baik Memilih Brand yang Terpercaya


Kenapa begitu? Ya untuk apalagi kalau tidak untuk keberlangsungan PC kalian dan juga garansi yang dapat menjaga PSU kita tetap baik bertahun-tahun.


Ingat lagi, PSU merupakan jantung dari PC kalian. Tentu saja kalian tidak ingin menggunakan PSU yang murah tapi kualitasnya buruk yang dapat berdampak juga terhadap PC kalian secara keseluruhan.


Ada beberapa brand ternama yang sudah memiliki 80 PLUS dan salah satu yang terbaik adalah MSI.



Tentu saja, dari sekian banyak PSU pada akhirnya kita harus memilih PSU yang murah tetapi juga bagus efisiensi dayanya. Namun, semua kembali lagi ke kalian yang menentukan. Perbanyak lagi riset dan mengetahui komponen yang akan kalian gunakan. Hal ini sangatlah penting, mengingat harga setiap komponen yang tidak murah dan akan kalian gunakan selama bertahun-tahun.


Jika kalian ingin membeli PSU yang bagus kalian bisa langsung saja ke Website DB Klik dan memilih berbagai macam pilihan PSU yang kalian butuhkan!



DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.