7 Tips Memilih Monitor Portable Terbaik, Jangan Sampai Salah Pilih!
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

7 Tips Memilih Monitor Portable Terbaik, Jangan Sampai Salah Pilih!

7 Tips Memilih Monitor Portable Terbaik, Jangan Sampai Salah Pilih!

DB KLIK - Simak tips membeli monitor portable agar kamu tidak salah pilih saat membeli. Monitor portable bisa menjadi pilihan kamu yang ingin menikmati layar yang lebih besar kapan saja dan di mana saja. Performa monitor portable yang mumpuni ini cocok untuk kamu yang memiliki aktivitas yang beragam. 

Hadir dengan fitur touchscreen kamu bisa menjadikan monitor portable ini sebagai layar tambahan untuk laptop hingga PS4. Namun dengan berkembangnya zaman, monitor portable ini hadir dengan berbagai variasi. 

Jika kamu masih bingung, kamu bisa menyimak ulasan artikel ini terkait tips memilih portable terbaik sesuai kebutuhan.

  1. Ukuran

Tips memilih monitor portable pertama yang paling penting adalah mempertimbangkan ukuran. Pilih monitor portable terbaik dengan ukuran sesuai kebutuhan kamu.

Monitor portable yang saat ini beredar di pasaran umumnya memiliki ukuran 15,6 inci. Ukuran 15,6 inci yang merupakan titik tengah antara kemudahan mobilitas dengan layar yang memadai. Artinya, produk masih mudah dibawa bepergian, tetapi ukurannya pas untuk beragam fungsi.

Meski begitu, ukuran lebih kecil atau lebih besar juga menawarkan fungsi yang lebih spesifik. Monitor portable berukuran di bawah 15,6 inci cocok untuk kamu yang mobilitasnya tinggi. Produknya akan mudah sekali kamu genggam. Sebaliknya, ukuran yang lebih besar cocok untuk kamu yang ingin menikmati ragam hiburan.

  1. Resolusi

Resolusi merupakan hal kedua yang perlu kamu perhatikan saat akan membeli monitor portable. Aspek ini mengacu pada jumlah piksel layar, monitor dengan resolusi tajam akan memberikan tampilan yang jernih dengan warna dinamis.

Baca juga : Review ViewSonic VG1655 Lengkap Spesifikasi, Monitor Portable dengan Fitur Menarik

Rata-rata monitor portable telah dibekali resolusi paling kecil Full HD atau 1920 x 1080p hingga resolusi paling tinggi Ultra HD 4K atau 3840 x 2160. Pilihlah monitor portable dengan resolusi sesuai kebutuhan dan juga anggaran. 

  1. Respon Time

Response time atau waktu tanggap adalah waktu yang dibutuhkan layar untuk merespons dan menampilkan permintaan user. Spesifikasi ini mengukur seberapa cepat piksel-piksel pada layar dapat berubah dari warna ke warna lainnya.

Disarankan untuk memilih waktu respons yang rendah untuk mengurangi efek ghosting atau blur pada gambar yang bergerak cepat.

Perlu diketahui, response time lebih berpengaruh saat monitor portable digunakan untuk bermain game. Spesifikasi ini bahkan dapat menentukan hasil akhir permainan. Keutuhan frame di pergerakan gambar yang cepat akan terjaga dengan response time yang rendah.

  1. Refresh Rate

Refresh rate adalah spesifikasi yang mengukur berapa kali layar diperbarui dalam satu detik dan diukur dalam satuan Hertz (Hz). Menjadi spesifikasi penting yang perlu diperhatikan saat akan membeli monitor portable terbaik, standar refresh rate pada umumnya 60 Hz.



Semakin tingi refresh rate, semakin halus pula pergerakan pada layar. Tidak hanya itu, spek ini juga berhubungan dengan lag atau jeda saat bermain game.

  1. Jenis Panel

Terdapat banyak jenis panel layar monitor yang beredar di pasaran, namun jenis panel yang paling umum pada monitor portable adalah IPS yang menawarkan sudut pandang dan akurasi warna yang lebih baik dibandingkan TN dan VA. Panel jenis ini dianggap lebih superior untuk game kualitas HD, editing multimedia, dan desain profesional. Layar IPS memiliki respons yang rendah, di bawah 5 ms sehingga sangat cocok untuk para gamer.

  1. Kenali fitur monitor portable

Setiap fitur monitor portable ini menawarkan kelebihan yang berbeda untuk kamu. Yuk, pahami lebih dahulu kegunaan dari tiap-tiap fiturnya.

  • Touchscreen : Fitur touchscreen akan sangat berguna untuk menunjang pekerjaan kamu. Pasalnya, kamu tidak perlu lagi berinteraksi lewat perangkat yang terhubung. Kamu dapat langsung mengoprasikan pekerjaanmu dengan menyentuh layar.

  • Baterai built-in : Monitor portable umumnya ditenagai oleh adaptor AC. Bila tidak ada sumber listrik di sekitar, produknya bisa mengambil daya dari power bank yang terhubung. Metode ini tentu menguras daya dari perangkat kamu. Karena itu, pilihlah monitor portable dengan baterai built-in. Alhasil, produk dapat dijalankan tanpa menguras daya dari perangkat yang terhubung. Namun, sesuaikan juga kapasitas baterai dengan kebutuhan. Misalnya, jika sering bekerja di tempat yang tidak memiliki sumber listrik, pilihlah perangkat dengan baterai built-in yang lumayan besar. Dengan begitu, monitor bisa ready di mana pun dan kapan pun, dalam jangka waktu lebih lama.

  • Auto-rotate : Jika pekerjaan kamu kerap membutuhkan tampilan layar vertikal, pilihlah produk dengan fitur auto-rotate. Monitor portable dengan fitur ini akan memberi tampilan vertikal secara otomatis ketika kamu memutarnya.

  • Touch pen : Monitor portable dengan fitur touch pen direkomendasikan bagi kamu yang berprofesi sebagai ilustrator atau desainer. Fitur ini memungkinkan kamu menyentuh layar monitor menggunakan alat berbentuk pulpen yang bernama stylus. Dengan demikian, aktivitas menggambar digital Anda akan menjadi lebih mudah dibandingkan mengandalkan sentuhan jari.

Baca juga : Jangan Panik! Ini 3 Cara Mengatasi Monitor yang Tidak Mau Menyala

  1. Pastikan monitor portable memiliki port yang dibutuhkan

Rata-rata monitor portable dilengkapi dua port USB, mini HDMI, dan jack 3,5 mm. Salah satu port USB bisa kamu hubungkan dengan laptop atau smartphone. Sementara itu, port satunya digunakan khusus untuk sumber daya. Konsol game umumnya hanya dapat terhubung lewat port HDMI. Karena itu, pilihlah monitor portable dengan port tersebut bila Anda membutuhkannya untuk bermain game.

Itulah tadi 7 tips membeli monitor portable terbaik agar kamu tidak salah pilih, kamu bisa membeli monitor portable dengan kualitas terbaik sesuai kebutuhan di toko monitor DB Klik. Dengan menggunakan bahan berkualitas terbaik dan fitur unggulan, membuat pemakaian lebih nyaman. Kamu dapat membeli monitor ini langsung melalui website DB Klik atau kamu juga bisa langsung membelinya melalui tautan ini.

Rekomendasi monitor portable yang bisa menjadi referensi kamu adalah monitor Portable Mobile Lenovo L15  yang saat ini tersedia di DB Klik. Kehadiran monitor portable ini tentu menjadi salah satu pertimbangan untuk kalian yang mempunyai kebutuhan office dan bermain game. Pasalnya dengan Monitor Portable Mobile Lenovo L15 ini kamu bisa menikmati visual yang tajam melalui layar tampilan anti-silau Full HD IPS 15,6 inci yang ramping pada 6mm dengan teknologi cahaya biru rendah yang canggih untuk kenyamanan penggunaan sepanjang hari.

KESIMPULAN

Monitor portable bisa menjadi pilihan kamu yang ingin menikmati layar yang lebih besar kapan saja dan di mana saja. Performa monitor portable yang mumpuni ini cocok untuk kamu yang memiliki aktivitas yang beragam. Hadir dengan fitur touchscreen kamu bisa menjadikan monitor portable ini sebagai layar tambahan untuk laptop hingga PS4. Kini monitor portable hadir dengan berbagai variasi dan spesifikasi, oleh karena itu artikel di atas mengulas tentang tips memilih monitor portable terbaik agar kamu tidak salah pilih.


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti Media Sosial DBklik untuk mendapatkan berita terbaru dari kami. diskon ,promo dan event menarik lainnya.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DBKlik dan dapatkan kemungkinan kupon diskon.