Apa itu SODIMM? Berikut Penjelasan Form Factor RAM Secara Lengkap
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Apa itu SODIMM? Berikut Penjelasan Form Factor RAM Secara Lengkap

Apa itu SODIMM? Berikut Penjelasan Form Factor RAM Secara Lengkap

DB Klik - Apa Itu SODIMM? Banyak orang yang awam dengan dunia komputer menanyakan itu. SODIMM adalah salah satu jenis RAM komputer. Seperti apa jenisnya? Yuk, simak penjelasan form factor RAM dari kami. 

RAM adalah salah satu jenis komponen inti dalam sebuah sistem komputer komersial. RAM bertugas sebagai modul memori jangka pendek untuk menyimpan data sementara agar diproses dengan prosesor. Semua bentuk perangkat komputer pasti memiliki RAM, mulai dari PC Desktop, laptop, mini PC, hingga PC AIO. 

Namun, tidak semua orang bisa memahami spesifikasi RAM  dengan benar. Salah satunya adalah terkait dengan form factor RAM. bagi yang ingin upgrade RAM atau merakit PC, mengetahui form factor adalah sangat penting. Ini dikarenakan bila form factor RAM tidak sesuai dengan yang disediakan perangkat, RAM yang baru kamu beli akan sia-sia. Ditambah lagi, benar-benar tidak ada pembeda lain untuk form factor RAM kecuali mengetahuinya. 

Bila kamu masih awam dan ingin menjawab pertanyaan seperti apa itu SODIMM? atau apa itu DIMM?, kamu datang ke tempat yang tepat. Artikel ini akan berisi penjelasan form factor RAM. Let’s check it out. 

Penjelasan Form Factor RAM Secara Lengkap

Apa Itu Form Factor?

Sebelum menuju penjelasan form factor RAM, kamu perlu memahami maksud form factor. Form factor adalah sebutan dalam dunia komputer mengenai kondisi atau jenis bentuk fisik komponen. Bisa juga untuk menandai tata letak khusus komponen itu. Ini berhubungan dengan kebutuhan bentuk perangkat dimana komponen ini dipakai. 

Apa Itu SODIMM?

SODIMM adalah singkatan dari Small Outline Dual In-Line Memory Module merupakan salah satu jenis form factor modul memory (RAM) yang berukuran kecil, lebih kecil daripada DIMM. Form factor ini dirancang khusus untuk perangkat komputer portabel atau yang berukuran kecil seperti laptop, mini PC dan PC AIO. namun jangan salah, bukan berarti PC Desktop tidak bisa memakai RAM SODIMM. Casing berukuran mini ITX atau Small Form Factor (SFF) bisa memakai RAM SODIMM dengan motherboard yang benar. Untuk PC besar, motherboard yang dipakai harus sesuai juga.

Baca Juga: Cara Upgrade RAM Laptop Sendiri, Mudah Banget! Nggak Perlu ke Tukang Servis

Apa Itu DIMM?

DIMM adalah singkatan dari Dual In-Line Memory Module dan memiliki ukuran yang lebih besar (lebih panjang lebih tepatnya) daripada SODIMM. DIMM sangat umum dipakai di PC Tower (termasuk PC Gaming), PC Desktop, serta PC Server. Motherboard secara aslinya adalah mendukung RAM DIMM. Karena ruang yang lebih kecil, perangkat portable tidak bisa memakai RAM DIMM 

Apa perbedaan RAM DIMM dan SODIMM?

Yang pertama, yang paling jelas adalah ukuran. Ukuran RAM SODIMM adalah setengah dari RAM DIMM. ini adalah karena RAM SODIMM memang diproduksi untuk target pasar perangkat portabel yang memiliki tempat komponen yang lebih kecil. Sedangkan DIMM adalah ukuran original dari RAM diperuntukan dipakai di PC desktop dengan casing full tower dengan motherboard yang sesuai. Ini karena ruang yang tersedia di Casing PC sangat luas ditambah dengan motherboard dengan slot RAM yang sesuai. 

Hanya karena ukuran ini, kamu tidak bisa memakai RAM DIMM di Laptop dan juga sebaliknya, kamu tidak bisa memakai RAM SODIMM di PC Desktop yang tidak sesuai. Kalau kamu sampai salah beli, RAM pun jadi tidak bisa dipakai.

Perbedaan yang kedua adalah jumlah pin di RAM DIMM dan SODIMM yang mempengaruhi performa. RAM SODIMM memiliki banyak varian pin mulai dari pin 72, 100, 144, 200, dan 204 yang memiliki kemampuan yang berbeda. Pin 72 dan 100 hanya mendukung transfer data 32 bit. Pin 144, 200, 204 dan selebihnya yang umum dipakai di laptop, sudah mendukung transfer data 64 bit. RAM DIMM memiliki varian pin 168, 184, 240, dan selebihnya yang sudah mendukung transfer data 64 bit. RAM SODIMM pin 200, 204, dan selebihnya ini sudah memiliki performa yang sama dengan RAM DIMM. 

Baca Juga: Apa itu DDR di RAM? Pembahasan Lengkap Teknologi RAM Mutakhir

Sekian mengenai penjelasan form factor RAM dari kami. Kamu juga lebih bisa menjelaskan mengenai apa itu SODIMM dan apa itu DIMM. Bila kamu ingin upgrade PC gaming atau merakit PC gaming kami sarankan menggunakan RAM DIMM Dual Channel seperti RAM Corsair Vengeance RGB DDR5 32GB (RAM kit 2x16 GB). dengan teknologi DDR5 yang terbaru serta 288 pin menghasilkan RAM dengan performa super kencang cocok untuk gaming. Kamu bisa mendapatkan Corsair Vengeance RGB DDR5 32GB (RAM kit 2x16 GB) seharga Rp 2.075.000,- di DB Klik toko komputer Surabaya. Atau bila kamu ingin upgrade laptop kamu, kamu bisa memakai RAM Corsair Vengeance DDR4 32GB SODIMM. Dengan teknologi DDR4 dan 260 pin, RAM ini siap meningkatkan performa laptop kamu. Kamu bisa mendapatkan RAM Corsair Vengeance DDR4 32GB SODIMM seharga Rp 1.375.000,- di DB Klik toko komputer Surabaya. Kamu bisa menuju ke website resmi DB Klik toko komputer Surabaya atau menuju ke showroom DB Klik di Jl. Tenggilis Mejoyo No. AA-3, Surabaya


Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan mengenai apa itu RAM SODIMM dan DIMM beserta dengan penjelasan perbedaanya. Secara umum, artikel ini memberikan penjelasan form factor RAM dengan lengkap. Mengetahui perbedaan ini sangat penting agar kamu tidak salah beli dan pakai RAM.   



DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.  

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti Media Sosial DBklik untuk mendapatkan berita terbaru dari kami. diskon ,promo dan event menarik lainnya.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DBKlik dan dapatkan kemungkinan kupon diskon.