Apa Itu Discord? Jelajahi Dunia Baru Komunikasi Online Yang Viral Di Media Sosial
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Apa Itu Discord? Jelajahi Dunia Baru Komunikasi Online Yang Viral Di Media Sosial

Apa Itu Discord? Jelajahi Dunia Baru Komunikasi Online Yang Viral Di Media Sosial

DB Klik - Pernah denger temen Kalian ngomongin “Discord”? Atau bingung pas ketemu kata Discord di media sosial? Tenang, memang aplikasi ini terkenal di kalangan para gamer, tapi kini Discord telah meluas hingga ke berbagai kelompok dan minat, serta menjadi platform komunikasi yang tengah viral di media sosial.

Discord mulanya merupakan platform komunikasi online yang dirancang khusus untuk para gamer. Namun, seiring berjalannya waktu, aplikasi ini melebarkan sayapnya dan kini digunakan oleh berbagai komunitas di luar dunia gaming. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi melalui teks, suara, dan video dalam bentuk server yang dapat diakses oleh orang-orang yang diundang. Untuk mengenal lebih lanjut apa itu Discord, yuk simak artikel berikut

Discord Itu Apa Sih?

Discord adalah aplikasi komunikasi suara, teks, dan video yang memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi dalam bentuk server dan saluran. Tampilan antarmuka yang fungsional nawarin kemungkinan untuk membentuk komunitas online yang besar atau jadi bagian dari server khusus yang sesuai dengan minat atau kebutuhan pengguna. Bayangin, ga cuma buat ruang obrolan teks, tapi juga bisa ngobrol langsung pakai suara (voice chat) atau video call, kaya Skype atau Zoom, tapi jauh lebih seru dan cocok buat komunitas.

Fungsi Discord Sekarang

Akhir-akhir ini, Discord semakin populer di media sosial. Awalnya memang ditujukan untuk kalangan para gamer agar bisa ngobrol lancar sewaktu main game bareng. Tapi sekarang, banyak banget komunitas lain yang juga pake Discord untuk saling berkomunikasi dan bersosialisasi seperti komunitas pecinta film, anime, musik, belajar, bahkan komunitas khusus meme. Discord bisa digunakan untuk berbagai tujuan, seperti:

  • Bermain game bersama: Aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan untuk bermain game bersama teman-teman. Pengguna bisa menggunakan voice chat untuk berkomunikasi secara real time saat bermain game.

  • Berbagi informasi: Aplikasi ini bisa digunakan untuk berbagi informasi dengan komunitas atau teman-teman. Pengguna bisa membuat server untuk membahas berbagai topik, seperti game, teknologi, atau sekadar mengobrol.

  • Bersosialisasi: Aplikasi ini bisa digunakan untuk bersosialisasi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang. Pengguna bisa bergabung ke server yang sesuai dengan minatnya.

Discord Bisa Ngapain Aja?

  • Buat Channel Menarik: Melalui fitur channel ini kalian bisa menggunakannya untuk buat topik tertentu, kayak channel #bantuan-tugas, #streaming-gamer atau #kucing-gemes.

  • Ngopi Virtual: Dalam fitur server, Kalian akan difasilitasi dengan ruang chat yang bisa dibuat oleh siapa saja untuk berbagai tujuan. Melalui text chat, voice chat atau video call, Kalian bisa ngobrol seru-seruan bareng temen, diskusi serius, atau ngopi virtual, semuanya bisa. 

  • Kirim File dan Gambar: Kalian bisa kirim file dan gambar dengan gampang, atau posting meme lucu di channel komunitas.

  • Buat Role dan Emoji Custom: Kalian juga bisa main role khusus buat member tertentu dan emoji buatan sendiri melalui fitur server yang sudah dibuat.

  • Bot Discord: Discord mendukung bot yang dapat memberikan berbagai fungsi tambahan, mulai dari memutar musik hingga memberikan informasi secara otomatis. Integrasi dengan aplikasi pihak ketiga juga memperkaya pengalaman pengguna.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Game yang Hanya Bermodalkan Keyboard, Bisa Dilakukan Tanpa Mouse

Ini Cara Pakai Discord

  1. Download Aplikasi

Jika belum punya, silakan download terlebih dahulu Discord App secara gratis melalui store aplikasi di PC, laptop, HP, atau langsung klik website resminya di discord.com 

  1. Buat Akun

Selanjutnya buka dan buat akun, caranya tekan tombol register. Kalau Kalian sudah punya akunnya, bisa langsung masuk aplikasi dengan tombol login. 

  1. Join atau Buat Server

Jika sudah login, pilih simbol + agar bisa bergabung ke server yang tersedia (join server), Kalian juga bisa buat server sendiri melalui create server Kalian sesuai Kebutuhan, pilih template server untuk digunakan, seperti Study Group, Gaming, Friend, atau Community. Jika server sudah berhasil dibuat, maka tampilan utama laman yaitu saluran dan daftar teman, selanjutnya pengguna bisa memulai komunikasi.

  1. Invite Teman

Untuk mengundang teman kalian bisa klik opsi Invite People, lalu nantinya akan muncul pop-up kotak kecil, tinggal klik copy agar tautan disalin. Setelah itu link undangan bisa dikirim dalam bentuk tautan ke teman yang ingin dituju.

  1. Rekam Obrolan

Selain mengobrol, Kalian juga bisa merekam obrolan kalian bersama teman - teman, caranya yaitu klik icon tiga garis di pojok atas kiri, pilih menu General dan klik Join Voice. Kalau ingin menambah teman, pilih ikon + dan Kalau percakapan ingin diakhiri, cukup klik tombol x

Kesimpulan

Discord kini bukan lagi sekadar aplikasi untuk para gamer; melainkan sudah jadi wadah komunikasi online yang menyenangkan dan bervariasi. Dengan kemampuannya dalam menyediakan berbagai sarana komunikasi, Discord telah berhasil menarik perhatian pengguna dari berbagai kalangan dan  menjadi pilihan yang semakin populer di dunia media sosial saat ini. Jadi, apa lagi yang Kalian tunggu? Ayo mulai petualangan Discord-mu sekarang!


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.