7 Keunggulan Windows 10 dari Windows 11 Yang Bikin Gamer Betah Tidak Upgrade!
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

7 Keunggulan Windows 10 dari Windows 11 Yang Bikin Gamer Betah Tidak Upgrade!

7 Keunggulan Windows 10 dari Windows 11 Yang Bikin Gamer Betah Tidak Upgrade!

DB KLIK - Menurut Hardware Survey Steam Juli 2024, sebanyak 50% lebih gamer di Steam masih memakai Windows 10 sebagai pilihan OS mereka. Memangnya kenapa? Berikut 7 keunggulan windows 10 dari Windows 11 yang bikin gamer Steam betah tidak upgrade.  

Semua hal yang berkaitan dengan update pada software terkenal pasti ada pengguna yang menanggapinya dengan positif atau negatif, begitu juga dengan Windows 11. OS sejuta umat Windows telah merilis Windows 11 sejak tahun 2021 lalu. Namun, dari hasil Hardware Survey Steam baru-baru ini, ternyata masih banyak pengguna PC yang masih menggunakan Windows 10. Padahal, pada Oktober 2025 mendatang, Windows akan memutus support Windows 10. 

Apa yang membuat masih banyak pengguna PC masih cinta dengan Windows 10 dan enggan upgrade ke Windows 11? Berikut Tim DB Klik telah kumpulkan informasi 7 keunggulan Windows 10 dari Windows 11 yang menjadi alasan gamer PC betah untuk tidak upgrade ke Windows 11. Simak dengan seksama dan buat pilihan kamu mengenai upgrade OS kamu atau tidak. 

7 Keunggulan Windows 10 dari Windows 11 Yang Bikin Gamer Betah Tidak Upgrade!

  1. Spesifikasi: Diperlukan Perangkat Rilisan Baru Untuk Memakai Windows 11

Ada satu hal yang menonjol mengenai Windows 11 adalah permintaan sistem dimana OS ini akan bekerja. Windows 11 meminta Trusted Platform Module (TPM) Security chip versi 2.0 agar bisa berjalan dengan optimal. 

TPM adalah sebuah chip yang meningkatkan keamanan sistem OS dan perangkat kamu. TPM digunakan untuk menjalankan program keamanan BitLocker dan Windows Hello yang akan membuat dan menyimpan kunci kriptografi dengan keamanan maksimal. Nah, Windows 10 tidak meminta spesifikasi seperti ini, oleh karena itu, ini adalah keunggulan Windows 10 dari Windows 11 menurut para gamer. 

Sebenarnya, TPM 2.0 adalah penambahan yang sangat bermanfaat. Masalahnya, TPM 2.0 adalah chip yang cukup baru yang rilis pada akhir 2019 lalu. Jadi, bisa dipastikan kamu membutuhkan perangkat rilisan minimal tahun 2020 yang umumnya lebih mahal untuk upgrade OS ke Windows 11, Entah itu, Motheboard (PC), laptop, atau laptop gaming. Selain itu, kamu tidak akan bisa upgrade ke Windows 11 bila masih memakai prosesor 32-bit karena OS ini meminta prosesor 64-bit. Di sisi lain, Windows 10 masih mendukung prosesor 32-bit.

Bisa dibilang bahwa Windows 11 dan TPM 2.0 tidak seberapa ramah bagi pengguna PC atau Laptop budget. 

  1. Taskbar Windows 10 Lebih Bagus

Windows 10 memberikan pengalaman taskbar yang lebih ramah dengan informasi yang lebih banyak dan kemampuan untuk modifikasi. Taskbar Windows 10 bisa diletakkan pada sisi samping dan sisi atas sebagai tambahan penempatan sisi bawah. Windows 11 kehilangan kedua hal itu, dengan informasi yang dinilai lebih sedikit dan hilangnya pemindahan sisi.

Baca Juga: Nasib Windows 10 Usai Microsoft Tawarkan Update Security Jadi Berbayar, Ini Penjelasannya 

Lalu, fitur menambahkan kegiatan di kalender secara langsung juga hilang di Windows 11. 

Melalui update 22H2, Windows 11 sudah membenarkan beberapa fitur yakni untuk drag n drop file di ikon aplikasi di taskbar dan entri taskbar untuk program yang berjalan untuk memudahkan pembedaan dengan shortcut yang di pin

  1. Windows 10 Memiliki Start Lebih Bagus

Windows 10 memiliki keunggulan dengan menaruh aplikasi yang sering dipakai sebagai aplikasi yang direkomendasikan. Windows 11 dinilai kurang dalam hal ini. Lalu, Windows 11 tidak menaruh opsi power dengan langsung di Start secara bawaan. Kamu perlu mensetting agar opsi power ada di Start di Windows 11. 

  1. Lebih Banyak Opsi Aksi Pada Klik Kanan Saat di Windows Explorer

Saat kamu memakai Windows Explorer, kamu bisa klik kanan untuk melihat beberapa pilihan aksi yang bisa dilakukan. Windows 11 menawarkan opsi terlihat yang lebih sedikit daripada Windows 10. Untuk pilihan lain, Windows 11 memberikan opsi “show more options” yang baru akan menampilkan opsi yang lengkap, ini dinilai kurang efektif bagi sebagian pengguna. 

Layout yang dipakai pun juga membuat pengguna OS lebih lama kebingungan. Windows 11 mengelompokkan fungsi Delete, Cut, Copy, dan Paste menjadi sebuah ikon. Bahkan ada pengulangan ikon ini dibawah path file. Kami nilai ini adalah usaha Windows untuk mempermudah pengguna untuk tidak perlu klik kanan. Namun, pengguna sudah terbiasa menggunakan klik kanan untuk mengakses aksi-aksi ini.  Selain itu, tidak semua pengguna bisa paham ikon itu menunjukkan apa. Ini berbeda dari Windows 10 yang masih memakai bentuk teks yang jelas dengan layout yang masih sama dengan Windows sebelumnya.

 

  1. Windows 11 “Memaksa” Untuk Membuat Akun Microsoft

Windows 11 membawakan inovasi untuk bisa menghubungkan banyak perangkat yang menggunakan OS yang sama melalui akun Microsoft. Namun, saat setup Windows 11 pertama kali, kamu dipaksa untuk membuat akun dulu sebelum pada saat membuka aplikasi bawaan Windows 11. Jadi, pastikan kamu tersambung internet saat pertama kali setting up.

Baca Juga: 4 Versi Windows 10 Segera Diturunkan: Kini Waktunya Upgrade

Terlepas dari itu, memiliki akun Microsoft memiliki beberapa keuntungan yakni bisa mendapatkan fitur online berupa: 

  • OneDrive

  • Store Apps

  • Xbox Game

  • Copilot AI 

  • Microsoft Family Parental Controls

  • Phone Link (untuk menyambungkan smartphone Android)

Semua fitur ini memiliki manfaat yang cukup menarik. Namun, bagi yang tidak merasa perlu beberapa fitur-fitur ini, ini justru malah menjadi hambatan tersendiri. Selain itu, fitur-fitur diatas memerlukan internet untuk berfungsi dengan benar. 

  1. Action Center Menghilang di Windows 11

Windows 10 memiliki Action Center yang berguna untuk notifikasi dan setting kecil yang cepat. Ini digantikan oleh pengelompokan yang kurang efisien di Windows 11. Di Windows 11, jika kamu ingin mendapatkan informasi mengenai baterai, kamu harus membuka pop up yang juga menyediakan informasi mengenai Wi-Fi, Bluetooth dan Speaker yang tidak kamu butuhkan. Kamu bisa mendapatkan informasi individual dengan hovering kursor beberapa saat diatas ikon yang diinginkan, ini jelas tidak secepat di Windows 10. 

Berhubungan dengan fitur kalender yang hilang di Windows 11, kamu juga kehilangan notifikasi terkini secara langsung mengenai jadwal kamu. Di Windows 10, itu masih ada dan bahkan kamu bisa membuat jadwal baru di Action Center.  

  1. Badge Notifikasi Seperti “Iklan” Serta Tidak Ada Timeline di Windows 11

Berhubungan dengan Action Center yang hilang di Windows 11. Itu digantikan dengan pusat notifikasi yang “nakal”. Ini dikarenakan akan muncul badge yang terkadang menginformasikan penggunaan aplikasi bawaan dengan gaya yang seperti “iklan”. Masalahnya, kamu jelas lebih ingin mendapatkan notifikasi yang lebih penting daripada yang seperti ini. 

Satu fitur yang cukup berguna di Windows 10 yang hilang di Windows 11 adalah Timeline. Fitur ini memungkinkan kamu untuk melihat proses yang kamu jalankan pada beberapa waktu belakangan di sistem kamu. Secara Istilah, ini adalah “history” di sistem Windows. Ini berguna bila kamu ingin mengakses file yang jauh didalam disk C dengan segera atau kamu ingin membuka file yang sama pada tanggal tertentu dengan cepat melalui Desktop. Sayangnya, fitur ini hilang di Windows 11.  

Sekian mengenai 7 keunggulan Windows 10 dari Windows 11 yang membuat gamer Steam betah  untuk tidak upgrade ke Windows 11. Keputusan untuk upgrade ke Windows 11 atau tetap memakai Windows 10 memang susah. Ini dikarenakan mulai susah untuk mencari perangkat baru yang masih memakai Windows 10. 

Selain itu, telah disebutkan bahwa Windows 10 akan diputus supportnya pada Oktober 2025. Saat sebuah OS sudah tidak disupport, ancaman pembobolan melalui hacking atau terserang virus dengan model baru akan menjadi lebih besar. Selain itu, update fitur serta fixing bug juga terputus. Ini adalah sebuah ancaman yang nyata apabila perangkat kamu berisi data-data penting. Jadi, kamu masih ada waktu untuk mempertimbangkan ini dengan baik untuk upgrade ke Windows 11 Home OEM 64 bit Original yang tersedia di DB Klik. Kamu bisa mendapatkan software Windows 11 Original seharga Rp 2.025.000,- di DB Klik toko komputer Surabaya melalui tautan ini.   

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan mengenai 7 keunggulan Windows 10 dari Windows 11 yang membuat gamer Steam betah untuk tidak upgrade ke Windows 11. Ternyata terdapat beberapa hal yang jelas saja membuat 50% lebih gamer Steam masih percaya dengan Windows 10 adalah karena banyak fungsi bawaan yang berguna dan efisien yang hilang di Windows 11. Selain itu, kebutuhan TPM 2.0 dan prosesor 64-bit masih menjadi pertimbangan bagi para pengguna laptop atau PC budget. (IN)



DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti Media Sosial DBklik untuk mendapatkan berita terbaru dari kami. diskon ,promo dan event menarik lainnya.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DBKlik dan dapatkan kemungkinan kupon diskon.