5 Cara Merawat TWS Agar Tahan Lama dan Bekerja Optimal, Cukup Lakukan Ini
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

7 Cara Merawat TWS Agar Tahan Lama dan Bekerja Optimal, Cukup Lakukan Ini

7 Cara Merawat TWS Agar Tahan Lama dan Bekerja Optimal, Cukup Lakukan Ini

DB KLIK - Cara merawat TWS bisa kamu simak agar perangkat yang kamu gunakan tersebut bisa tahan lama dan bekerja optimal. True Wireless Stereo atau TWS kini menjadi salah satu perangkat nirkabel yang tengah digemari. Pasalnya dapat berguna untuk mendengarkan audio baik untuk menelepon, maupun mendengarkan musik.

Selain praktis dan mudah digunakan, TWS menjadi andalan pengguna untuk berbagai kebutuhan. Meski demikian perangkat elektronik satu ini juga tak terlepas dari error hingga membuat TWS kamu tidak bekerja optimal.

Lantas bagaimana cara merawat TWS agar lebih bisa tahan lama dan bekerja optimal? Simak ulasan berikut ini :

1. Membersihkan secara rutin

Membersihkan TWS secara rutin sangat penting untuk menjaga kualitas audio dan mencegah penumpukan kotoran. Gunakan kain lembut dan kering untuk membersihkan bagian luar earbuds dan jangan lupa membersihkan bagian dalam telinga yang terpasang ear tip. Hindari penggunaan cairan pembersih yang berlebihan. Selain menjaga kualitas audio yang dihasilkan, rutin membersihkannya akan membuat TWS kamu selalu tampil menarik saat digunakan.

2. Simpan dengan baik

Simpan TWS di dalam casing pengisian yang disediakan. Casing ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat pengisian baterai, tetapi juga melindungi dari debu, goresan, dan benturan. Hindari meletakkan earbuds di tempat yang panas atau lembap. Hindari penggunaan TWS dalam kondisi hujan atau di dekat air. Cairan dapat merusak komponen internal dan mengurangi kualitas suara.

Baca juga : 3 Rekomendasi TWS dengan Tingkat Latency Rendah, Dijamin Nggak Delay!

3. Jaga kondisi baterai

Baterai menjadi komponen yang cukup penting pada TWS kamu. Jadi, jagalah ketahan baterai agar TWS selalu siap digunakan setiap saat. Hindari penggunaan hingga baterai habis sepenuhnya. Sebaiknya, isi ulang earbuds saat baterai mencapai sekitar 20-30% sisa daya. Ini dapat membantu memperpanjang umur baterai earbuds.

Selain itu, pastikan casing pengisian tetap terisi daya untuk ketersediaan daya cadangan. Sebaiknya gunakan charger original bawaan produsen, atau gunakan charger yang paling sesuai untuk mengisi daya TWS.

4. Lepaskan pengisian daya jika sudah penuh 

Setelah daya earbuds terisi penuh, pastikan kamu melepaskan port pengisian daya. Putuskan sambungan daya setelah daya terisi penuh. Pengisian daya yang berlebihan dapat mengurangi waktu pemutaran dan bahkan menghambat kemampuan audio. Pilihlah perangkat yang secara intuitif berhenti menerima pengisian daya setelah selesai jika Anda memiliki kebiasaan lupa.

5. Hindari pemakaian berlebihan

Gunakan TWS earbuds kamu dengan bijak. Hindari pemakaian berlebihan dalam waktu yang lama untuk mencegah overheating dan penurunan kualitas audio. Matikan earbuds ketika tidak digunakan. Penggunaan secara terus menerus juga berisiko merusak ketahanan baterai. Kamu juga harus hati-hati saat memakainya sebab TWS earbuds adalah perangkat yang cukup kecil dan rentan rusak. Jadi, pastikan kamu menjaganya agar tidak jatuh dan hilang.

6. Pembaruan perangkat lunak

Untuk TWS versi terbaru, sudah dilengkapi dengan beragam fitur canggih dan menarik. Jadi, periksalah secara berkala apakah ada pembaruan perangkat lunak yang tersedia untuk TWS earbuds kamu. Pembaruan ini mungkin mengatasi masalah keamanan atau meningkatkan kualitas audio.

7. Hindari terpapar oleh sinar matahari langsung 

Menyimpan TWS earbuds di tempat yang terpapar sinar matahari langsung bisa meningkatkan suhu perangkat secara signifikan. Suhu tinggi dapat mempercepat proses degradasi baterai, mempengaruhi daya tahan baterai dan kemampuan untuk mempertahankan pengisian penuh. Selain itu, komponen sensitif seperti mikroprosesor dan sirkuit internal juga dapat terpengaruh dan mengalami kerusakan karena pemanasan berlebih.

Baca juga : TWS Murah Sony WF-C500 dengan Fitur 360 Reality Audio, Harganya Cuma Ratusan Ribu

Kini, saatnya kamu mencoba sendiri di rumah. Selain dengan cara di atas, pastikan kamu menggunakan TWS dengan kualitas terbaik. Salah satunya adalah TWS dari DB Klik. Dengan menggunakan bahan berkualitas terbaik dan fitur unggulan, membuat pemakaian lebih nyaman. Kalian dapat membeli TWS ini langsung melalui website DB Klik  atau kalian bisa langsung membelinya melalui tautan ini.



Rekomendasi TWS yang bisa menjadi referensi kamu adalah TWS Soundpeats Air 3 yang saat ini tersedia di DB Klik. Kehadiran TWS ini tentu menjadi pilihan menarik buat kamu karena TWS Soundpeats Air 3 dilengkapi dengan wingtip yang berfungi untuk mencegah earphone agar tidak mudah jatuh. Produk ini menjanjikan pengurangan latency hingga 80ms, berkat APTX-Adaptive yang dimilikinya. Soundpeats Air 3 juga telah menggunakan bluetooth versi 5.2, dengan jangkauan jarak hingga 10 meter.


KESIMPULAN 

TWS kini menjadi perangkat andalan pengguna untuk berbagai kebutuhan. Meski demikian perangkat elektronik satu ini juga tak terlepas dari error hingga membuat TWS kamu tidak bekerja optimal. Oleh karena itu ulasan di atas membeberkan cara merawat TWS dengan tepat, perangkat yang kamu miliki bakal lebih awet. Kamu juga akan mendapatkan pengalaman audio yang optimal.  Kamu juga dapat membeli sesuai rekomendasi TWS terbaik di toko TWS DB KLIK.


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.